Rio Haryanto Ukir Sejarah Menjadi Pembalap F1 Pertama Asal Indonesia - Guntara.com

Friday, 26 February 2016

Rio Haryanto Ukir Sejarah Menjadi Pembalap F1 Pertama Asal Indonesia

Indonesia patut berbangga dengan salah satu pemudanya asal Solo, Rio Haryanto (23 tahun). Rio secara resmi ditunjuk sebagai salah satu pembalap Formula 1 dari tim Manor Racing Team Mercedes (MRT Mercedes) asal Inggris. Rio menjadi pembalap Indonesia pertama yang turun dalam olahraga balap mobil jet darat paling bergengsi di dunia.
Rio Haryanto Ukir Sejarah Menjadi Pembalap F1 Pertama Asal Indonesia www.guntara.com
Rio Haryanto, Pembalap F1 Pertama Asal Indonesia (gambar: sidomi.com)
"Assalamualaikum wr wb. Saya ingin ucapkan makasih atas dukungan semua. Akhirnya pada sore ini dapat kabar gembira, saya telah di-announce sebagai pembalap F1. Semoga ke depannya dengan bekerja keras sekali, tidak hanya ingin mewakili Indonesia di F1. Saya ingin (mengukir) prestasi," kata Rio. (bbc.com)

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, "Bersyukur pada Allah, setelah salat tahajud, akhirnya Rio jadi orang Indonesia pertama masuk F1." Upaya Rio menjadi pembalap di F1 ini sendiri dilalui dengan berbagai tantangan terutama menyangkut pengumpulan dana.

Dana yang diperlukan untuk mengikat kontrak untuk bergabung dengan F1 sekitar Rp 320 miliar untuk musim balap 2016. Pertamina yang menjadi sponsor utama Rio sejak tahun 2010 lalu tidak dapat menanggung dana sebesar itu. Dukungan dari masyarakat untuk Rio termasuk dari kelompok yang menamakan diri Sahabat Rio dan melakukan pengumpulan dana sejak Oktober lalu.

Rio akan menjalani uji coba di Barcelona dari tanggal 22-25 Februari 2016, Kemudian Rio akan melakukan latihan pada tanggal 1-4 Maret untuk melakukan 'adaptasi dengan mobil dan tim baru'. Manor hanya mengontrak Rio selama satu tahun, artinya Rio kemungkinan berlaga pada 21 balapan F1 musim 2016.

Selain prestasinya sebagai salah satu pembalap terbaik Indonesia saat ini, Salah satu sahabat dari Rio mengatakan kepribadian pembalap berusia 23 tahun ini patut dijadikan model untuk anak muda lain. Dia adalah pribadi yang taat pada agama dan sering menyantuni panti asuhan.

Arief Kurniawan, wartawan Bola yang juga pengamat F1  mengatakan bahwa Rio adalah harapan nyata bangsa Indonesia, bukan harapan semu yang tercipta karena dikarbit atau semacamnya. Karena itulah rakyat sangat berharap banyak Rio bisa menciptakan sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang bisa tampil di F1. Rio pun melewati jenjang ke F1 dengan cara yang luar biasa. Dari sejak gokart, lalu ikut Formula BMW Asia Pasifik, GP3, dan GP2 semua dilaluinya dengan selalu mengumandangkan Indonesia Raya. Jadi, deretan prestasi ini membuat rakyat semakin yakin bahwa Rio memang layak untuk ikut F1. 

Semoga kiprah Rio Haryanto dalam balapan F1 musim 2016 ini mendapatkan kelancaran dan kesuksesan. Semoga Rio mampu semakin menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa Indonesia dengan mengibarkan Sang Merah Putih di podium F1 dan membawa prestasi-prestasi lainnya. Aamiin.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!