AC MILAN 1988-1990: Tim Terbaik Sepanjang Masa Versi UEFA

09:55:00
Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) belum lama ini telah mengumumkan tim terbaik sepanjang masa berdasarkan penilaian mereka terhadap prestasi, pemain, dan pengaruh tim tersebut pada persepakbolaan dunia. Bukan Barcelona, bukan Real Madrid, bukan Manchester United, melainkan UEFA menjatuhkan pilihan pada skuad AC Milan di tahun 1988-1990.
AC MILAN 1988-1990: Tim Terbaik Sepanjang Masa Versi UEFA www.guntara.com
AC MILAN 1988-1990: Tim Terbaik Sepanjang Masa Versi UEFA
AC Milan 1988-1990 adalah sebuah klub sepakbola yang mampu mengubah wajah persepakbolaan dunia di era 90-an dan membawa era sepakbolaan baru pada zaman modern berdasarkan pandangan UEFA. Saat ini Milan diperkuat nama-nama besar seperti Marco van Basten, Ruud Gullit, Franco Baresi, Paolo Maldini, Roberto Donadoni, dkk.

Arrigo Sacchi adalah sosok yang memiliki peran vital pada masa itu sebagai pelatih AC Milan, Sacchi merupakan salah satu pelatih terbaik dunia yang membawa perubahan besar pada tim dan melahirkan berbagai prestasi untuk timnya. Tercatat berbagai gelar prestisius pernah diraih AC Milan 1988-1990 pada era Sacchi, yaitu 1 gelar Liga, 1 Piala Super Italia, 2 Piala Eropa (sekarang Liga Champions), 2 Piala Super Eropa dan 2 Piala Interkontinental.

Sacchi menerapkan formasi yang terbilang unik pada saat itu yaitu 4-4-2 dan sekarang formasi tersebut menjadi formasi umum yang digunakan oleh sebagian besar tim sepakbola dunia. Formasi tersebut menggunakan sistem zonal marking, membuat jarak antarpemain tidak begitu jauh, sehingga tercipta permainan yang sangat efektif tanpa perlu memegang penuh kendali permainan (ball posession). Hal tersebut yang membuat Marco Van Basten dkk bisa tetap melakukan koordinasi dan saling mengerti satu sama lain.

AC Milan pada era tersebut juga menaruh kepercayaan kepada pemain-pemain asli Italia dan pemain-pemain muda. Hampir sebagian besar skuad AC Milan diisi oleh pemain asli Italia dan hanya ada beberapa pemain asing. Alessandro Costacurta dan Paolo Maldini merupakan contoh pemaian akademi Rossoneri yang diorbitkan oleh Sacchi di musim tersebut.

Adapun skuad AC Milan 1988-1990 sebagai berikut:

Penjaga Gawang:
Giovanni Galli, Francesco Antonioli, Davide Pinato

Belakang:
Franco Baresi, Walter Bianchi, Alessandro Costacurta, Filippo Galli, Paolo Maldini, Roberto Mussi, Gianluca Pessotto, Sergio Porrini, Mauro Tassotti, Matteo Villa

Tengah:
Demetrio Albertini, Carlo Ancelotti, Angelo Colombo, Roberto Donadoni, Alberigo Evani, Corrado Giannini, Ruud Gullit, Fabio Lago, Christian Lantignotti, Frank Rijkaard, Fabio Viviani

Depan:
Massimiliano Cappellini, Graziano Mannari, Daniele Massaro, Marco van Basten, Pietro Paolo Virdis

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon