Puasa Arafah: Menghapuskan Dosa Setahun Lalu dan Setahun Mendatang - Guntara.com

Monday, 28 August 2017

Puasa Arafah: Menghapuskan Dosa Setahun Lalu dan Setahun Mendatang

Lebaran Haji atau Idul Adha dilaksanakan setiap bulan Dzulhijjah. Salah satu amalan utama di bulan Dzulhijjah adalah puasa sunnah Arafah. Puasa Arafah dilaksanakan setiap tanggal 9 Dzulhijjah atau tepat sehari sebelum Idul Adha (10 Dzulhijjah). Keutamaan puasa ini seharusnya membuat kaum muslimin untuk semangat melaksanakannya kecuali yang sedang melaksanakan ibadah haji.
Puasa Arafah: Menghapuskan Dosa Setahun Lalu dan Setahun Mendatang www.guntara.com
Keutamaan Puasa Arafah (gambar: teduh.or.id)
Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah Muhammad SAW bersabda:
“Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)
Hari Arafah ialah hari yang amat mulia bagi umat Islam. Hari tersebut ialah hari mustajabnya doa. Hari tersebut juga ialah hari diampuninya dosa dan pembebasan diri dari siksa neraka. Oleh karena itu, kita umat muslim harus bersemangat untuk melaksanakan amalan dan ibadah sunnah pada hari tersebut.

Tentang pengampunan dosa dari puasa Arafah, para ulama berselisih pendapat. Ada yang mengatakan bahwa yang dimaksud adalah dosa kecil. Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Jika bukan dosa kecil yang diampuni, semoga dosa besar yang diperingan. Jika tidak, semoga ditinggikan derajat.” (Syarh Shahih Muslim, 8: 51) Sedangkan jika melihat dari penjelasan Ibnu Taimiyah rahimahullah, bukan hanya dosa kecil yang diampuni, dosa besar bisa terampuni karena hadits di atas sifatnya umum. (Lihat Majmu’ Al Fatawa, 7: 498-500). (muslim.or.id)

Semoga kita sebagai umat muslim dapat menjalankan amal dan ibadah sunnah di hari Arafah tersebut dengan baik dan lancar. Semoga Allah senantiasa memberi rahmat dan hidayah-Nya serta berkah dalam setiap langkah kehidupan kita di dunia. Aamiin! Ayo berpuasa Arafah!

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!