Cara Berbagi Koneksi Internet Laptop Windows Via WiFi - Guntara.com

Friday, 3 October 2014

Cara Berbagi Koneksi Internet Laptop Windows Via WiFi

Berinternet melalui jaringan WiFi memang menyenangkan terutama saat menggunakan smartphone. Baterai smartphone akan lebih awet jika terkoneksi internet via WiFi daripada via koneksi data (kartu SIM). Laptop yang terkoneksi internet baik via LAN atau via Modem bisa digunakan untuk memancarkan WiFi yang mana bisa berbagi koneksi internet ke berbagai perangkat di sekitarnya, seperti laptop atau smartphone.
Cara Berbagi Koneksi Internet Laptop Windows Via WiFi
Berikut akan dipaparkan bagaimana cara pengaturan / setting pada laptop agar bisa berbagi / sharing koneksi internet ke perangkat lain di sekitarnya melalui jaringan WiFi yang dimiliki laptop tersebut. Kebetulan cara yang akan dipaparkan berikut menggunakan laptop / komputer dengan sistem operasi Windows. Silakan disimak langkah-langkah di bawah ini:
  1. Pastikan laptop / komputer sudah terhubung koneksi internet baik via LAN atau Modem kemudian nyalakan fasilitas WiFi pada laptop tersebut.
  2. Buka program Command Prompt dengan cara klik kanan program tersebut lalu pilih run as administrator > yes.
  3. Ketikkan di jendela Command Prompt teks berikut "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaHotspot key=Password" silakan ganti "NamaHotspot" sesuai keinginan Anda lalu gantilah "Password" minimal 8 karakter terdiri dari huruf dan angka.
  4. Klik kanan properties pada jaringan internet yang digunakan laptop tersebut, misalnya LAN atau Modem, lalu masuk tab menu "Sharing" dan pilih / centang bagian "Allow other network users...." lalu pilih OK.
  5. Pengaturan pada laptop sudah selesai maka tahap selanjutnya adalah menghidupkan atau mematikan koneksi WiFi sesuai keinginan Anda.
  6. Untuk menghidupkan koneksi WiFi tersebut silakan ketik, "netsh wlan start hostednetwork" pada jendela Command Prompt.
  7. Untuk mematikan koneksi WiFi tersebut silakan ketik, "netsh wlan stop hostednetwork" pada jendela Command Prompt.
Selamat Anda sudah berhasil mengatur jaringan internet Laptop agar bisa berbagi koneksi internet via WiFi ke perangkat lain di sekitarnya. Semoga cara tersebut dapat bermanfaat bagi Anda. Tolong gunakan koneksi internet secara tepat dan bijak!

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!