THE RAID : Redemption, Film Asli Indonesia Berkelas Hollywood Ini akan Rilis 23 Maret 2012 di Bioskop Indonesia & Amerika [HOT]

19:13:00

Kalian pasti pernah sekali, dua kali, atau malah sering mendengar  film berjudul “The Raid” atau Serbuan Maut (Versi Indonesia-nya).  Jika Anda pernah melihat trailer dari film ini, Anda pasti akan tercengang melihat aksi-aksi yang begitu menakjubkan dan agresif dari film ini. Lalu di benak Anda akan terpikirkan bahwa film ini adalah film buatan luar negeri. Namun, itu salah! Ini adalah film asli buatan Indonesia.

Oh ya, Anda pasti sudah mengenal film Indonesia tahun 2009 yang berjudul “Merantau”. Film Merantau dikemas begitu menarik dengan aksi-aksi silat khas Indonesia yang sangat berkelas, dan film “The Raid” adalah produksi kedua dari PT Merantau Film. Di film ini, kita akan disuguhkan perpaduan menarik antara aksi-aksi silat Indonesia dengan aksi-aksi militer yang agresif, dan lagi film ini akan dibintangi oleh aktor pesilat Indonesia, Iko Uwais (pemeran utama Merantau) sebagai pemeran utama dan Yayan Ruhian sebagai pemeran antagonis.

Film ini menceritakan sekelompok tim SWAT yang tiba di sebuah blok apartemen kumuh dengan misi menangkap pemiliknya – seorang raja bandar narkotik bernama Tama. Blok ini tidak pernah digerebek atau pun tersentuh oleh Polisi sebelumnya. Sebagai tempat yang tidak dijangkau oleh pihak berwajib, gedung tersebut menjadi tempat berlindung para pembunuh, anggota geng, pemerkosa, dan pencuri yang mencari tempat tinggal aman. Mulai bertindak di pagi buta, kelompok SWAT diam-diam merambah ke dalam gedung dan mengendalikan setiap lantai yang mereka naiki dengan mantap. Tetapi ketika mereka terlihat oleh pengintai, penyerangan mereka terbongkar. Dari penthouse suite-nya, Tama memerintahkan untuk mengunci gedung apartemen dengan memadamkan lampu dan menutup semua jalan keluar. Terjebak di lantai 6 tanpa komunikasi dan diserang oleh penghuni apartemen yang diperintahkan oleh Tama, tim SWAT harus berjuang melewati setiap lantai dan setiap ruangan untuk menyelesaikan misi mereka dan bertahan hidup.

Film ini mulai menjadi perbincangan dunia sejak terpilih menjadi The Best Film dalam festival film di Toronto, Kanada, September 2011. Setelah itu, banyak pihak asing langsung merespon positif. Terlebih ketika pihak Hollywood ingin membuat ulang film ini, di mana akan dilibatkan komposer musik terkenal seperti Mike Shinoda (Linkin Park) sebagai juru musiknya. Walaupun disutradai oleh sutradara asing, Gareth Evans asal Wales. Namun, sang sutrada tetap menyebut bahwa ini film asli Indonesia.

Film ini sepenuhnya asli Indonesia. Semua pemeran dan staf dari film ini asli orang Indonesia kecuali sang sutradara, Gareth Evans asal Wales dan asisten produsernya. The Raid rencana akan menjadi trilogi film, di mana "Redemption" menjadi sekuel pertama, untuk sekuel kedua akan diproduksi 2013, dan untuk sekuel ketiga baru dalam konsep. Untuk "The Raid : Redemption" ini menghabiskan dana sekitar USD 1 juta (8,5 miliar rupiah) dan dirasa masih sangat kurang. Selanjutnya untuk sekuel kedua berjudul "Berandal" akan menghabiskan dana sekitar USD 3 juta (25,5 miliar rupiah) karena konsepnya akan lebih luas.

Berikut prestasi dari film The Raid :

1.    The Raid terpilih sebagai The Best Film - Dublin Film Critics 2012 & Audience Awards 2012 di Dublin International Film Festival, Film Terbaik 2011 versi Majalah Tempo Desember 2011 dan salah satu dari 20 film yang paling dinantikan di tahun 2012 versi majalah Time (Januari 2012).
2.    Setelah tayang di penutupan INAFFF, The Raid akan screening terbatas di Jogja-Netpac Asian Film Festival pada 16 Desember 2011 pk.16.00 dan pk.19.00 di Empire XXI Yogyakarta dan Sundance Film Festival, bulan Januari 2012 dgn musik scoring Mike Shinoda (Linkin Park) & Joe Trapanese (Fast Five, Tron Legacy).
3.    Jadwal tayang regular The Raid untuk Indonesia di bulan Januari 2012 ditunda hingga 23 Maret (confirmed) berbarengan dgn rilis worldwide dia Amerika Utara
4.    The Raid akan diremake/dibuat ulang oleh Screen Gems (Resident Evil: Apocalypse, Underworld: Evolution, Underworld: Rise of The Lycans, Quarantine, Dear John & Priest) dengan Gareth Evans sebagai Eksekutif Produser
5.    The Raid tayang terbatas sebagai Closing Movie di INAFFF (Indonesia International Fantastic Film Festival) Minggu 20 November 2011 di Blitz Megaplex Grand Indonesia!
6.    Belum juga The Raid tayang di Indonesia, filmnya sedang dalam tahap negosiasi untuk dibuat ulang (remake) ke versi Hollywood oleh perusahaan film Screen Gems yang telah memproduksi banyak film. Diantaranya Priest, Burlesque, Hostel Part II, Resident Evil: Apocalypse & Underworld: Evolution.
7.    Setelah sukses di Toronto, The Raid diputar sekaligus mengikuti seleksi di kategori Panorama Official Fantastic Section - Caza Asia di Sitgest International Film Festival ke 44 yang berlangsung di Spanyol tgl.6-16 Oktober 2011. Bersaing dgn 8 film dari negara lainnya. Juga di kategori Midnight Passion di Busan International Film Festival - Korea yang berlangsung dari tgl.6-14 Oktober 2011 dan bersaing dengan 14 film dari berbagai negara lainnya. Dan Hong Kong Asian Film Festival yang berlangsung 18 Oktober - 18 November
2011 di kategori Midnite Craze. Selain itu juga diputar di Doha Tribeca Film Festival 25-29 Oktober 2011 & Torino Film Festival di Italia 28-30 November 2011 & 1 Desember 2011.
8.    The Raid memenangkan penghargaan 'Cadillac People's Choice Award' di ajang Midnight Madness Toronto International Film Festival yang berlangsung dari tgl.8-18 September 2011.
9.    Menurut produser Ario Sagantoro, semula judul yang akan dipakai untuk peredaran di Indonesia adalah Serbuan Maut. Namun setelah dipertimbangkan akhirnya tetap memakai judul THE RAID, seperti rilis internasional nya.
10.    Dan untuk versi internasional yang akan beredar worldwide 23 Maret 2012 berjudul The Raid: Redemption, music scoring ditangani Mike Shinoda (Linkin Park) & Joe Trapanase (composer Fast Five, Tron Legacy & Dexter Series)!

Sudahlah, saya tidak punya kata-kata lagi untuk meresensi film ini karena film ini sungguh keren untuk film buatan Indonesia. Film ini sudah dinanti-nantikan masyarakat dunia. Film ini akan rilis resmi besok Jumat, 23 Maret 2012 di seluruh bioskop Indonesia dan bioskop di Amerika (wow). Nantikan dan saksikanlah! Anda tak akan merasa rugi!

Berikut berbagai trailer dari The Raid :



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon