Pengenalan Aplikasi Sistem Informasi Geografi : Global Mapper

16:47:00
Global Mapper adalah salah satu perangkat lunak yang cukup populer dan sering digunakan oleh kalangan praktisi GIS (geographics information system) atau orang-orang yang berkecimpung di bidang pemetaan. Salah satu keistimewaan program ini adalah kompatibilitasnya dengan banyak format file sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dari latar belakang pengetahuan perangkat lunak lain yang berbeda-beda.
http://3.bp.blogspot.com/-xqqTrR0x3Dg/UNSBJsqIcrI/AAAAAAAAAzg/ivq3Et1kKSk/s1600/GlobalMapper.jpg
sumber gambar: www.blogspot.com
Global Mapper tidak hanya mampu menampilkan data raster yang paling populer, elevasi, dan dataset vektor tetapi juga mampu mengkonversi, meng-edit, mencetak, melacak GPS, dan memungkinkan Anda untuk memanfaatkan fungsi SIG pada dataset. Global Mapper juga mencakup kemampuan untuk langsung mengakses database seluruh TerraServer citra satelit dan peta topografi USGS secara gratis dan untuk melihat data elevasi dalam 3D yang sesungguhnya dengan citra raster dan data vektor dimuat tersampir di atasnya.

File data dapat dimuat sebagai lapisan, misalnya Digital Elevation Model (DEM) dapat dimuat dengan peta topografis yang dipindai untuk membuat tampilan 3D dari peta. Sebuah gambar udara digital dapat dilampirkan di permukaan bersama dengan vektor kontur pemetaan untuk menciptakan grafis yang menakjubkan dan informatif. Hasilnya dapat dicetak, atau ruang kerja dapat diekspor ke gambar raster resolusi tinggi untuk digunakan dalam presentasi atau laporan.

Global Mapper bukan sekadar perangkat serbaguna, tetap memiliki fungsi built-in untuk perhitungan jarak dan area, pembauran arsir dan penyesuaian kontras, melihat elevasi, dan perhitungan garis pandang, serta kemampuan tingkat lanjut seperti rektifikasi citra, pembuatan kontur dari data permukaan, analisis tampilan arah aliran dari data permukaan, serta triangulasi dan melakukan gridding data titik 3D. Tugas berulang dapat diselesaikan dengan menggunakan fungsi bahasa script yang built-in atau konversi batch secara menyeluruh.

Global Mapper lebih dari sekedar sebuah utilitas, melainkan telah dibangun untuk perhitungan jarak dan area, pencampuran raster dan penyesuaian kontras, elevasi query, perhitungan garis pandang, potong-dan-isi perhitungan volume, serta kemampuan tingkat lanjut seperti rektifikasi citra, generasi kontur dari data permukaan, analisis tampilan gudang dari data permukaan, dan triangulasi dan gridding data titik 3D. Tugas yang berulang dapat dilakukan menggunakan built dalam bahasa scripting atau fungsi batch konversi komprehensif.

Keuntungan Global Mapper
1.    Melakukan perhitungan jarak dan luas dengan akurat, pembauran arsir dan penyesuaian kontras, melihat elevasi, dan perhitungan garis pandang untuk memaksimalkan presisi.
2.    Secara rutin menghemat waktu yang dihabiskan untuk melakukan tugas berulang dengan menggunakan fungsi bahasa script yang built-in dan konversi batch secara menyeluruh.
3.    Dengan cepat mendigitalkan fitur vektor baru, meng-edit fitur yang sudah ada, dan dengan mudah menyimpannya ke format ekspor yang didukung.
4.    Dengan mudah melacak setiap perangkat GPS yang kompatibel yang terhubung ke port serial komputer melalui data apa pun yang di-upload, menandai waypoint tanpa sambungan, serta merekam log pelacakan. 
5.    Dalam sekejap menetapkan interval kontur untuk setiap kombinasi data elevasi dengan fitur pembuat kontur tingkat lanjut.
6.    Secara otomatis melakukan triangulasi dan grid kumpulan data titik 3 dimensi untuk mengkonversi contoh kumpulan elevasi menjadi kumpulan data yang sepenuhnya di-grid.
7.    Dengan cepat menyimpan isi layar menjadi file BMP, JPG, PNG, atau (Geo) TIFF, yang dapat direktifikasi secara intuitif dan disimpan dalam citra baru yang sepenuhnya dapat dijadikan georeferensi.
8.    Dengan segera melakukan dekompresi setiap transfer file SDTS ke direktori yang terpisah, menghemat waktu yang berharga.
9.    Segera menampilkan file DRG terdekat melalui cliping otomatis file collar USGS DRG.
10.    Editor/viewer-nya sangat mudah digunakan dan telah mampu menampilkan berbagai data raster, DEM, data vektor dan GeoPDF.
11.    Mengkonversi data hasil penginderaam jauh, meng-edit data vektor, reproject citra satelit, mosaik citra satelit, print, dan track GPS.
12.    Kemampuan akses secara online ke berbagai sumber data citra, peta topografi, DTM, dan banyak lagi.
13.    Dapat secara otomatis membuat Watershed, pada versi 13 ke atas. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon