Dwikorita Karnawati Ukir Sejarah Terpilih Sebagai Rektor Wanita Pertama UGM

17:39:00
Sejarah kembali terukir di kampus biru Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Setelah pada 26 November 2014 lalu Rektor UGM Prof. Dr. Pratikno terpilih sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) dalam Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, hari ini Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. terpilih sebagai Rektor UGM yang baru menggantikan Prof. Dr. Pratikno melalui rapat pleno MWA (Majelis Wali Amanat) UGM.
Dwikorita Karnawati Terpilih sebagai Rektor UGM (sumber gambar: www.tempo.co)
Terpilihnya Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. sebagai Rektor UGM yang baru mengukir sejarah karena beliau merupakan rektor wanita pertama UGM. Selama 65 tahun UGM berdiri selalu dipimpin oleh rektor pria, tetapi kini beliau mampu terpilih untuk memimpin UGM melanjutkan periode rektor sebelumnya sampai Mei 2017 mendatang.

Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Gadjah Mada (UGM) memilih Dwikorita Karnawati sebagai rektor menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Sabtu, 22 November 2014. Sebelumnya, Dwikorita menjabat Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM. Selama ini, dia dikenal sebagai pakar kebencanaan, khususnya bidang kerentanan tanah akibat pengaruh gempa bumi. Dwikorita juga pernah menjadi moderator debat calon wakil presiden sebelum Pemilu 2014 lalu. (www.tempo.co)

"MWA sudah musyawarah dan siang ini telah mencapai kesepakatan. Ibu Dwikorita dipilih menjadi Rektor UGM menggantikan bapak Pratikno," ujar Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UGM, Prof.Dr.Sofian Effendi, Sabtu (22/11/2014) siang. Sofian menuturkan, ada lima wakil rektor yang diajukan sebagai calon Rektor UGM. Dari total lima calon, dua tidak memenuhi kriteria. "Tiga calon Jumat kemarin kami intervew. Saat itu Pak Didik mengatakan masih ingin konsentrasi membenahi sistem administrasi keuangan UGM dan Pak Iwan belum siap dan ingin membenahi administrasi akademik," tegasnya. (www.tribbunews.com)

Dari dua wakil rektor tersebut, selain menyatakan masih ingin berkonsentrasi menangani tugasnya, juga mengusulkan kepada MWA agar Dwikorita Karnawati menjadi rektor. Setelah melihat rekam jejak dan prestasinya, akhirnya Majelis Wali Amanat (MWA) yang beranggotakan 23 orang memutuskan Dwikorita menjadi Rektor UGM mengantikan Pratikno, sampai 2017 mendatang. Menurutnya, dalam sidang Majelis Wali Amanat (MWA) prosesnya sangat cepat. Setiap anggota mengutarakan pandanganya serta pendapatnya lalu memutuskan. Tidak ada perdebatan yang cukup panjang. (www.tribbunews.com)

Pelantikan Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. sebagai Rektor UGM yang baru dijadwalkan pada Senin, 24 November 2014 mendatang. Pelantikan tersebut juga akan dihadiri oleh Rektor UGM sebelumnya yang kini menjabat sebagai Mensesneg RI Prof. Dr. Pratikno. Harapan seluruh rakyat UGM atas terpilihnya rektor yang baru tersebut, semoga bisa menjalankan amanah dengan lebih baik, menerapkan kebijakan-kebijakan yang bermutu, mengaplikasikan kreasi-inovasi serta gagasan-gagasan brilian bagi bangsa Indonesia, dan membawa UGM semakin menjadi kampus terbaik di Indonesia. Aamiin! Selamat dan Sukses Ibu!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon