Mengenal Teknologi Mobile GIS di Era Globalisasi - Guntara.com

Tuesday, 21 January 2014

Mengenal Teknologi Mobile GIS di Era Globalisasi

Mobile GIS merupakan integrasi antara tiga teknologi, yaitu perangkat lunak GIS, teknologi Global Positioning System (GPS), dan perangkat alat komunikasi genggam. Teknologi tersebut membuat basis data yang dapat diakses oleh personil di lapangan secara langsung di segala tempat dan waktu. Sistem ini dapat menambah informasi secara real-time ke basis data dan aplikasinya dalam hal kecepatan akses, tampilan, dan penentuan keputusan. Mobile GIS adalah perpaduan dari teknologi GIS, Mobile hardware dengan perangkat lunaknya, Global Positioniong System (GPS) dan komunikasi wireless untuk akses ke internet GIS.
Mobile GIS pada Samsung Galaxy Tab (digitaleg.com)
Mobile GIS menawarkan fleksibilitas yang besar, memungkinkan pengguna memperoleh hasil secara cepat sesuai dengan kebutuhan mereka. Mobile GIS menyediakan akses data dari segala tempat dan kapanpun keberadaan pengguna. Adapun beberapa komponen yang bergabung membentu mobile GIS, yaitu mobile client, jaringan tanpa kabel, dan server. Mobile client berupa perekam data posisi misalnya GPS, yang mana pergerakan mobile dengan GPS yang diperoleh dan dengan GSM dapat mengirimkan posisi geografis ke server melalui Short Message Service (SMS) atau dalam kondisi lain dimana orang yang membawa PDA yang di dalamnya sudah terinstal Palm OS atau Windows CE dengan dilengkapi GPS. PDA tersebut dapat menunjukkan peta digital beserta koordinatnya dengan mengkomunikasikan dengan server melalui jaringan tanpa kabel. Jaringan tersebut dapat melalui Global System for Mobile Communication (GSM), General Pocket Radio System (GPRS), Code Division Multiple Access (CDMA) yang mendukung transmisi digital.

Teknologi GIS (Geographic Information System) mengalami perkembangan yang sangat pesat. Di antaranya adalah Mobile GIS dimana GIS yang tadinya hanya digunakan di dalam lingkungan kantor menjadi semakin fleksibel dan mampu digunakan di luar kantor secara mobile. Mobile GIS dapat digunakan untuk menangkap, menyimpan, update, manipulasi, analisis dan menampilkan informasi geografi secara mudah. Mobile GIS mengintegrasikan salah satu atau lebih teknologi. Beberapa teknologi yang umumnya diintregasikan dalam mobile GIS adalah:
1.    Perangkat Mobile (smartphone, tablet, dst.)
2.    Global Positioning System (GPS)
3.    Wireless communication atau koneksi internet untuk mengakses Internet GIS.
Biasanya proses mengumpulan dan editing data menghabiskan banyak waktu dan sering terjadi kesalahan. Data geographic biasanya diperoleh dari lapangan melalui lembaran-lembaran peta. Proses editing dilakukan secara manual dengan cara memasukkannya ke dalam database GIS. Hasilnya data menjadi tidak up to date dan tidak akurat.

Adanya teknologi Mobile GIS memungkinkan GIS dapat langsung diimplementasikan di lapangan sebagai peta digital dan mobile computer sehingga informasi dapat di tambahkan secara real time ke database. Aplikasinya dapat mempercepat analisis, display, dan pengambilan keputusan dengan data yang up to date dan akurat.
Pemadam kebakaran, kepolisian, engineering, surveyor, tentara, pekerja sensus, biologist, dan lainnya adalah pengguna yang paling tepat bagi Mobile GIS. Mobile GIS dapat digunakan untuk hal-hal seperti berikut:
1.    Pemetaan Lapangan : Membuat, edit, dan penggunaan peta di lapangan
2.    Inventori Aset : Membuat dan maintain lokasi inventori aset dan informasi lainnya.
3.    Inspeksi : Mengelola digital record seperti logal code dan ticketing.
4.    Laporan Kecelakaan : Dokumentasi lokasi dan keadaan pada sebuah kejadian untuk mengambil tindakan atau pelaporan
5.    GIS analis dan pengambilan keputusan : Melakukan pengukuran, buffering, geoprocessing, dan analisis GIS lainnya.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!