Data Suhu Permukaan Lahan dari Citra Penginderaan Jauh - Guntara.com

Tuesday, 4 October 2016

Data Suhu Permukaan Lahan dari Citra Penginderaan Jauh

Kenaikan suhu permukaan lahan juga mempengaruhi kondisi iklim daerah monsun yang menyebabkan curah hujan yang tidak terduga. Vegetasi di seluruh permukaan bumi akan terpengaruh oleh hal tersebut. Penggunaan lahan (landuse) dan penutup lahan (landcover) dari suatu daerah dapat digunakan untuk memperkirakan nilai suhu permukaan lahan. Kegiatan alam dan antropogenik mengubah penggunaan lahan dan penutup suatu daerah. Hal tersebut juga mempengaruhi LST daerah tersebut. Sebagai nilai perubahan iklim lokal, LST adalah fenomena yang penting untuk diselidiki. Oleh karena itu, banyak peneliti yang telah menghitung LST menggunakan berbagai algoritma dan teknik (Rajeshwari & Mani, 2014).
Sensor Inframerah Termal pada Citra Landsat 8 www.guntara.com
Sensor Inframerah Termal pada Citra Landsat 8 (gambar: nasa.gov)dari
Selama ini perolehan data suhu dilakukan dengan menggunakan alat termometer yang dipasang di permukaan tanah untuk mendapatkan nilai suhu permukaan tanah. Suhu dapat pula diukur dengan menggunakan termometer yang dipasang di dalam sangkar cuaca untuk mendapatkan suhu udara permukaan. Data suhu tersebut masih bersifat lokal dan setempat. Oleh karena itu, untuk mendapatkan data suhu yang bersifat lebih regional diperlukan data suhu yang dikumpulkan dari beberapa stasiun cuaca (Prasasti & et al, 2007).

Pengumpulan data suhu dari beberapa stasiun cuaca mengurangi ketelitian data. Selain itu, pengolahan data tersebut akan memakan banyak waktu jika tidak ada moda pengiriman atau transmisi data secara real time antarstasiun cuaca. Oleh karena itu, pengumpulan data suhu permukaan lahan akan jauh lebih mudah jika menggunakan data satelit penginderaan jauh, di antara kelebihannya adalah ruang lingkup yang diamati cukup luas dan daerah yang mungkin sulit dijangkau serta keefektifan waktu. Data atau citra dari satelit penginderaan jauh diolah dengan berbagai koreksi untuk mendapatkan hasil yang layak. Data satelit tersebut harus diolah menggunakan berbagai formula yang sesuai untuk dapat menurunkan nilai suhu permukaan lahan yang baik.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!