Inilah 11 Program Unggulan Ceria Ramadan Gabusan 1438H / 2017 - Guntara.com

Sunday 21 May 2017

Inilah 11 Program Unggulan Ceria Ramadan Gabusan 1438H / 2017

AMIGA (Angkatan Muda Islam Gabusan Al-Iman) dan Takmir Masjid Al Iman Dusun Gabusan, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta dengan bangga mempersembahkan rangkaian kegiatan Ramadan tahun 2017 bertajuk "Ceria Ramadan Gabusan 1438H" bertema "Melabuhkan Berkah Menjemput Hidayah"
Ceria Ramadan Gabusan 1438H / 2017 www.guntara.com
Ceria Ramadan Gabusan 1438H / 2017
Ceria Ramadan Gabusan 1438H /2017 atau CRG 1438H terdiri dari 11 program unggulan yang akan mewarnai Bulan Ramadhan di Dusun Gabusan. Program-program unggulan tersebut bertujuan memfasilitasi warga muslim Gabusan dan sekitarnya untuk memanfaatkan momen bulan suci Ramadhan dengan optimal. Program tersebut bisa sebagai ladang amal dan ibadah, ladang infak dan sedekah, maupun ladang pengumpulan pahala sebanyak-banyaknya. Betapa besar limpahan pahala dan rezeki yang akan diberikan di setiap amal dan ibadah yang dilakukan pada Bulan Ramadhan. Terdapat 11 program kegiatan unggulan yang akan dijalankan selama Ramadan ini yaitu:

1. Salat 5 Waktu Berjamaah (Setiap Hari)
Mengajak seluruh warga muslim Dusun Gabusan untuk melaksanakan sholat wajib 5 waktu secara berjamaah di Masjid Al-Iman. Ketahuilah masjid kita masih sepi, memprihatinkan setiap hari sulit ditemui jamaah satu shaf penuh. Sholat adalah amalan pertama yang akan dihisab di akhirat nanti. Semua umat muslim wajib menjalankan sholat 5 waktu terutama laki-laki wajib menjalankan sholat 5 waktu secara berjamaah. Terlebih di Bulan Ramadhan ini pahala akan dilipat-lipatkan, pintu surga dan pintu rezeki dibuka lebar-lebar. Marilah menjadi umat akhir zaman yang beruntung dan bertakwa.

2. Infak & Sedekah (Setiap Saat)
Infak dan Sedekah adalah tabungan kita di akhirat. CRG memfasilitasi kotak-kotak infaq di masjid yang bisa diisi setiap saat untuk mendukung kegiatan dakwah di Dusun Gabusan. CRG juga memfasilitasi bagi yang ingin menyalurkan shodaqoh melalui panitia untuk disampaikan kepada saudara kita yang membutuhkan. Balasan infak dan sedekah dari Allah tidak bisa dihitung secara matematis, Allah yang memiliki dunia dan akhirat, Allah bisa membalas kebaikan kita dengan semua itu. Jika ingin kaya, maka berinfak dan bersedekahlah.

3. Takjilan & Buka Bersama (Setiap Hari) 
CRG menyediakan 125 porsi takjil untuk hari Senin-Sabtu dan 200 porsi takjil untuk hari Ahad. Terbuka bagi jamaah yang ingin menikmati takjil dan buka bersama di Masjid Al-Iman Gabusan. Hari Senin-Sabtu diutamakan takjilan dan buka bersama untuk anak-anak serta remaja sedangkan hari Ahad diutamakan takjilan dan buka bersama untuk umum (bapak/ibu/saudara warga Gabusan).

4. TPA Anak-Anak (Senin-Sabtu Sore)
Sebelum anak-anak menikmati takjil dan buka bersama di Masjid, dilaksanakan terlebih dahulu kegiatan TPA bagi anak-anak di hari Senin-Jumat sore. Kegiatan TPA dimulai sekitar pukul 15.30 sore. TPA dilaksanakan di dalam serambi masjid. Hari Senin-Rabu TPA difokuskan mengaji Al-Quran supaya lancar makraj, tajwid, tahsin, dan hafalannya. Hari Kamis-Sabtu TPA difokuskan pada ibadah, akidah, akhlak dan terkait habluminallah serta habluminannas. TPA Anak-Anak akan dibimbing langsung oleh Ustadzah yang Insyaallah berkompeten di bidangnya dan dibantu panitia CRG.

5. Kajian Muslimah (Kamis Sore)
Kajian khusus muslimah bersamaan dengan TPA anak-anak tetapi ruangannya berbeda dan masih dalam kompleks Masjid Al-Iman Gabusan. Latar belakang diadakan kajian tersebut adalah ketika TPA berlangsung banyak ibu-ibu yang menunggu buah hatinya di luar. Daripada ibu-ibu tersebut menunggu di luar, sebaiknya diadakan kajian khusus ibu-ibu supaya ibu-ibu tersebut juga mendapat manfaat dan ilmu seperti buah hatinya. Kajian tersebut akan membahas tema terkait kemuslimahan dan orangtua serta adapula kajian Al-Quran. Kajian ini terbuka bagi ibu-ibu warga Gabusan dan akan dibersamai Ustadzah sedangkan di ruang lain anak-anak TPA akan didampingi oleh panitia CRG.

6. Pengajian Akbar (Ahad Sore) 
Pengajian akbar umum (bapak/ibu/saudara) untuk warga Gabusan sebelum menikmati takjil dan buka bersama di Masjid. Pengajian tersebut akan mengangkat isu-isu hangat di masyarakat terkait ibadah, akhlak, maupun akidah yang dianggap tabu untuk dapat diluruskan sebagaimana mustinya. Ada empat kali pengajian akbar untuk CRG 1438H ini dan dimulai pukul 15.30 sore. Pengajian akbar akan diisi oleh Ustadz-ustadz luar Gabusan yang berkompeten di bidangnya.

7. Tadarus Al-Quran (Bakda Tarawih)
Setiap sehabis tarawih akan dilaksanakan tadarus Al-Quran khususnya oleh remaja masjid (AMIGA) secara bersama-sama di Masjid Al-iman. Tadarus juga bisa diisi dengan kajian khusus remaja. Remaja merupakan tunas harapan agama dan bangsa  sehingga harus terus ditempa dan dididik untuk mewujudkan remaja islam Gabusan yang beriman dan bertakwa. Target dalam tadarus ini adalah bisa mengkhatamkan Al-Quran selama Bulan Ramadhan.

8. Kultum Tarawih & Shubuh (Setiap Hari)
Sebelum melaksanakan sholat tarawih dan setelah melaksanakan sholat shubuh di masjid, akan dilaksanakan kuliah (kajian/ceramah). Kuliah akan diisi oleh Ustadz-ustadz yang berkompeten di bidangnya.

9. Penyaluran Zakat Fitrah
Segenap panitia CRG menerima penyaluran zakat fitrah dari warga muslim Dusun Gabusan di masjid. Zakat diutamakan berupa beras 2,5 kg. Zakat fitrah akan disalurkan utamanya ke warga muslim Dusun Gabusan yang membutuhkan dan bisa juga disalurkan ke luar sesuai yang membutuhkan. 

10. Perayaan Takbir Kemenangan
Takbir keliling akan diadakan untuk merayakan kemenangan Ramadhan di malam Idul Fitri 1438H. Takbir keliling ditujukan untuk semua warga muslim Gabusan. Konsep dan teknis lebih detail takbir keliling akan disampaikan lebih lanjut di kemudian hari. Biasanya dari AMIGA akan merancang maskot yang digunakan untuk takbir keliling. Tahun 2016 lalu maskotnya berupa Kabah.

11. Salat Idul Fitri & Halal Bihalal
Sholat Idul Fitri 1438H akan digelar di lapangan parkir Pasar Seni Gabusan dengan menghadirkan Khotib yang berkompeten di bidangnya. Selepas sholat idul fitri langsung diadakan halal bihalal antarwarga Gabusan di tempat. Pelaksanaan Sholat Idul Fitri dan Halal Bihalal akan disampaikan lebih lanjut di kemudian hari.

Demikian penjelasan singkat 11 program unggulan "Ceria Ramadan Gabusan 1438H /2017" Besar harapan semua warga muslim Dusun Gabusan bisa ikut serta dan mendukung pelaksanaan setiap program tersebut. Mari berlomba-lomba dalam kebaikan untuk mencari pahala dan amalan yang optimal di Bulan Suci Ramadhan 1438H.

Ayo persiapkan diri dengan baik! Semoga Ramadan tahun ini sukses dan lancar sehingga kita dapat melabuhkan berkah dan menjemput hidayah untuk merengkuh surga Allah bersama orang-orang tercinta, aamiin!

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara.com" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!