LOCKHEAD STRATOLINER: Teknologi Pesawat Super Canggih yang Akan Terbang Non-Stop - Guntara.com

Thursday, 17 November 2011

LOCKHEAD STRATOLINER: Teknologi Pesawat Super Canggih yang Akan Terbang Non-Stop

 http://ngocol.us/imported/2011/10/125215_stratoliner2-1.jpg
Ilmuwan-ilmuwan pintar dari Lockhead mendapat ilham dari seekor burung Godwit untuk proyek teknologi pesawat super canggihnya. Burung yang memiliki ekor batang itu ialah pemegang rekor dunia, dalam katagori hewan yang terbang tanpa henti (non-stop) terlama. Bahkan, spesies burung asal Australia ini dapat dan mampu terbang dari Australia-Alaska non-stop, tanpa berhenti makan, dan menempuh jarak yang sangat menakjubkan, yaitu sekitar 7.256 mil atau sekitar 11.677 kilometer.

Itulah yang kemudian mengilhami ilmuwan-ilmuwan perusahaan pembuatan pesawat asal Amerika Serikat tersebut. Mereka akan membuat desain pesawat masa depan yang super canggih. Layaknya burung Godwit, pesawat itu akan mampu terbang tanpa henti, dengan bahan bakar yang ramah lingkungan, dan kemudian dinamakan “Lockhead Stratoliner”.

Desainer perusahan Lockhead, William Black kagum dan takjub akan kemampuan burung itu. Ia mengambil model sayap burung Godwit sebagai inspirasi untuk pembuatan pesawat ini. Pesawat ‘tanpa emisi’ itulah konsep pembuatan Lockhead Stratoliner. Pesawat ini akan menggunakan sayap seperti burung Godwit , yang berfungsi untuk meningkatkan daya angkat pesawat.

Rencananya simpel, membuat sebuah jet yang dapat terbang ke mana saja di Bumi ini, tanpa memancarkan polusi atau sisa emisi sedikit pun. Bahan bakarnya menggunakan hidrogen. Jalan masih panjang untuk mewujudkan pesawat ini. Selama ini, bahan bakar hidrogen masih diujicoba pada pesawat-pesawat kecil.

Black dalam ilustrasinya menggambarkan bahwa pesawat ini menggunakan daya angkat aerodinamis ekstrem untuk mencapai ketinggian di mana tekanan udara berkurang. Sehingga pesawat ini bisa melayang ke mana saja di muka bumi ini layaknya seekor burung.

Black sendiri menambahkan pada laman web pribadinya, di Yanko Design, ia mengatakan, "sayap berukuran besar menghasilkan energi pengangkatan dalam jumlah besar dan memungkinkan pesawat terbang di ketinggian." Jet ini menggunakan empat mesin Cryogenic Hydrogen Turbofan yang tidak mengakibatkan emisi dan bisa menyimpan bahan bakar. Semoga mimpi pembuatan pesawat super canggih ini dapat segera terwujudkan dan dapat berguna bagi semua umat manusia. Amin. /igun.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!