MapInfo Professional: Aplikasi SIG untuk Pemetaan

13:56:00
MapInfo Professional merupakan salah satu perangkat lunak Sistem Informasi Geografi (SIG).  MapInfo tergolong aplikasi SIG paling populer setelah ArcGIS. MapInfo banyak diminati oleh pengguna karena memiliki karakteristik yang menarik, seperti mudah digunakan, harga relatif murah, tampilan interaktif, user-frendly dan dapat dikustomisasi menggunakan bahasa skrip yang dimiliki.
MapInfo (file-extensions.org)
MapInfo Professional dikembangkan oleh MapInfo Corporation pada tahun 1998. Hingga kini produk MapInfo masih terus diperbarui versinya secara berkala. Produk awal MapInfo ditujukan untuk komputer berbasis desktop atau PC dengan DOS sebagai sistem operasinya. Oleh karena itu, produk MapInfo tersebar di seluruh dunia bersama persebaran komputer dan sistem operasinya.

MapInfo memiliki kemampuan beradaptasi dengan software produksi Microsoft maupun software lainnya seperti AutoCad, ArcView, ArcGIS, dan fasilitas Link dengan software database. Tools pada MapInfo sangat membantu dan memudahkan dalam proses layouting peta dan editing. Perintah-perintah pada MapInfo berbasis Window sehingga menu-menu dapat diakses secara mudah dan praktis.

Pembuatan peta di MapInfo dapat diilustrasikan secara analog. Suatu table dalam MapInfo dapat digambarkan sebagai satu lembar (sheet) dari suatu film dan suatu komposisi peta di MapInfo merupakan gabungan dari beberapa lembar (sheet) film tersebut yang disusun secara bertumpuk. Istilah yang umum digunakan untuk susunan tersebut adalah layering.

Setiap lembar (sheet) merupakan layer yang dapat digabungkan dan di-match-kan untuk membentuk suatu peta sehingga dapat dilakukan analisis dari peta yang terbentuk tersebut. Satu hal yang perlu diingat adalah saat MapInfo melakukan redraw peta, MapInfo akan melakukan redraw dari layer yang tersusun paling bawah kemudian ke layer di atasnya, dan sebaliknya jika ingin diketahui informasi dari suatu peta.

Struktur data dalam MapInfo Professional dikelola dan disimpan dalam bentuk tabel. Setiap tabel menggambarkan satu jenis data, misalnya data kependudukan, distribusi kustomer, kemiringan lereng, penggunaan lahan, dan lain-lain. Secara logika data MapInfo Professional terdiri dari dua bagian yaitu data grafis yang menyimpan objek gambar (area, garis, titik, label) dan data tabular atau atribut (database yang menyimpan nilai dari data grafis tersebut). Namun secara fisik, setiap tabel MapInfo Professional biasanya terdiri dari 4 atau 5 file.

MapInfo Professional membagi data grafis menjadi tiga bagian, yaitu titik (point), garis (line/polyline) dan area (region/polygon). Objek titik hanya terdiri dari pasangan koordinat (x, y) sedangkan garis terdiri dari beberapa pasangan (x, y). Data grafis titik biasanya digunakan untuk mewakili objek kota, stasiun curah hujan, dan lain-lain. Garis (line/polyline) dapat dipakai untuk menggambarkan jalan, sungai, jaringan listrik, dan lain-lain. Sementara Area (region/polygon) digunakan untuk mewakili batas administrasi, penggunaan lahan, kemiringan lereng, dan lain-lain.

Data tabular adalah data deskriptif yang menyatakan nilai dari data grafis yang diterangkan. Data ini biasanya berbentuk tabel terdiri dari kolom dan baris. Kolom menyatakan jenis data sedangkan baris adalah detail ditanya. Secara umum ada empat tipe data tabular, yaitu karakter, numeric, tanggal, dan logika.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon