[HOT] Jogja "Istimewa" Resmi Jadi Tagline dan Logo Baru Yogyakarta - Guntara.com

Thursday 5 February 2015

[HOT] Jogja "Istimewa" Resmi Jadi Tagline dan Logo Baru Yogyakarta

Akhirnya setelah melalui berbagai polemik dan kontroversi serta proses yang cukup panjang, kata "Istimewa" ditetapkan sebagai tagline baru Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelumnya Yogyakarta memakai tagline Jogja "Never Ending Asia" selama 13 tahun terakhir ini. Penetapan tagline "Istimewa" tersebut dibarengi dengan penetapan logo baru bertuliskan "Jogja Istimewa" yang diumumkan pada hari Kamis (5/2) di Kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. 
Tagline dan Logo Baru "Jogja Istimewa" www.guntara.com
Tagline dan Logo Baru "Jogja Istimewa" (sumber gambar: liputan6.com)

Ikuti survei online gratis berikut ini tanpa registrasi
dan raih banyak keuntungannya, penasaran? klik di sini!

Logo dengan tulisan "JOGJA" yang berwarna merah beserta tagline "istimewa" di bawahnya tersebut dipilih oleh Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan HB X. "Sebenarnya logo dan tagline baru Yogyakarta ini akan saya sampaikan kepada para Bupati dan Wali kota di DIY pada tanggal 5 Februari mendatang," ungkap Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dipilihnya Tagline 'Jogja Istimewa', karena selama ini masyarakat luas telah mengenal istilah Jogja Istimewa dan mudah diucapkan. Menurut Sultan, selama ini kata istimewa hanya menjadi kalimat simbolik. Namun dengan dijadikannya tagline, maka ke depannya kata istimewa akan diisi oleh beragam nilai. (www.tribunnews.com)

"Logo 'Jogja Istimewa' ini partisipasi masyarakat dari 2.056 karya," ujar Sultan, Kamis (5/2/2015). Sultan mengungkapkan, dengan hadirnya logo ini diharapkan dapat menjiwai seluruh warga Yogyakarta untuk menatap masa depan. Arif, salah satu tim sebelas logo baru Jogja menuturkan, tagline "istimewa" dimasukan dalam logo baru karena mewakili Yogyakarta secara menyeluruh. Logo baru ini juga sesuai dengan arahan dari Sultan mengenai semangat baru Yogyakarta. "Logo baru Jogja dibuat dengan model Hanacaraka. Namun bentuknya modern," tuturnya. (www.kompas.com)

Sementara itu salah satu tim sebelas Marjuki atau Kill Dj mengatakan Logo ini karya dari seluruh masyarakat yaitu dari 2011 orang. Logo resmi ini menggunakan kata Jogja lengkap dengan tagline Istimewa. Logo Jogja Istimewa ini hasil kerja ulang dari logo yang masuk  dari partisipan masyarakat. Kata Jogja Istimewa menggunakan huruf kecil karena mempunyai filosofi kebersamaan dan kesederhanaan. "Logo ini menggunakan huruf kecil yang melambangkan Egaliter. Kesederhanaan dan kebersamaan dengan Warna merah bata lambang kraton dan  spirit keberanian jaman baru masa depan. Berbekal masa lalu dengan kekayaan kearifan lokal," ujarnya. (www.liputan6.com).

Sri Sultan HB X berencana meluncurkan (launching) tagline dan logo baru Yogyakarta tersebut secara resmi pada besok hari Sabtu (7/2). Peluncuran tersebut akan dilaksanakan di Alun-Alun Utara dan Pagelaran Kraton. Info lebih lanjut mengenai waktu dan teknis pelaksanaan launching tersebut akan diumumkan menyusul. Semoga tagline dan logo baru "Jogja Istimewa" membawa berkah bagi keistemewaan seluruh masyarakat Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat. Aaamiin!

8 comments:

  1. jogja istimewa bukan cuman tmpatnya tpi jga orng"nya :D

    ReplyDelete
  2. wah, ternyata itu toh alasannya pilih tagline istimewa, thx agan, nice info
    yg hobby travelling ala backpacker yuk mampir di zoera-tourtravel.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. wah, kangen rasanya untuk kembali ke jogja. mudah-mudahan bisa segera tercapai karena jogja merupakan tempat yang istimewa buat saya. nice info mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih, sini balik main jogja bung :)

      Delete
  4. Jogja Istimewa emang cocok, selain mudah diucapkan juga mudah diingat :)

    ReplyDelete

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara.com" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!