Sekilas Tentang Piranti Lunak Pengelola File/Data "FileMaker Pro 7" - Guntara.com

Tuesday, 21 January 2014

Sekilas Tentang Piranti Lunak Pengelola File/Data "FileMaker Pro 7"

FileMaker adalah software yang dirancang untuk memudahkan dalam menciptakan dan mengembangkan database. Software ini hanya dapat dianggap sebagai sebuah alat pengembangan lanjutan dan modifikasi. Jika database didesain untuk diri sendiri atau kelompok dan ingin membangun aplikasi database lebih kuat dan lebih fleksibel, maka FileMaker Pro Advanced adalah pilihan yang sempurna untuk digunakan.
FileMaker versi Pro 9 (amazon.com)
FileMaker adalah sebuah sistem manajemen database yang membantu mengatur penyimpanan sejumlah besar informasi bisnis. FileMaker memberi fasilitas seperti charting, pelaporan secara real time, fungsi pencarian lanjutan yang cepat, dan alat bantu penciptaan cepat dan mudah dari database untuk pribadi dan kolektif.
  
FileMaker dan banyak produk database lainnya seperti Microsoft Access, digunakan untuk membuat system database, sama seperti halnya software word processing yang digunakan untuk membuat dokumen, atau excel yang digunakan untuk membuat spreadsheets. Dengan software database yang custom developed seperti FileMaker Pro, sistem basis data bisa dibuat sesuai keinginan dan kebutuhan.
    
Idealnya sebuah system database harusnya bekerja sesuai dengan karakter operasional organisasi / perusahaan masing-masing, bukan perusahaan yang harus menyesuaikan dengan cara kerja database tersebut. Itulah kenapa diperlukan sebuah struktur database yang bisa di-customized sesuai dengan keperluan.
    
Salah satu tahap pertama dalam proses desain database adalah pembentukan tabel dan kategori atau kolom yang dikandungnya. Pada dasarnya, database perlu untuk disimpan informasi dan memungkinkan pengambilan informasi ini dengan cara yang berguna. Pada tahap awal dalam proses desain, oleh karena itu perlu untuk mengidentifikasi setiap satu bagian dari informasi yang penting. Ketika membangun database, setiap kategori ini akan menjadi tabel.
    
Tabel terbuat dari baris dan kolom, seperti lembar kerja Excel. Kolom yang dikenal sebagai bidang; baris dikenal sebagai catatan. Database sangat sederhana dapat berisi hanya satu tabel, tapi hal tersebut sangat langka. Kebanyakan database membutuhkan beberapa tabel, masing-masing berisi informasi yang berkaitan satu aspek dari sistem secara keseluruhan.
    
Versi 1 dan 2 dari FileMaker memaksa pengguna untuk menyimpan semua informasi di satu tabel. Dalam rilis versi 10, FileMaker secara otomatis menciptakan tabel pertama untuk membuat database baru. Tabel akan memiliki nama yang sama sebagai database itu sendiri dan tidak berisi bidang. Langkah pertama biasanya akan mengubah nama tabel ini dan menentukan bidang yang diinginkan itu harus berisi. Untuk mengubah nama tabel, Aktifkan tab tabel dalam Define Database dialog, klik pada nama, masukkan yang baru dan kemudian klik tombol Ubah. Untuk membuat bidang, pilih tab bidang dalam mendefinisikan database dialog, masukkan nama masing-masing bidang yang diinginkan, menentukan tipe data dari bidang (teks, jumlah, tanggal, dll) kemudian klik tombol Buat. Pastikan menyertakan kunci primer di setiap tabel yang dibuat. Ini akan digunakan untuk berhubungan tabel ke tabel lainnya untuk merancang laporan akhir. Untuk membuat bidang utama, masukkan nama, menetapkan jenis bidang nomor kemudian klik Buat. Selanjutnya klik tombol Options dan di tab Auto-Input, mengaktifkan pilihan “Nomor seri”. Akhirnya, pada tab validasi, Aktifkan opsi “Tidak kosong” dan “Nilai unik”.
    
FileMaker Pro 7 terdapat 4 (empat) mode tampilan. Adapun yang dimaksud dengan mode tampilan adalah cara tampilan yang disiapkan di dalam program FileMaker. Keempat mode tampilan tersebut meliputi :
  1. Browse
  2. Find
  3. Layout
  4. Preview
Masing-masing mode tampilan mempunyai fungsi yang berbeda, misalnya mode Browse dapat digunakan untuk:
  1. menampilkan form untuk memasukkan data (View as Form),
  2. menampilkan list data (View as List), dan
  3. menampilkan data sebagaimana disajikan dalam bentuk tabel (View as Table).
Find Mode digunakan untuk mencari data yang memenuhi persyaratan pencariaan. Pencarian ini dapat diberlakukan untuk berbagai tipe field, misalnya bisa untuk number, bisa untuk text, date dan time dengan menggunakan operasi matematik maupun logika. Layout Mode digunakan untuk merancang/mendesign tata letak Form beserta fungsi-fungsi button, value list dan relasi antar file. Selain itu juga dapat digunakan merancang format laporan yang diperlukan. Preview Mode digunakan untuk menampilkan data sesuai dengan format laporan atau tabel yang akan dicetak. Mode tampilan dapat dipilih melalui pilihan Menu > View. Jika pemilihan mode dilakukan dengan menggunakan pop-up menu di sudut kiri bawah, klik pop-up menu yang bersangkutan kemudian arahkan pointer untuk menggeser sorotan pada pilihan yang dikehendaki. Default mode pada saat membuka file yang sudah dibuat adalah Browse mode, sedangkan default mode pada saat membuat file baru adalah Layout mode.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!