Waspadai Aplikasi Facebook: Who Viewed My Profile? - Guntara.com

Tuesday 26 April 2011

Waspadai Aplikasi Facebook: Who Viewed My Profile?

Berita baru lagi mengenai situs jejaring sosial Facebook. Perusahaan keamanan bidang Internet, Sophos telah memberikan peringatan berkaitan dengan scam Facebook  yang kini sedang marak. Scam tersebut datang dari sebuah pesan di wall Anda dari teman Anda yang bertuliskan “OMG OMG OMG… I cant believe this actually works! Now you really can see who viewed your profile!”


Kemudian akan muncul link ke sebuah aplikasi dan setelah menyetujui aplikasi tersebut dapat mengakses data Facebook Anda, bukan malah Anda akan mengetahui siapa saja yang dapat melihat profil Anda, namun Anda hanya akan membuka profil Anda dan semua data pribadi Anda ke scammer atau penyusup di balik aplikasi berbahaya tersebut. Anda juga akan mengirimi secara otomatis pesan spam tersebut ke wall teman Anda.

“Penipuan seperti ini digunakan untuk mendapatkan komisi untuk berbuat kerusakan di belakang user yang tidak memiliki keraguan tentang penggunaan profil Facebook user untuk menyebarkan link spamnya. Selalu berpikir dulu sebelum Anda menambah aplikasi tidak dikenal di Facebook, karena aplikasi ini dapat menyebar cepat.” ungkap Graham Cluley, senior technology consultant di Sophos.

Facebook telah mengetahui aplikasi ini dan akan ditutup segera. Bagi Anda yang terkena scam ini, maka sebaiknya segera mencabut akses aplikasi tersebut di privacy setting Facebook Anda.

sumber: beritanet.com

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara.com" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!