Lima Manfaat dan Keuntungan Merantau Menurut Imam Asy Syafii - Guntara.com

Friday, 4 January 2019

Lima Manfaat dan Keuntungan Merantau Menurut Imam Asy Syafii

Merantau adalah perginya seseorang dari tempat asal dimana ia ia tumbuh besar ke wilayah lain untuk menjalani kehidupan atau mencari pengalaman. Ulama terdahulu sering merantau untuk menambah ilmu agama, pengetahuan, dan pengalaman hidup. Bahkan para rasul pun melakukan perantauan ke satu tempat ke tempat lain untuk melaksanakan dakwahnya, yang tentunya jauh dari kampung halaman. Imam Asy Syafii pernah menyampaikan bahwa ada lima hal yang bisa diperoleh seseorang yang merantau atau bepergian (safar) dengan niat yang mulia dan mengharap rida Allah.
Lima Manfaat dan Keuntungan Merantau Menurut Imam Asy Syafii www.guntara.com
Lima Manfaat Merantau Menurut Imam Asy Syafii (gambar: quora.com)


Hilangnya kesusahan

Seseorang yang mempunyai beban atau masalah yang berat dalam hidupnya bisa saja hilang kesusahannya saat berkunjung atau pindah ke suatu daerah. Bisa jadi daerah tersebut lebih indah, lebih dinamis, lebih kondusif, atau memiliki kelebihan lainnya daripada kampung halamannya sehingga kesusahan orang tersebut akan sirna atau terobati. Orang tersebut akan menjadi lebih ceria dan bahagia dalam lelahnya berpergian ke daerah tersebut.

Mendapatkan penghidupan

Kampung halaman mungkin tidak menyediakan banyak pilihan untuk bekerja, mencari nafkah, menghidupi keluarga, menempuh pendidikan yang layak, atau suasana yang kurang kondusif untuk hidup karena berbagai faktor. Oleh karena itu, seseorang akan memutuskan untuk merantau sebagai pilihannya menyambung hidup. Rezeki memang harus dicari ke mana saja tidak harus di kampung halaman. Zaman sekarang masyarakat desa banyak yang pergi ke kota untuk mencari pekerjaan yang konon lebih menjanjikan dan lebih luas. Merantau tidak harus ke kota, bisa saja pindah daerah lain yang lebih berpeluang bagi orang tersebut. Saat seseorang merantau, ia akan berusaha hidup mandiri dan meningkatkan kemampuan untuk bertahan hidup.

Bertambah ilmu

Setiap daerah memiliki kelebihan dan keistimewaan masing-masing. Saat seseorang merantau ke daerah tersebut, pasti akan memperoleh ilmu dan hikmah baru yang tidak bisa didapat di kampung halamannya. Merantau adalah salah satu cara untuk mencari ilmu, mendapatkan sebanyak mungkin pelajaran dan teladan. Supaya jiwa raga dan batin ini semakin terisi dengan kebijaksanaan dan kearifan baik dalam wawasan maupun bersikap.

Mendapatkan pelajaran tata krama

Setiap daerah memiliki adat dan budaya masing-masing. Seseorang yang merantau akan beradaptasi dengan adat dan budaya daerah rantauannya. Ia akan belajar hidup bersama dalam keanekaragaman yang berbeda dengan kampung halamannya. Hal tersebut memerlukan proses belajar hidup yang terus-menerus. Belajar toleransi, saling tolong-menolong, guyub rukun, menghargai orang lain merupakan pelajaran tata krama yang bisa didapat saat seseorang merantau.

Bertambahnya kawan yang mulia

Relasi dan interaksi baru akan terjalin di tanah rantau. Relasi dan interaksi tersebut tentu akan sangat menguntungkan, baik dalam perjalanan karir maupun mencari ilmu. Dari relasi tersebut akan diperoleh kebaikan-kebaikan yang tidak terduga. Bertambahnya teman baik baru juga akan menguatkan silaturahim. Hal tersebut akan sangat bermanfaat ke depan guna menjalani kehidupan.

Demikian kurang lebih manfaat merantau yang disampaikan oleh Imam Asy Syafii. Tentu ada kelebihan dan keistimewaan dalam sebuah perantauan. Banyak manfaat dan pengalaman berharga yang bisa didapat dari merantau. Bagaimana warganet sudah ada keinginan untuk merantau? Atau ada pengalaman yang bisa diceritakan terkait perantauan?

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!