Inilah Pengertian Konsep "Tri Hita Karana"

06:33:00
Tri Hita Karana merupakan tiga gabungan kata yang berasal dari bahasa kuno Sansekerta. Tiga gabungan kata tersebut terdiri dari kata “Tri” yang artinya Tiga, “Hita” yang artinya Kebahagiaan dan “Karana” yang artinya Penyebab. Oleh karena itu, "Tri Hita Karana" memiliki arti “Tiga Penyebab Kebahagiaan”.
Lambang "Tri Hita Karana" www.guntara.com
Lambang "Tri Hita Karana" (sumber gambar: wikipedia)

Konsep Tri Hita Karana berasal dari ajaran nenek moyang bangsa Indonesia pada zaman kerjaan Hindu. Tri Hita Karana merupakan falsafah hidup tangguh. Falsafah tersebut memiliki konsep yang dapat melestarikan keanekaragaman budaya dan lingkungan di tengah hantaman globalisasi dan homogenisasi. 

Hakikat ajaran Tri Hita Karana menekankan tiga hubungan manusia dalam kehidupan di dunia ini. Ketiga hubungan itu meliputi hubungan dengan sesama manusia, hubungan dengan alam sekitar, dan hubungan dengan ke Tuhan yang saling terkait satu sama lain. Setiap hubungan memiliki pedoman hidup menghargai sesama aspek sekelilingnya. Prinsip pelaksanaannya harus seimbang, selaras antara satu dan lainnya. Apabila keseimbangan tercapai, manusia akan hidup dengan menghindari dari pada segala tindakan buruk. Hidupnya akan seimbang, tenteram, dan damai.


Hakikat mendasar Tri Hita Karana mengandung pengertian tiga penyebab kebahagiaan itu bersumber pada keharmonisan hubungan antara Manusia dengan Tuhan nya, Manusia dengan alam lingkungannya, dan Manusia dengan sesamanya. Dengan menerapkan falsafah tersebut diharapkan dapat menggantikan pandangan hidup modern yang lebih mengedepankan individualisme dan materialisme. Membudayakan Tri Hita Karana akan dapat memupus pandangan yang mendorong konsumerisme, pertikaian dan gejolak.

sumber: wikipedia.org

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon