Pengertian Kepadatan Penduduk (Population Density)

07:42:00
Kepadatan penduduk atau population density adalah jumlah penduduk yang mendiami suatu wilayah atau daerah tertentu dengan satuan per kilometer persegi. Menurut Badan Pusat Statistik (1995), kepadatan penduduk secara umum dibagi menjadi tiga macam, sebagai berikut:
Kepadatan Penduduk (rmol.co)
1.    Kepadatan Aritmatik / Kepadatan Penduduk Kasar (KPK)
Kepadatan aritmatik adalah jumlah penduduk rata-rata per kilometer persegi daerah tanpa memperhitungkan kualitas daerah maupun kualitas penduduk. Jenis kepadatan ini merupakan kepadatan tradisional, paling mudah perhitungannya. Rumus untuk mencari kepadatan tersebut sebagai berikut:

KPK = Jumlah Penduduk / Luas Wilayah

2.    Kepadatan Penduduk Fisiologis (KPF)
Kepadatan fisiologis adalah jumlah penduduk setiap kesatuan wilayah luas dari tanah produktif suatu daerah, yang dimaksud tanah produktif dalam hal ini adalah tanah yang digarap. Rumus untuk mencari kepadatan tersebut sebagai berikut:

KPF = Jumlah Penduduk / Luas Lahan Pertanian

3.    Kepadatan Penduduk Agraris (KPA)
Kepadatan agraris adalah jumlah penduduk yang bertani dari setiap kesatuan tanah yang dikerjakan untuk pertanian. Rumus untuk mencari kepadatan tersebut sebagai berikut:

KPA = Jumlah Petani / Luas Lahan Pertanian

Angka kepadatan penduduk menunjukan rata-rata jumlah penduduk tiap 1 kilometer persegi. Semakin besar angka kepadatan penduduk menunjukan bahwa semakin padat penduduk yang mendiami wilayah tersebut. Misalnya kepadatan penduduk Indonesia tahun 2009 sebesar 124 artinya bahwa secara rata-rata tiap 1 kilometer persegi wilayah di Indonesia didiami oleh 124 penduduk. Kegunaan dari adanya kepadatan penduduk untuk mengetahui konsentrasi penduduk di suatu wilayah dan sebagai acuan dalam rangka mewujudkan pemerataan dan  persebaran penduduk (program transmigrasi).  

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon