Kompetisi Liga Utama Indonesia akan Diikuti 24 Tim, Laga Perdana Dijadwalkan 9 Oktober 2011 - Guntara.com

Friday, 23 September 2011

Kompetisi Liga Utama Indonesia akan Diikuti 24 Tim, Laga Perdana Dijadwalkan 9 Oktober 2011


PSSI Indonesia

Setelah sempat ada wacana format kompetisi liga utama terdiri dari 32 tim dan dibagi dua wilayah yang selanjutnya disebut PRO-1. Kini keputusan final PSSI menyatakan bahwa kompetisi liga utama Indonesia 2011/2012 akan diikuti 24 tim (14 tim ISL, 4 tim promosi, dan 6 tim tambahan (termasuk dari LPI)) dalam satu wilayah yang kemudian tetap bernama Indonesia Super League (ISL).

"Format kompetisi tetap satu wilayah sesuai amanat Kongres PSSI di Bali. Namun sesuai pasal 37, Komite Eksekutif berhak menentukan jumlah klub peserta, yang maksimalnya 24 klub," kata Djohar Arifin Husein, Ketua Umum PSSI.

"24 klub yang turun di kompetisi tertinggi itu adalah 14 klub Indonesia Super League (ISL), empat klub promosi serta enam klub baru berdasarkan penunjukan dan penyaringan oleh PSSI," tegas Djohar.

Klub peserta kompetisi yang berasal dari ISL musim lalu yang berpeluang ikut serta di kompetisi tertinggi Tanah Air yakni Persipura, Arema, Persija, Semen Padang, Persib, Persisam, Persiba, Persela, Sriwijaya FC, Persiwa, Deltras, PSPS, Pelita Jaya dan Persijap.

Sedangkan empat klub promosi dari Divisi Utama adalah juara Divisi Utama Persiba Bantul, Persiraja Banda Aceh, Mitra Kukar dan pemenangan play off, yakni Persidafon Dafonsoro.

Untuk enam klub baru yang ditunjuk oleh PSSI guna melengkapi 24 klub adalah Persema Malang, Persibo Bojonegoro, PSM Makassar, PSMS Medan, Bontang FC, dan Persebaya Surabaya.

"Tetapi semuanya harus mampu lolos verifikasi yang berakhir pada 26 September, terutama terkait dengan pendanaan dan fasilitas infrastruktur terutama stadion," papar Djohar.

Djohar menjelaskan, pertimbangan dimasukkannya enam klub baru itu diantaranya adalah untuk eks Liga Primer Indonesia (LPI) (Persema, Persibo dan PSM) telah diputihkan dari sanksi yang diterima.

Untuk pemilihan klub PSMS Medan dan Persebaya Surabaya, kata Djohar, didasarkan pada banyaknya pendukung dan sejarah serta keinginan dari sponsor. Sedangkan Bontang FC dipilih karena terbaik dari klub yang didegradasi.

"Data ini belum final. Jika ada yang tidak lolos verifikasi maka jumlah klub akan berkurang seiring dengan hasil verifikasi," kata Djohar.
Indonesia Super League (ISL)

Untuk laga perdana ISL sudah ditentukan oleh PSSI. Partai pembuka kompetisi Liga Super Indonesia 2010/2011 akan mempertemukan Juara ISL 2011/2012 Persipura Jayapura melawan Juara Divisi Utama 2010/2011 Persiba Bantul (yang baru saja promosi ke ISL) yang rencananya akan diselenggarakan di Stadiun Gelora Bung Karno, Minggu (9/10).

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!