Bantul Ekspo 2016: Pameran dan Promosi Hasil Produl Lokal Kabupaten Bantul

20:58:00
Bantul - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul kembali mengadakan pameran dan promosi hasil produk lokal bertajuk "Bantul Ekspo 2016". Bantul Ekspo 2016 akan dilaksanakan mulai hari Senin, 1 Agustus hingga Kamis, 11 Agustus 2016. Pasar Seni Gabusan (PSG) kembali dipercaya menjadi tempat pelaksanaan seluruh kegiatan tersebut.
Bantul Ekspo 2016 digelar di Pasar Seni Gabusan (www.guntara.com)
Bantul Ekspo 2016 digelar di Pasar Seni Gabusan
Pelaksanaan Bantul Ekspo 2016 ini berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya. Kali ini pelaksanaan Bantul Ekspo 2016 melibatkan pihak ketiga pada susunan kepanitiaannya untuk menangani peserta di luar pemerintahan. Sekretaris Panitia Bantul Expo, Tunik Wusri Arliani, mengatakan, “Panitia Bantul Expo yang dari Humas Pemkab Bantul hanya menangani peserta dari SKDP (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan Kecamatan, untuk peserta dari pihak swasta akan ditangani pihak ketiga."

Bambang Gunawan, selaku pihak ketiga mengatakan, dalam kerjasama dengan  Pemkab Bantul pihaknya tidak mempunyai kewajiban untuk menyetor ke PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari keuntungan yang didapat. “Dari hasil penyewaan itu selisihnya tidak seberapa, untuk operasional seperti mengkover pemulihan lahan, kebersihan dan keamanan. Tidak ada yang masuk PAD Bantul,” kata Bambang.

Bambang menambahkan , dalam Bantul Ekspo ini, pihaknya menyediakan sebanyak 100 kapling untuk disewakan kepada peserta dari kalangan swasta. Adapun biaya sewa per kapling yang harus dibayar oleh setiap peserta yakni sebesar Rp 800 ribu.

Setiap SKPD Pemkab Bantul mendapatkan 1 kapling gratis dari panitia dengan ukuran 3X4 meter dengan fasilitas tenda dan listrik dengan daya 100 watt. Sedangkan untuk Kecamatan mendapatkan masing-masing 2 kapling gratis, kecuali Kecamatan Banguntapan dan Imogiri masing-masing mendapatkan 3 kapling.

Bagi seluruh warga di Kabupaten Bantul dan sekitarnya yang ingin mengunjungi Bantul Ekspo 2016 silakan mencermati tanggal pelaksanaannya, yaitu Senin, 1 Agustus hingga Kamis, 11 Agustus 2016. Waktu pelaksanaannya dibuka dari pagi hingga malam, tetapi pada umumnya ramai pada sore hari mulai pukul 16.00 hingga malam hari pukul 22.00. Selain ada berbagai stand SKPD Pemkab Bantul, stand 17 kecamatan, dan stand swasta juga ada sajian berbagai hiburan, kesenian lokal, permainan anak-anak, berbagai jajanan kuliner, dan segala bentuk barang yang bisa dibeli dengan harga bersahabat.

Tidak ada biaya masuk acara Bantul Ekspo 2016 ini alias gratis. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir dengan tarif Rp 2.000 untuk sepeda motor. Lokasi parkir sepeda motor yang strategis dan nyaman berada di sebelah utara gapura masuk Bantul Ekspo 2016 (terminal PSG) yang dikelola langsung oleh IPEGA (Ikatan Pemuda-Pemudi Dusun Gabusan).

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon