Situs yang Paling Ditunggu dan Diharapkan oleh Mahasiswa UGM Bulan Ini - Guntara.com

Tuesday 15 July 2014

Situs yang Paling Ditunggu dan Diharapkan oleh Mahasiswa UGM Bulan Ini

Hasil survei dan hitung cepat yang dilakukan oleh tim "Catatan Si iGun" terhadap calon mahasiswa dan mahasiswa UGM (Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta menunjukkan bahwa ada dua situs yang paling ditunggu dan diharapkan pada bulan Juli 2014 ini. Situs tersebut dipastikan akan dibanjiri pengunjung yang sangat banyak mencapai ratusan ribu pengunjung dalam sehari. Situs pertama adalah www.pengumuman.sbmptn.or.id dan situs kedua adalah www.akademika.ugm.ac.id.
Situs Pengumuman SBMPTN 2014 dan Portal Akademik UGM
Situs Pertama

Situs pengumuman SBMPTN 2014 dipastikan akan dibanjiri pengunjung pada hari Rabu, 16 Juli 2014 mulai pukul 17.00 WIB karena akan memuat pengumuman hasil seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang diinginkan. Hasil survei menunjukkan sekitar 664.509 pengunjung akan membuka situs tersebut (data dari www.tempo.co) dalam rentang waktu yang berdekatan atau malah bersamaan. Sistem pada situs tersebut kemungkinan akan mengalami penurunan peforma akibat pengunjung yang sangat banyak. Jadi, pengunjung diharapkan untuk tetap sabar menanti.

Khusus untuk calon mahasiswa baru yang mendaftar UGM ada sekitar 71.191 pendaftar (data dari www.okezone.com). Jumlah tersebut merupakan terbesar keempat setelah Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Menariknya tidak semua calon mahasiswa adalah mahasiswa baru. Ada sebagian mahasiswa lama yang ingin menjadi mahasiswa baru dengan mencoba peruntungan lagi mendaftar SBMPTN. Hal tersebut bisa disebabkan karena mahasiswa tersebut kurang puas atau kurang cocok dengan program studi sebelumnya atau karena alasan lainnya. Kita sama-sama berpikir positif saja terhadap mahasiswa tersebut. Semoga calon mahasiswa baru mendapatkan hasil yang terbaik dan sukses khususnya yang mendaftar UGM. Aamiin!

Situs Kedua

Situs ini kemungkinan tidak semasif situs pengumuman SBMPTN 2014 yang akan dibanjiri ratusan ribu pengunjung dalam suatu periode. Situs ini pengunjungan relatif stabil tetapi tetap diperhitungkan jumlah pengunjungan. Situs www.akademika.ugm.ac.id atau disebut Portal Universitas atau Portal Akademik adalah situs yang memuat rekapitulasi nilai akademik hasil belajar mahasiswa selama kuliah di UGM. Situs ini akan menjadi sangat populer pada awal-awal semester karena digunakan untuk melihat KHS (kartu hasil studi) dan untuk merancang KRS (kartu rencana studi). Sebenarnya masih banyak fungsi lain dari situs tersebut tetapi umumnya yang paling populer adalah mengakses KHS dan KRS.

Jumlah total mahasiswa aktif UGM dari semua jenjang (D3, D4, S1, S2, dan S3) diperkirakan mencapai 100.000an mahasiswa. Belum ada statistik pasti tentang jumlah total mahasiswa aktif UGM yang termuat di situs UGM. KHS biasanya muncul satu per satu per mata kuliah sehingga mahasiswa harus menunggu waktu demi waktu hingga pengumuman nilai setiap mata kuliah dalam SKS-nya penuh. Hal tersebut menjadi sebuah fenomena di mana pada masa-masa transisi semester (liburan), mahasiswa akan sering-sering mengunjungi situs tersebut setiap harinya untuk melihat hasil studinya, bahkan bisa sekian kali dalam setiap hari. Bayangkan itu tidak hanya dilakukan oleh seorang mahasiswa tetapi lebih dari satu, mungkin puluhan, ratusan, atau ribuan. Betapa jumlah yang luar biasa yang mengakses situs tersebut.

Bulan Juli 2014 ini adalah masa liburan mahasiswa UGM dan pada bulan inilah nilai-nilai hasil studi akan dikeluarkan satu per satu. Oleh karena itu alasan mengapa situs ini termasuk situs yang paling ditunggu dan diharapkan oleh mahasiswa UGM pada bulan ini. Berbagai perasaan akan muncul setelah membuka situs ini, bisa senang, bisa sedih, bisa biasa saja, atau campur aduk karena informasi nilai yang ditampilkan di situs ini. Mahasiswa yang berorientasi ke akademik cenderung mengagung-agungkan situs ini sedangkan mahasiswa yang berorientasi ke nonakademik cenderung kalem atau mungkin cuek (tidak peduli). Namun, apapun itu, semoga kita mendapatkan hasil yang terbaik dan sukses khususnya di semester ini. Aamiin!

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara.com" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!