Catatan Manis Bangsa Indonesia 2010: Seri Akademik Internasional

19:32:00
http://www.indonesiaberprestasi.web.id/wp-content/uploads/2010/12/kilas-balik-2010.jpg 

Tahun 2010 telah berakhir dan kini sudah tahun 2011. Macam hal terjadi di negeri ini, dari mulai bencana alam, korupsi semakin merajalela, kekerasan, dan berbagai politisasi. Namun bukan hal semacam itulah yang akan kita bahas. Melainkan catatan manis bangsa ini pada tahun 2010 lalu. Kali ini yang akan saya tampilkan adalah berbagai prestasi anak Indonesia dalam tahun 2010. Tentunya yang berskala Internasional dan dilengkapi juga dengan sumbernya.

Enjoy read this!
  1. Irwandi Jaswir namanya. Putra Indonesia ini mendapatkan penghargaan sebagai peneliti terbaik di universitas internasional IIUM (International Islamic University Malaysia) bulan Maret 2010 silam
  2. Remaja Indonesia, Ibrahim Handoko (15), mencuri perhatian media-media di Jerman. Mengapa? Karena ia berhasil memformulasikan persamaan untuk menyelesaikan perhitungan angka piramida dengan jumlah tidak terbatas. Berkat penemuannya ini, Ibrahim menjadi salah satu nominasi peneliti remaja terbaik tahun 2010 di Jerman! 
  3. Kepala Departemen Anestesiologi dan Intensive Care FKUI/RSCM Dr Susilo Chandra, SpAn, mendapatkan penghargaan dari “The Royal College of Anaesthetist (RCOA)” yang berbasis di London. Penghargaan RCOA bulan Maret 2010 lalu diberikan kepada Dr Susilo Chandra, karena ia dinilai memiliki kontribusi yang signifikan dalam dunia kedokteran Indonesia dan internasional 
  4. Tim robot Universitas Komputer Indonesia (Unikom) kembali memenangkan medali emas dalam ajang Robogames 2010, San Mateo County Event Center, San Fransisco, Amerika Serikat. Dalam kategori open fire fighting autonomus robot, robot dari Unikom berhasil mencari sumber api yang ditetapkan secara acak dan memadamkan secara otomatis dalam waktu tercepat dan mempertahankan mendali emas yang diperoleh pada tahun kemarin!
  5. Anak Agung Julius, asisten profesor bidang elektro, komputer dan sistem rancang bangun di Rensselaer Polytechnic Institute, AS, memenangi Faculty Early Career Development Award (CAREER) dari National Science Foundation (NSF). CAREER Award diberikan kepada staf pengajar pada awal karir akademik mereka dan merupakan salah satu penghargaan paling kompetitif NSF. Penghargaan ini menekanan pada penelitian berkualitas tinggi.
  6. Tim pelajar Indonesia yang kesemuanya adalah para siswa putri sekolah menengah atas (SMA) meraih medali perak dan perunggu pada ajang International Sustainable Energy Engineering and Environment Project Olympiad (I-SWEEEP) 2010 pada 14-19 April 2010 di Houston Texas, Amerika Serikat. I-SWEEEP merupakan olimpiade proyek penelitian tingkat internasional yang melombakan tiga bidang yaitu energi, rekayasa teknologi, dan lingkungan untuk tingkat SMP dan SMA. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Cosmoz Foundation ini diikuti oleh 70 negara dan 40 negara bagian dari Amerika Serikat. 
  7. Siswa SMAN 5 Kota Madiun, Nina Milasari dan Christina Kartika Bintang Dewi, yang mengikuti olimpiade internasional tingkat pelajar usia 13-18 tahun, International Environmental Project Olympiad (Inepo) 2010 di Kota Istanbul, Turki, 19-22 Mei kemarin, berhasil meraih emas. Inepo 2010 ini diikuti 106 finalis dari 45 negara.
  8. Riska Mirzalina menjadi juara Essay Competition 2010 World Bank dalam topic Youth Unemployment yang berjudul Creative Business: The Art of Seeking Opportunity in Crisis. Kompetisi tersebut diikuti oleh lebih dari 150 negara dengan total 2009 karya essay yang masuk.
  9. Berawal dari keprihatinannya atas keterbatasan persenjataan TNI, mengantarkan Miftah Yama Fauzan (16) siswa SMAN 1 Sidoarjo menggondol medali emas dalam International Conference of Young Scientist (ICYS) 2010 di Bali beberapa waktu lalu. Proyeknya berjudul Development of Smart Electric Gun With Adaptive Bullet Speed mecoba untuk menciptakan senjata dengan operasional murah tapi efektif.
  10. Dr Khoirul Anwar wakil ketua Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) meraih penghargaan best paper kategori Young Scientist pada IEEE VTC 2010-Spring, Taiwan. Paper assistant professor di Japan Advanced Institute of Science and Technolgy (JAIST) yang berjudul “Chained turbo equalization for single carrier block transmission without guard interval” pun telah di patenkannya di Jepang.
  11. Mohammad Shohibul Maromi, siswa SMA Negeri 1 Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, berhasil meraih emas dalam ajang International Physic Olympiad (IPhO) atau Olimpiade Fisika tingkat dunia ke-41 yang diselenggarakan di Zegreb, Kroasia, 17-25 Juli 2010. Selain Shohibul Maromi, dalam olimpiade Fisika Internasional itu, Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) menerjunkan lima perserta yang direkrut dari seluruh SMA di Indonesia. Empat orang diantaranya berhasil meraih medali emas dan seorang lainnya menyabet medali perak.
  12. Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) berhasil meraih dua medali perak dan satu perunggu di ajang International Olympiad in Informatics (Olimpiade Informatika Internasional) ke-22 yang berlangsung 14-21 Agustus 2010 di Waterloo, Kanada. Tim tersebut beranggotakan Alham Fikri Aji (SMA Negeri 1, Depok), Ashar Fuadi (SMA Negeri 1, Bogor), Christianto Handojo (SMA Kanisius, Jakarta), dan Harta Wijaya (SMA St. Thomas, Medan).
  13. Navhat Nuraniyah, mahasiswi International Class-jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil keluar sebagai juara kedua paper terbaik dalam Asean Korea Frontier Forum yang belangsung sejak 5 sampai 13 Agustus yang lalu di Seoul, Korea Selatan yang diikuti oleh tim dari seluruh negara Asean dan Korea Selatan.
  14. Tim Olimpiade Indonesia meraih tempat ketiga dalam perolehan medali emas terbanyak di ajang Olimpiade Internasional Kebumian (International Earth Science Olympiad) ke-4 di Yogyakarta, 19-28 September 2010. Sebagai tuan rumah IESO ke-4 ini, Indonesia berhasil meraih dua emas dan enam perak. 
  15. Tim Indonesia berhasil memperoleh tiga medali perak dan dua perunggu di ajang Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika ke-4 (4th International Olympiad on Astronomy and Astrophysics/IOAA) tingkat pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang digelar di Beijing, Republik Rakyat China, 12-21 September 2010. Tim nasional Indonesia bersaing dengan 24 tim lainnya dari 22 negara untuk uji teori, pengamatan, praktik pengolahan data, dan kompetisi tim.
  16. Ali Khumaeni, seorang mahasiswa Indonesia, berhasil menerima penghargaan tingkat internasional bidang aplikasi Laser Plasma Spectroscopy atau Laser-Induced Breakdown Spectroscopy (LIBS) di Amerika Serikat (AS). Makalah Khumaeni dianggap sebagai yang terbaik untuk kategori mahasiswa pasca sarjana di “6th International Conference on LIBS” di kota Memphis, Tennessee, AS, pada 13-17 September 2010.
  17. Fahma Waluya (12 tahun) dan adiknya Hania Pracika (6 tahun) mencetak rekor baru untuk peserta termuda yang berhasil meraih Juara (Winner) APICTA selama 10 tahun penyelenggaraan kompetisi APICTA Awards Internasional yang diadakan sejak tahun 2001.
  18. Sereal olahan empat mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor berhasil menjuarai kompetisi produk pangan internasional, Institute of Food Technologists (IFT) Annual Meeting and Food Expo di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 17-20 Juli lalu.
  19. Tim Indonesia berhasil meraih satu medali emas, satu perak, dan dua perunggu di kompetisi China West Mathematical Olympiad yang diselenggarakan di Taiyuan, China, akhir Oktober lalu. 
  20. Tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM) berhasil meraih nilai tertinggi, sehingga meraih gelar juara umum untuk level junior dalam ajang The Fourth International Young Mathematics di India yang berlangsung 2-5 Desember 2010.
  21. Indonesia meraih tiga medali emas, lima perak dan empat perunggu dalam kompetisi Olimpiade Sains Junior Internasional ke-7 yang digelar di Abuja, Nigeria diwakili 12 pelajar tingkat SMP dari seluruh Indonesia.
  22. Tokoh pendidik Indonesia, Profesor Dr. Arief Rachman, terpilih sebagai anggota Grup Administratif pada Dewan Pendidikan International dari Badan PBB Urusan Pendidikan dan Kebudayaan (IBE-UNESCO) untuk masa jabatan dua tahun! Pemilihan berlangsung pada saat Sidang ke-59 IBE-UNESCO yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss, 27-29 Januari 2010 yang lalu
  23. .. dan tentu saja last but not least, kehadiran program Indonesia Mengajar yang mengirimkan pengajar-pengajar muda ke pelosok Nusantara. Bagi kami inisiatif tersebut merupakan prestasi terbesar yang pernah dipersembahkan oleh anak bangsa untuk tanah airnya! Memberi sebanyak-banyaknya pengabdian bagi dunia pendidikan Indonesia tercinta.
Nah loh, cukup banyak buka prestasi anak bangsa ini di dunia Internasional. Semoga catatan manis di atas dapat memotivasi kita supaya lebih berprestasi lagi untuk Indonesia pada tahun 2011!. Apalagi sampai tingkat Internasional!
Amin!

Tambahan:
25. Sean Gelael (14 tahun) pembalap Muda handalan Indonesia, mampu melejit ke urutan pertama untuk memenangi Kejuaraan Asia Karting (AKOC) Terbuka 2010 yang berlangsung di Bangkok Racing Circuit. Sean juga dinobatkan sebagai pembalap termuda dalam kejuaraan tersebut karena sebenarnya kejuaraan tersebut diikuti oleh usia 15 tahun ke atas.

Ada lagi yang mau menambahkan???
    sumber: Indonesia Berprestasi

    Artikel Terkait

    Previous
    Next Post »

    Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon