Cara Mengatasi Masalah "... User profile cannot be loaded." - Guntara.com

Monday, 28 October 2013

Cara Mengatasi Masalah "... User profile cannot be loaded."

Belum lama ini tepatnya hari Ahad lalu (27/10) saya mengalami masalah ketika laptop saya tidak bisa login karena user profile mengalami masalah. Ketika saya mengetikkan password user profile saya lalu menekan enter tiba-tiba muncul kalimat, "The User Profile Service service failed to the logon. User profile cannot be loaded." Praktis hal tersebut membuat saya tidak bisa masuk ke desktop Windows dengan akun profil saya. Padahal rencana hari itu ada training media sosial di DPRD Kota Yogyakarta yang harus saya ikuti tetapi saya harus merelakannya demi memperbaiki laptop saya ini. Otomatis saya tidak bisa berkutik dengan laptop saya, walaupun bisa masuk sebagai guest tapi tetap tidak bisa apa-apa karena perizinannya terbatas. Setelah saya mencari-cari solusi dengan browser handphone saya akhirnya saya temui solusinya.
Tampilan Desktop Windows pada suatu komputer
Masalah tersebut merupakan permasalahan umum yang sering ditemui oleh pengguna komputer. Penyebab dari masalah tersebut bermacam-macam, mulai dari komputer yang terjangkit virus, file-file yang korup, hingga tidak sengaja ada file penting mengenai akun profil anda yang terhapus. Jika tidak segera ditangani Anda bisa stress merasakannya karena Anda tidak bisa melakukan apa-apa dengan komputer Anda.

Berikut tutorial singkatnya:
  1. Masuk ke Windows Safe Mode dengan cara menekan F8 berkali-kali pada komputer setelah komputer booting (sebelum logo Windows muncul).
  2. Login ke desktop Anda dengan akun profil administrator, melalui Windows Safe Mode login ke desktop tidak akan terjadi masalah seperti di atas.
  3. Setelah muncul desktop, buka menu Start lalu pilih run, atau Anda bisa mengaksesnya secara cepat dengan mengetikkan Windows+R.
  4. Ketikkan 'regedit' pada jendela Run tersebut lalu pilih OK, jika diminta User Account Control maka pilih saja Yes.
  5. Pada jendela Registry Editor bukalah : HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows NT > Current Version > ProfileList.
  6. Pada panel sebelah kiri, carilah folder 'S-1-5 ....' dengan nomor panjang yang memiliki ekstensi .bak pada akhir nomor tersebut.
  7. Pastikan di dalam folder tersebut ada ProfileImagePath yang memuat akun profil Anda, bila ada langsung saja ubah nama (rename) ekstensi folder tersebut menjadi .igun atau terserah Anda.
  8. Pada panel sebelah kiri, carilah folder 'S-1-5 ....' dengan nomor panjang yang tidak memiliki ekstensi tapi nomornya sama dengan folder yang telah diganti ekstensinya tersebut.
  9. Tambahkan ekstensi pada folder yang tidak berekstensi tersebut dengan ekstensi .bak lalu pada folder yang berekstensi .igun, hapus saja ekstensi tersebut sehingga folder menjadi tidak berekstensi.
  10. Tutup jendela Registry Editor lalu restart komputer.
  11. Masuk pada Windows normal (bukan safe mode), Insyaallah Anda bisa login dengan profil Anda seperti biasanya.
Semoga tutorial ini bisa membantu Anda yang tidak bisa login dengan profil Anda dan mengatasi masalah "The User Profile Service service failed to the logon. User profile cannot be loaded." pada Windows. Apabila ada kurangnya saya mohon maaf dan apabila ada pertanyakan janganlah segan untuk berkomentar atau bertanya. Semoga bermanfaat dan bagikanlah artikel ini bila Anda berkenan. Terima kasih ^_^

18 comments:

  1. Alhamdulillah, trimakasih tutornya.

    ReplyDelete
  2. alhamdulilah trimakasih bnyak gan bwt tutor'a, ini sangat membantu sekai.. :)

    ReplyDelete
  3. Duh
    Mkasi bgt bwt tutor'a
    Bru prtma kli cba mmprbaiki sakit ny lptop
    Trnyta bisa jugaa

    ReplyDelete
  4. Makasih banget ya gan,,,, sangat membantu

    ReplyDelete
  5. Saya mau tanya pak.kok stelah sya ikuti petunjuknya malah tdk bisa masuk login admin dan.safe mode mohon ptunjuknya

    ReplyDelete
  6. thanks bnget gan.. it's work

    ReplyDelete
  7. Waduh td udh panik ne
    gan ilham thx bgt suer
    Hampir aj galau tingkat kostn :) hehe
    Akhirnya bisa ngrjain tgs

    ReplyDelete
  8. File yang pnjang cman ada 1 yg ada .bak doank gmn nih

    ReplyDelete
  9. Terimakasih , membantu sekali

    ReplyDelete
  10. Pagi mas sy sudah bs logon lagi, tetapi data2 yg di desktop sebelumnya dan di folder download ga ada mas, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  11. Makasih banget tadi gua ketakutan skali

    ReplyDelete
  12. ko udah ditekan F8 berkali2 ttp ga bisa yaa??

    ReplyDelete
  13. It's work!! Thank you so much for this tutorial.. I'm so worried if I need to format my laptop again!! Thanks again!!!😊

    ReplyDelete
  14. terima kasih mas bro, nice share

    ReplyDelete

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!