Pemanfaatan Pemodelan Spasial untuk Analisis Data SIG - Guntara.com

Monday 5 January 2015

Pemanfaatan Pemodelan Spasial untuk Analisis Data SIG

Penggunaan istilah model dapat digunakan dalam tiga pengertian yang berbeda maknanya. Bermakna sebagai sesuatu yang mewakili jika diartikan sebagai kata benda, bermakna sebagai hal yang ideal jika diartikan sebagai kata sifat dan bermakna untuk memeragakan diartikan sebagai kata kerja. Model dibuat karena adanya kompleksitas kenyataannya. Suatu model adalah gambaran penyederhanaan dari keadaan-keadaan yang sebenarnya (Hagget, 2001).
Contoh Pemodelan Spasial Tentatif www.guntara.com
Contoh Pemodelan Spasial Tentatif
Pengelolaan, pemrosesan, analisis, dan pemodelan data spasial bergantung dengan model datanya. Sebelumnya telah membahas masalah Analisis dalam SIG pada artikel Pengertian Analisis Spasial dalam Sistem Informasi Geografi. Pengelolaan, pemrosesan, analisis, dan pemodelan data spasial memanfaatkan pemodelan SIG yang berdasar pada kebutuhan dan analisisnya. Analisis yang berlaku pada pemrosesan data spasial seperti overlay, clip, intersect, buffer, query, union, merge; yang mana dapat dipilih ataupun dikombinasikan. Pemrosesan data spasial seperti dapat dilakukan dengan teknik yang disebut dengan geoprocessing (ESRI, 2002), macam pemrosesan tersebut sebagai berikut:
  1. Overlay adalah merupakan perpaduan dua layer data spasial.
  2. Clip adalah perpotongan suatu area berdasar area lain sebagai referensi.
  3. Intersection adalah perpotongan dua area yang memiliki kesamaan karakteristik dan kriteria.
  4. Buffer adalah menambahkan area di sekitar objek spasial tertentu.
  5. Query adalah seleksi data berdasar pada kriteria tertentu.
  6. Union adalah penggabungan atau kombinasi dua area spasial beserta atributnya yang berbeda menjadi satu.
  7. Merge adalah penggabungan dua data berbeda terhadap fitur spasial.
  8. Dissolve adalah menggabungkan beberapa nilai berbeda berdasar pada atribut tertentu.

1 comment:

  1. Terima kasih atas penjelasan secara singkat mengenai macam-macam pemrosesan data spasial, saya berharap diberikan contoh yang lebih konkret agar saya mendapatkan gambaran yang lebih jelas lagi mengenai Pemodelan Spasial. Saya FAkhrul Arifin mahasiswa Universitas Gunadarma (www.gunadarma.ac.id). Silahkan berkunjung ke blog saya (fakharifin.blogspot.com) untuk memberi masukan agar saya bias menjadi lebih baik lagi

    ReplyDelete

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara.com" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!