7 Alasan Siswa SMA Meninggalkan Pelajaran [HOT GAN!] - Guntara.com

Thursday, 28 October 2010

7 Alasan Siswa SMA Meninggalkan Pelajaran [HOT GAN!]

Seabreg fenomena telah menghiasi kehidupan Siswa SMA. Ya, kata orang-orang sih masa-masa SMA-lah masa muda yang paling menyenangkan. Di sini saya akan membahas mengenai 7 alasan populer siswa meninggalkan pelajaran. Sebenarnya tak hanya 7, namun di sini penulis mencoba mencari 7 alasan favorit. Barangkali ada berbagai masukkan lagi, silakan komentar di pos ini. Dalam penerapan, alasan-alasan tersebut dapat bersifat positif atau juga negatif. Ambillah positifnya, lalu buanglah negatif-nya. Okey!

Let’s go on!


1.    Pergi ke Belakang (Toilet)
Siswa pergi ke toilet. Itu hal yang biasa. Hal ini merupakan alasan klasik yang hingga sampai saat ini masih berlaku (belum kadaluwarsa). Sebenarnya pergi ke toilet tidak memerlukan waktu yang lama untuk meninggalkan pelajaran. Namun tetap aja namanya meninggalkan pelajaran. Sering kali hal ini disalahgunakan, misalnya: siswa ternyata pergi ke kantin, ataupun siswa melihat contekan, dst.




http://sman7-slo.sch.id/7even/wp-content/uploads/2009/03/uks.jpg
2.    Sakit, Pergi ke UKS
Alasan yang cukup wajar. Seringkali siswa mengalami sakit saat pelajaran sehingga harus beristirahat di UKS. Namun seringkali disalahgunakan, siswa hanya ingin tidur di UKS karena bosan dengan pelajaran tertentu. Di sekolah saya (SMAN Negeri 1 Bantul) sekarang, pergi ke UKS sudah dipersulit perizininannya, hal ini disupayakan agar siswa tidak membolos saat pelajaran.


http://blogs.depkominfo.go.id/balitbang/files/2009/02/img_2990.jpg
3.    Rapat Organisasi
Adakala suatu organisasi butuh persiapan yang matang dan baik untuk terselenggarakan acaranya. Maka, pimpinan organisasi tersebut terpaksa harus mengadakan rapat pada saat jam pelajaran. Nah, inilah salah satu sarana siswa untuk meninggalkan pelajaran. Sisi buramnya adalah, pimpinan oragnisasi sepakat mengadakan rapat dengan pengurusnya pada saat jam pelajaran karena mereka kurang menyukai dengan pelajaran yang sedang berlangsung saat itu.

http://koran.seveners.com/wp-content/uploads/2009/01/dsc08956.jpg
4.    Acara atau Keperluan Organisasi
Terkadang suatu kepentingan organisasi bertepatan dengan jam pelajaran. Maka siswa yang bersangkutan terpaksa harus meninggalkan pelajaran demi lancar dan suksesnya kepentingan tersebut,, misalnya: tonti, pengumpulan dana baksos, dst.

http://khalidmustafa.info/wp-content/uploads/2008/09/siswa3.png
5.    Ada Keperluan dengan Pihak Sekolah atau Guru
Siswa terkadang ada keperluan dengan guru di luar mata pelajaran yang berlangsung. Entah ingin meminta tanda tangan kepsek untuk persetujuan proposal atau seuatu kepentingan tertentu dari guru. Yah, jadi bolos pelajaran lagi deh.Yang paling parah adalah apabila kita berurusan dengan guru BK karena suatu masalah.


http://4.bp.blogspot.com/_nza5LtX2vPo/S_X8XqEO4KI/AAAAAAAAABI/9g4HL_9h5gc/s1600/DSC00004.JPG
6.    Ada Keperluan Lomba
Berbagai lomba-lomba sering diakan saat jam pelajaran sekolah berlangsung. Maka inilah yang membuat siswa terpaksa harus merelakan pelajrannya demi emengikuti lomba.

7.    Ada Keperluan Pribadi yang Sangat Mendesak
Acapkali siswa ada kepentingan keluarga yang harus terpaksa meninggalkan pelajaran. Bisa juga kepentingan pribadi, mengambil tugas di rumah, memperiksakan penyakit, dst. Nah, hal ini juga bisa disalahgunakan, dimana siswa keluar pelajaran (sampai keluar sekolah) hanya untuk mebolos atau tidak berkepenting.

Okey, singkat kan? Cukup sekian dulu yang bisa saya sampaikan (karena aku sudah mengantuk). Bila ada kritik dan saran silakan kirim ke saoskerupuk@gmailcom. Dan jangan lupa kunjungi weblogku www.saoskerupuk.tk. Maaf bila kurang lengkap, karena saya lagi mengantuk berat.ingat ambil positifnya!!!

Copyright: Ilham G.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!