Interpretasi Data Penginderaan Jauh untuk Survei Hidrologi - Guntara.com

Tuesday, 20 January 2015

Interpretasi Data Penginderaan Jauh untuk Survei Hidrologi

Hidrologi secara bahasa terdiri dari dua kata yaitu hydros artinya air dan logos artinya ilmu. Hidrologi merupakan bagian dari studi yang mempelajari gerakan dan penyebaran air dari berbagai tahap dari siklus hidrologi. Daerah Aliran Sungai (DAS) digunakan sebagai satuan kajian dalam mempelajari hidrologi.
Siklus Hidrologi www.guntara.com
Siklus Hidrologi (sumber gambar: gopixpix.com)
Daerah aliran sungai (DAS) ialah suatu wilayah daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungainya, yang berfungsi menampung, menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau ke laut secara alami, yang batas di darat merupakan pemisah topografis dan batas di laut sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan. (PP No. 37 tentang Pengelolaan DAS, Pasal 1). DAS juga dapat diartikan sebagai daerah yang dibatasi punggung-punggung gunung dimana air hujan yang jatuh pada daerah tersebut akan ditampung oleh punggung gunung tersebut dan akan dialirkan melalui sungai-sungai kecil ke sungai utama. (Asdak, 1995).

DAS dalam bahasa inggris disebut river basin, drainage basin, cacthment area, atau watershed. DAS adalah suatu wilayah yang merupakan kesatuan ekosistem yang dibatasi oleh pemisah topografis dan berfungsi sebagai pengumpul, penyimpan dan penyalur air, sedimen, unsur hara melalui sistem sungai, mengeluarkannya melalui outlet tunggal. (Sudjarwadi,1985).

Pemanfaatan teknik Interpretasi Data Penginderaan Jauh untuk Survei Hidrologi pada dasarnya akan meringankan pekerjaan, biaya, dan tenaga yang dikeluarkan daripada survei yang dilakukan secara terestial. Namun, perlu diperhatikan segala keterbatasan dari citra satelit bila digunakan untuk memperoleh informasi parameter-parameter hidrologi, baik dalam hal karakteristik citra (misalnya: skala, jenis citra, dll) maupun dalam hal keterbatasan metodologinya. Oleh karena itu, pemanfaatan citra satelit untuk studi hidrologi biasanya menggunakan pendekatan-pendekatan untuk menjelaskan hubungan antara variabel-variabel lahan yang dapat dikaitkan dengan proses-proses hidrologi.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!