Tips Mencegah dan Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)

20:59:00
Anda sulit tidur di malam hari? Anda sering begadang. Ingat begadang menimbulkan banyak risiko terjadinya penyakit, termasuk meningkatkan risiko kanker hati. Bila malam hari susah tidur akibatnya pada keesokan harinya akan lemas dan kurang begar. Jika ini terjadi terus-menerus tentunya ini sangat tidak baik bagi kondisi kesehatan Anda. Sama saja ini dengan bunuh diri dalam jangka panjang, ketika tua nanti Anda baru akan menyadari akibatnya.

Sebenarnya Anda tidak sendirian bila tidak bisa tidur ketika malam hari. Diperkirakan 30 juta penduduk Amerika diresahkan olah insomnia. Mereka mengalami kesulitan tidur di malam hari, terjaga di tengah malam atau bangun terlalu awal dan tidak bisa tidur lagi. Dan bila mereka tidak bisa tidur, insomnia (pengindap gangguan tidur) mengkhawatirkan apakah mereka bisa tidur atau tidak. Semalam atau dua malam tidak bisa tidur bukanlah masalah. Tapi jika insomnia mengganngu Anda sampai tiga minggu atau lebih, maka ini dapat menjadi masalah medis yang serius.

Tidak sedikit kiat-kiat lama yang masih digunakan untuk mengurangi insomnia, dan cara-cara itu masih dapat bekerja dengan baik. Bila lain kali Anda menemukan diri Anda tidak bisa tidur, cobalah cara-cara yang sudah terbukti ampuh berikut ini (cara mencegah dan mengatasi insomnia (susah tidur), solusi mencegah dan mengatasi insomnia (susah tidur)) :

1. Hindari kafein dalam segala bentuk setelah makan siang (kopi, teh, coklat, cola, dan beberapa minuman ringan  lainnya yang mengandung stimulan ini, begitu pula obat-obatan yang dijual bebas atau harus ditebus dengan resep dokter, periksalah label komposisinya). Ini adalah hal terakhir yang dibutuhkan olah imsomniak sukar tidur.

2. Jangan tidur siang, betapapun ngantuknya Anda. (tidur siang mengurangi kualitas tidur malam). Sebaiknya siang hari digunakan untuk berbagai kegiatan bermanfaat. Banyak aktivitas yang bisa dilakukanpada siang hari, misalnya membaca koran, membaca guru, bermain bersama teman, dst. Bagi kalangan pelajar, gunakanlah waktu ini untuk belajar, mengerjakan tugas, atau melakukan kegiatan organisasi yang sangat berguna untuk melatih kemandirian.

3. Mandilah yang lama dan senyaman mungkin dengan air hangat  sebelum berangkat tidur. (cara ini dapat menurunkan ketegangan otot-otot tubuh, sehingga Anda dapat rilek betul sebelum tidur).

4. Coba membaca bacaan yang ringan. Membaca buku-buku yang ringan juga dapat anda lakukan untuk mempercepat kantuk karena membaca bisa membuat mata lelah dan bila lelah, kantuk akan cepat datang. atau lakukan sesuatu secara berulang-ulang aktivitas Anda yang membosankan, seperti menjahit. Cobalah untuk tidak menonton televisi atau mendengarkan radio atau musik. Gangguan seperti ini akan meminta perhatian Anda dan menyebabkan terus terjaga.

5. Aturlah  ruang tidur senyaman mungkin. Ciptakan suasana yang tenang dan gelap. Gunakanlah bantal atau selimut yang bersih dan segar dan jaga suhu ruangan senyaman mungkin (jangan terlalu panas atau dingin). Kebersihan dan kerapian kamar juga harus dijaga, supaya kesan nyaman dan asri timbul ketika kita di kamar. Lalu hal inilah yang menyebabkan kita nyaman untuk tidur.

6. Hilangkan semua kecemasan ketika tidur, jangan biarkan diri Anda memikirkan kesalahan yang telah Anda perbuat tadi siang. Sekarang Anda sedang tidak bekerja. Maksudnya adalah mengkaitkan dipan atau kasur dengan tidur. Jangan pikirkan kekhawatiran dan tutup pintu kamar tidur. Memikirkan kekhawatiran seringkali menjadi beban dan membuat tidur sulit karena itu singkirkan kekhawatiran dari pikiran anda dan yakinlah pintu kamar tidur tertutup agar tidak ada gangguan selama tidur. Jika ingin merenung dan introspeksi diri sebaiknya dilakukan pada tengah malam hari dan sebelumnya tidur terlebih dahulu.

7. Menghitung secara perlahan serupa dengan aktivitas hipnotis. Dengan membayangkan citra monoton yang terus menerus, mungkin akan membuat Anda bosan dan akhirnya dapat tidur.

8. Minum segelas susu atau secangkir teh hebral hangat. Jangan khawatir minum segelas susu hangat sebelum tidur akan membuat tubuh anda gemuk. Susu mengandung kalsium dan l-tryptophan yang membantu tubuh mempersiapkan untuk tidur.

9. Lakukan olahraga relaksasi. Jika anda sulit tidur pada malam hari, kenapa tidak untuk melakukan olahraga relaksasi seperti latihan pernapasan, mendengarkan lagu-lagu lembut atau membiarkan pikiran anda menerawang untuk mempercepat rasa kantuk datang.

10. Yakinlah satu jam sebelum tidur senyaman mungkin. Sebelum tidur pastikan satu jam sebelum anda beranjak peraduan untuk menghentikan kegiatan seperti menonton film seram atau kegiatan lain yang dapat mengganggu.

11. Biarkan diri sendiri untuk tidur. Rasa kantuk tidak bisa dipaksakan untuk secapatnya datang, biarkan tubuh yang merasakan, Jangan memaksa atau mengontrol tidur karena anda tidak bisa mengontrolnya.

12. Bangun setelah 30 menit atau lebih dan lakukan sesuatu yang anda sukai atau perlu dikerjakan. Jika anda tidak bisa tidur, daripada melakukan sesuatu yang tidak berguna, jadilah produktif dengan mengerjakan sesuatu yang perlu anda selesaikan.

13. Olahraga yang teratur. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang dengan berbagai vitamin seperti, vit B, B6, B12, B kompleks, vit C, mineral, protein, kalsium, fosfor maupun zat besi.

Bila tips-tips di atas masih belum manjur. Gunakanlah cara mendekatkan diri kepada Allah. Bacalah Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas. Dilanjutkan membaca ayat kursi, kemudian berdzikir sucukupnya, berdoa doa sebelum tidur, membaca surat-surat pendek, dan berdoalah secara khusyuk kepada Allah. Sekalian bisa berdoa apa saja yang Anda inginkan. Semoga sukses dan dapat teratasi. Amin

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon