CarryMap sebagai Salah Satu Aplikasi Mobile GIS

18:32:00
Salah satu program aplikasi atau perangkat lunak yang bisa menjembatani antara mobile GIS dengan komputer GIS adalah CarryMap. CarryMap merupakan salah satu ektensi ArcGIS yang sudah lama muncul. CarryMap dapat berfungsi untuk merepresentasikan data dari ArcGIS ke dalam format executable (*.exe) atau dengan kata lain CarryMap dapat membantu untuk melakukan presentasi secara aman karena dapat ditambahkan username dan password pada peta yang dibuat.
sumber gambar: www.caribbeangis.org
Penggunaan ekstensi CarryMap ini hanya sebatas untuk memvisualisasikan atau mempresentasikan peta yang diolah dari ArcGIS. CarryMap tidak dapat digunakan untuk mengubah data peta, seperti menambahkan jalan, membuat poligon, mengubah geometri bentuk, dll. Namun CarryMap dapat digunakan untuk sekadar menambahkan data keterangan, seperti keterangan pada suatu titik, atribut pada suatu titik, dll. Visualisasi CarryMap dapat digunakan untuk Desktop atau pocket PC (Tablet, Smartphone, dst.).

CarryMap versi terakhir sudah mencapai CarryMap Versi 3.7. Hal yang baru pada versi 3.7 ini meliputi:
1.    Mendukung penambahan domain.
2.    Skala Bar berubah, hanya angka numerik yang ditampilkan.
3.    Penambahan dukungan untuk menampilkan anotasi di iOS
4.    Penambahan dukungan untuk anotasi CAD
5.    Informasi di kotak informasi author (penerbit, company, email, dll) tidak ditampilkan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon