Pengertian dan Klasifikasi Radiasi Matahari

23:19:00
http://www.cuacajateng.com/images/radiasibumi.jpg
Radiasi Matahari ke Bumi (cuacajateng.com)
Radiasi Matahari ialah pancaran energi yang berasal dari proses thermonuklir yang terjadi di Matahari. Energi radiasi Matahari berbentuk sinar dan gelombang elektromagnetik. Spektrum radiasi Matahari sendiri terdiri dari dua yaitu, sinar bergelombang pendek dan sinar bergelombang panjang. Sinar yang termasuk gelombang pendek adalah sinar X, sinar gamma, dan sinar ultraviolet. Sedangkan sinar gelombang panjang adalah sinar inframerah. Jumlah total radiasi yang diterima di permukaan bumi tergantung empat faktor, yaitu :

1.    Jarak Matahari
Setiap perubahan jarak bumi dan Matahari menimbulkan variasi terhadap penerimaan energi Matahari.

2.    Intensitas radiasi Matahari
Intensitas radiasi matahari ialah besar kecilnya sudut datang sinar Matahari pada permukaan bumi. Jumlah yang diterima berbanding lurus dengan sudut besarnya sudut datang. Sinar dengan sudut datang yang miring kurang memberikan energi pada permukaan bumi disebabkan karena energinya tersebar pada permukaan yang luas dan juga karena sinar tersebut harus menempuh lapisan atmosphir yang lebih jauh ketimbang jika sinar dengan sudut datang yang tegak lurus.

3.    Panjang Hari (sun duration)
Panjang hari atau sun duration ialah jarak dan lamanya antara Matahari terbit dan Matahari terbenam.

4.    Pengaruh Atmosfer
Sinar yang melalui atmosfer sebagian akan diadsorbsi oleh gas-gas, debu dan uap air, dipantulkan kembali, dipancarkan dan sisanya diteruskan ke permukaan bumi. Selain itu, radiasi matahari bisa menangkal black hole yang menurut para ilmuwan bisa memerangkap cahaya.

Sedangkan berdasarkan asal atau sumbernya, radiasi dapat dibedakan ke dalam tiga klasifikasi, yaitu :

1.    Radiasi Solar
Radiasi solar adalah Radiasi yang dikeluarkan oleh Matahari. Kira-kira 99.9 persen dari radiasi ini berupa energi elektromagnetik dengan panjang gelombang antara 0,15 s/d 4,0 microns dengan persentasi tertinggi pada intensitas 0,4 s/d 0,7 microns berupa cahaya. Selebihnya berupa energi elektromagnetik Inframerah dan ultraviolet (UV). Radiasi Solar yang menembus lapisan terendah atmosfer dapat juga dibedakan dalam beberapa kelas, yaitu :

a.    Radiasi Solar Langsung yaitu Radiasi Solar yang datang dari sudut bulat cakram matahari.

b.    Radiasi Solar Global yaitu Radiasi Solar yang diterima oleh permukaan horizontal berupa radiasi solar langsung dan radiasi yang dihamburkan ke arah bawah sewaktu melewati lapisan atmosfer.

c.    Sky Radiasi yaitu Radiasi Solar yang dihamburkan ke arah bawah oleh lapisan atmosferr (bagian kedua dari radiasi global).

d.    Radiasi Solar Yang Dipantulkan yaitu Radiasi Solar yang dipantulkan ke arah atas oleh permukaan bumi dan dihamburkan oleh lapisan atmosfer antara permukaan bumi dan titik pengamatan.

2.    Radiasi Terrestrial
Radiasi terrestrial adalah radiasi yang dikeluarkan oleh planet bumi termasuk atmosfernya, sehingga radiasi terrestrial dapat dibedakan dalam dua kategori, yaitu :

a.    Radiasi Permukaan Terrestrial adalah radiasi yang dikeluarkan oleh permukaan bumi.

b.    Radiasi Atmosfer adalah radiasi yang dikeluarkan oleh atmosphir.

3.    Radiasi Total
Radiasi total adalah Jumlah Radiasi Solar dan Terrestrial. Biasanya dibedakan dalam dua pengertian sesuai kebutuhan, yaitu : radiasi gelombang pendek < 4 μm dan radiasi gelombang panjang > 4 μm.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon