Morfologi dan Bentuk Kualitatif DAS - Guntara.com

Tuesday 20 January 2015

Morfologi dan Bentuk Kualitatif DAS

Morfologi DAS terkait dengan bentuk DAS atau ukuran kualitatif dari DAS tersebut. Daerah aliran sungai dapat dibedakan berdasarkan bentuk atau pola dimana bentuk ini akan menentukan pola hidrologi yang ada. Coarak atau pola DAS dipengaruhi oleh faktor geomorfologi, topografi dan bentuk wilayah DAS. Sosrodarsono dan Takeda (1977) mengklasifikasikan bentuk DAS sebagai berikut:
Morfologi Bentuk DAS www.guntara.com
Morfologi Bentuk DAS
1. DAS dengan bentuk bulu ayam
Pola aliran yang satu ini memiliki bentuk seperti bulu ayam dengan debit banjir sekuensial dan berurut. Pola ini memakan waktu yang lebih ringkas untuk mencapai titik mainstream. Adapun topografinya cenderung curam dibandingkan dengan bentuk DAS lainnya.

2. Pola Kipas
Bentuk DAS yang satu ini memiliki kesamaan dengan kipas dimana debit bajirnya terakumulasi dari banyak arah sungai. Bentuk DAS yang satu ini memiliki waktu yang jauh lebih lama dari pada bentuk bulu ayam dalam mencapai titik mainstream.

3. Bentuk parallel
Pola DAS yang satu ini merupakan bentuk kombinasi dimana ia memiliki debit banjir yang juga diakumulasikan dari berbagai arah singai di titik hilir. Adapun bagian hulunya bersifat sekuensial dan berurut.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara.com" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!