Domain Gratis Lagi dari Dot.Tk (1): Tutorial Mendaftar Domain Gratis Dot.Tk - Guntara.com

Tuesday 19 October 2010

Domain Gratis Lagi dari Dot.Tk (1): Tutorial Mendaftar Domain Gratis Dot.Tk


Satu lagi domain gratis yang simpel dan mudah diingat untuk kalian para blogger mania adalah dot.tk (.tk), yahhh seperti domain baru saya kali ini, saoskerupuk.tk. Domain dot.tk sendiri merupakan salah satu dari beberapa domain gratis lain seperti: co.cc, co.nr, uni.cc, dst. Sebelumnya saya sempat menggunakan fasilitas domain gratis co.cc, namun karena co.cc diblokir oleh facebook sehingga saya tidak bisa mempromosikan blog saya ke FB maka saya pindah ke dot.tk.


Domain dot.tk sendiri merupakan golongan Top Level Domain (TLD) yang sejajar dengan domain-domain berbayar seperti: .com, .org, .net, .id, .us, dst. Sebenarnya dot.tk adalah top-level domain kode negara Internet untuk Tokelau, sebuah wilayah kepulauan di daerah lautan Pasifik bagian selatan, dekat New Zealand. Namun, domain ini disewakan secara gratis, kemungkinan untuk memperbanyak income. Persyaratan menggunakan domain ini secara gratis adalah minimal blog Anda harus dikunjungi 25 pengunjung dalam 90 hari (tidak amat susah untuk kita penuhi). Selain gratis, domain ini juga bersih dari banner sponsor alias bebas iklan. Oke, langsung saja kita menuju cara-cara dan tutorial pendaftaran & pengaturan domain gratis dot.tk

Let's beginning!

1. Masuk ke alamat resmi dot.tk di sini! Kemudian akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini. Lalu masukan nama domain favorit Anda ke dalam kolom tersebut (misalnya: saoskerupuk), then pilih next.
domain gratis dot Tk


2. Terkadang nama domain yang kita inginkan sudah terdaftar (sudah ada pemiliknya) seperti gambar di bawah ini. Tak usah khawatir, Anda bisa memilih nama domain lainnya yang lebih unik dengan kembali ke halaman sebelumnya, lalu mengisikan domain Anda yang lain. Namun, ingat nama domain harus mudah dihafal serta dilafalkan dan tidak memakai huruf-huruf yang menyulitkan.



3.Jika domain Anda masih free (masih tersedia), maka akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini. Lalu pilih "Free Domain" (yang gratisan gitu hehe...), then pilih next!





4. Akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah ini. Silakan pilih “Use my own DNS Services” lalu pada kolom name server isikan “ghs.google.com” (dimisalkan kita pakai hosting blogspot nantinya bisa diatur lebih lanjut). Lalu isilah alamat email Anda di “Your E-mail Address” dengan benar (alamat asli). Isi verifikasi kata di “Type the characters you see in this picture” dengan benar, then klik next!
Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan layanan "Your website URL", yaitu meneruskan alamat domain dot.tk Anda ke alamat web Anda (misalnya ke www.aielizer.wordpress.com) tapi cara ini terbilang amatir..hehehe.






 5. Kemudian Anda dipersilakan mengisi Nama dan Password seperti gambar di bawah. Nama dan password tersebut digunakan untuk log in ke dot.tk nanti. Silakan Anda isi!




 6.Yeah, registrasi Anda telah berhasil! Anda telah terdaftar mempunyai domain gratis di dot.tk. Namun misi belum berakhir, kita harus menunggu konfirmasi berupa kode verifikasi yang akan dikirmkan ke email kita supaya akun dot.tk kita bisa aktif.
Menunggu Konfirmasi dari dot Tk

 7. Tunggu beberapa menit (yah sekitar 1-3 menit lah), lalu silakan buka email Anda (email yang Anda cantumkan dalam pendaftaran dot.tk) dan buka inbox dari dot.tk. Yeahhh, kurang lebih konfirmasi dari dot.tk isinya seperti ini
 _______________________________________________________________

Thank you for using Dot TK to register your brand
new Dot TK domain name!

You have registered with the following information:
Your e-mail address : jeri_27ars@yahoo.co.id
password: ngetes

confirmation code: Tkte40169
(please note: this is not your password)

As you know we like to keep things simple, so all you need
to do to activate your Dot TK address is…

1. Go to http://my.dot.tk/registration/confirm?tk=Tkte40169
2. Enter your confirmation code
If you have received this email, but did not join us @ Dot TK,
then somebody tried to register using your e-mail address.

In thase case, you can simply ignore this message… But why not come on in,
and see for yourself if your own -free- domain name is still
available at http://www.dot.tk

Hope to see you soon at Dot TK.
Dot TK
Renaming The Internet
 _______________________________________________________________

8. Jika sudah mendapat email seperti itu, maka silakan Anda ikuti link seperti yang saya tebalkan diatas. Lalu kita akan di bawa ke halaman seperti di bawah ini. Silakan masukkan kode konfirmasi (kode verifikasi tercantum di email) dan klik “Confirm”.



Konfirmasi

 9. Jika verifikasi Anda benar, maka alamat domain baru Anda di dot.tk akan langsung diaktifkan! Silakan log in dengan alamat email dan password yang Anda daftarkan tadi untuk melakukan pengaturan setting atau merubah server name.
Aktif dan log in


Oke teman! Untuk mengatur / mensetting alamat domain gratis dot.tk kita ke blogspot secara profesional (alias tidak amatir) dapat di lihat di artikel saya selanjutnya di sini.
Selamat mencoba!

sumber gambar dari jeri.web.id

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara.com" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!