Pengertian Umum Karakteristik Lahan

19:37:00
Karakteristik lahan merupakan kondisi / atribut lahan yang dapat diukur dan diperkirakan. Karakteristik lahan menunjukkan kondisi lahan secara umum dan belum menujukkan kualitasnya untuk mendukung suatu penggunaan lahan tertentu. Contoh : Kemiringan lereng, tekstur tanah, kedalaman air tanah, dst. (Dewi, 2014).
http://2.bp.blogspot.com/_ukq7IdxDYZE/SuU6f25vbTI/AAAAAAAAAEE/PwTyAX85KtQ/s400/DSC00045.JPG
sumber gambar: pulomerak.blogspot.com
Karakateristik lahan merupakan salah satu proses evaluasi lahan.  Evaluasi lahan adalah proses penilaian penampilan atau keragaman (performance) lahan jika dipergunakan untuk tujuan tertentu, meliputi pelaksanaan dan interpretasi survei dan studi bentuk lahan, tanah, vegetasi, iklim dan aspek lahan lainnya, agar dapat mengidentifikasi dan membuat perbandingan berbagai penggunaan lahan yang mungkin dikembangkan (FAO, 1976).

Karakteristik lahan yang erat kaitannya untuk keperluan evaluasi lahan dapat dikelompokkan ke dalam 3 faktor utama yaitu topografi, tanah dan iklim yang merupakan unsur pembentuk satuan peta tanah. Karakteristik lahan merupakan sifat lahan yang dapat diukur dan diduga.  Menurut FAO (1976), karakteristik lahan terdiri atas:

  1. Karakterisrik tunggal, misalnya total curah hujan, kedalaman tanah, lereng, dan lain-lain.
  2. Karakteristik majemuk., misalnya permeabilitas tanah, drainase, kapasitas tanah menahan air, dan lain-lain.
Sumberdaya lahan mencakup semua karakteristik dan proses-proses serta fenomena-fenomena lahan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Salah satu tipe penggunaan lahan yang penting ialah penggunaan sumberdaya lahan dalam tipe-tipe pemanfaatan lahan (land utilization type) pertanian untuk mendapatkan hasil-hasil pertanian dan ternak (Hardjowigeno, 1985).

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon