Jogja Air Show 2016 Siap Menggoyang 3 Pantai di Bantul Yogyakarta

12:47:00
Jogja Air Show (JAS) 2016 akan digelar pada 25-27 (Jumat-Ahad) Maret 2015 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kali ini JAS 2016 akan digelar di 3 pantai yaitu Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, dan Pantai Depok. Tema yang diusung tahun ini ialah Pelangi Nusantara dan akan melibatkan 370 atlet putra-putri yang berasal dari seluruh kontingen FASI di Indonesia.
Jogja Air Show 2016 Siap Menggoyang 3 Pantai  (gambar: visitingjogja.com)
JAS 2016 akan menampilkan enam perlombaan olahraga dirgantara, yaitu Microlight, Aeromodeling, Paramotor, Terbang Layang, Gantole dan Terjun Payung. Rincian jumlah peserta yaitu 50 peserta untuk gantole, 70 peserta terjun payung, peserta paramotor, 100 peserta paralayang, 50 peserta joyflight, dan 50 peserta aeromodeling. Peserta atlet-atlet berasal dari dalam negeri dan luar negeri, di antaranya Malaysia, Filipina, Thailand, Korea Selatan, dan Australia. Sampai saat ini peserta yang sudah masuk sebanyak 374 atlet.

Tujuan diselenggarakannya Jogja Air Show 2016 adalah untuk memberi wadah kepada atlet-atlet olahraga dirgantara seluruh Indonesia, mengukur prestasi, serta memperkenalkan olahraga dirgantara kepada masyarakat. Acara ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sadar wisata dan membantu mempromosikan pariwisata Yogyakarta. Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Adisucipto Marsma TNI Imran Baidirus mengatakan, animo atlet tahun ini sangat tinggi sehingga peserta dibatasi. Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata DIY Ari Nugraha berharap  acara ini dapat mendatangkan dua kali lipat wisatawan dibandingkan hari biasa. (www.bisnis.com)

JAS 2016 juga membuka kesempatan bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi terjun payung dan terbang gratis. Namun kuota yang disediakan tak banyak dan pengunjung harus adu cepat mendaftar sebelum kehabisan. Selama tiga hari mulai 25-27 Maret 2016 masyarakat harus berjuang mendapatkan kesempatan untuk ikut terbang bersama atlet-atlet profesional dari berbagai wilayah Indonesia.

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 50.000 orang selama sepekan sehubungan dengan pergelaran olahraga dirgantara "Jogja Air Show" di Pantai Depok, Parangtritis, Kabupaten Bantul, 25-27 Maret 2016. (www.kompas.com)

Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Resto Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)Deddy Pranawa Eryana menyampaikan, Jogja Air Show akan mendongkrak wisatawan yang menginap di hotel di DIY. Dari biasanya okupansi hotel hanya di kisaran 60% pada saat weekend, saat pelaksanaan JAS nanti okupansi hotel bisa sampai 90%. (www.harianjogja.com)

Sementara itu jika dilihat data dari Badan Pusat Statistik (BPS) DIY pada Januari 2016, tingkat hunian kamar (TPK) hotel bintang di DIY sebesar 50,80%. Angka ini mengalami penurunan sebesar 16,31% dibandingkan bulan sebelumnya yang menunjuk besaran angka 67,11%. Sementara TPK hotel nonbintang akomodasi lain rata-rata sebesar 27,09%, mengalami penurunan sebesar 11,17% dibandingkan bulan Desember 2015 yang mencapai 38,26%. (www.harianjogja.com)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon