Tips Menentukan Program Studi dalam SNMPTN Undangan 2013 - Guntara.com

Wednesday, 13 February 2013

Tips Menentukan Program Studi dalam SNMPTN Undangan 2013

Hasil penelitian DIKTI, ada 37% anak SMA berprestasi tidak diterima di PTN dikarenakan tidak sesuai dengan pilihan program studinya. Hasil penelitian lain, umumnya anak SMA yang baru lulus sangat terobsesi pada cita-cita dan prodi yang hebat-hebat, tanpa mengukur kemampuannya. Dengan kata lain seringkali tidak rasional. Oleh karena itu Beberapa tips yang perlu saudara pertimbangkan (khususnya jalur undangan):
Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada
1. Perhatikan prestasi saudara selama sekolah, baik dalam ukuran nilai maupun ranking.

2. Perhatikan posisi dan kualitas sekolah. Hal ini bisa dilihat dari tinggi rendahnya rata-rata nilai UN selama ini dan banyak sedikitnya alumni yang diterima di PTN, khususnya pada PTN yang akan saudara ambil. Hal ini digunakan untuk membobbot nilai antar sekolah yang sangat bervariatif di Indonesia. Makin banyak alumni SMA-mu di PTN tersebut, maka peluangmu semakin besar. Demikian pula sebaliknya, mohon lebih cermat. Ingat, anda akan bertarung dengan sekolah se Indonesia.

3. Jalur Undangan mempertimbangkan prestasi sekolah dan hasil UAN. Jadi bagi adik-adik yang prestasi sekolahnya kurang menggembirakan, kejarlah nilai UAN sebaik mungkin.

4. Perhatikan pilihan prodi. Prodi-prodi favorit biasanya akan dipilih oleh teman-teman anda yang rangkingnya bagus (misalnya 5 besar), demikian pula seterusnya.

5. Perhatikan pilihan pertama dengan cermat, karena umumnya PTN lebih suka memilih calon mahasiswa yang memilih prodi di pilihan pertama dibanding kedua dengan alasan seringkali yang memilih dipilihan kedua tidak serius dan bahkan seringkali keluar. Hal ini tidak berlaku untuk jalur tulis.
 
6. Cermati PTN yang akan dipilih, apakah PTN ini tingkat lokal (provinsi) atau Nasional (diperebutkan se Indonesia). klo PTN nya kelas nasional, harus lebih berhati-hati dalam mempertimbangkannya
 
7. Tahun 2013 ini pemerintah (DIKTI) sangat perpihak pada anak-anak SMA. Tidak ada lagi sumbangan awal yang memberatkan dan semua anak SMA diberikan kesempatan untuk daftar SNMPTN Undangan dan Gratis.
 
8. Janganlah biaya menjadi penghalang terlebih dahulu. Yang penting diterima dulu, karena pemerintah dan PTN banyak beasiswa. Anda juga dapat memanfaatkan beasiswa bidikmisi.
 
9. Awali dengan bismillah, jika bingung terhadap pilihan prodi berdoalah dan memohon petunjuk Allah. Karena Allah lebih tahu yang terbaik untuk kita. Berusaha, prihatin dan berdoa akan menjadi kekuatan dahsyat.

Selamat berjuang dan semoga sukses.

sumber : Luthfi Muta'ali (Dosen FGE UGM)

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!