Tips Sukses Kerjakan SKD CPNS Agar Lulus Passing Grade - Guntara.com

Wednesday, 22 January 2020

Tips Sukses Kerjakan SKD CPNS Agar Lulus Passing Grade

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil kembali dibuka untuk periode 2019/2020 ini. Menjadi Pegawai Negeri Sipil masih menjadi sebuah cita-cita pekerjaan yang didambakan oleh sebagian besar orang khususnya orang tua dari para pejuang pekerjaan ini. Seleksi CPNS pada periode ini sudah sampai pengumuman jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKD). Sebagian instansi dan pemerintah daerah sudah mengumumkan jadwal SKD tersebut. Sebagian yang lain tentu akan menyusul. Singkat cerita, para pejuang tidak boleh melewatkan artikel di bawah ini terkait Tips Sukses Kerjakan SKD CPNS Agar Lulus Passing Grade.
Tips Sukses Kerjakan SKD CPNS Agar Lulus Passing Grade www.guntara.com
Tips Sukses Kerjakan SKD CPNS Agar Lulus Passing Grade (gambar: www.okezone.com)

1. Rajin Berdoa dan Mohon Restu

Tips pertama dan paling utama adalah rajin berdoa dan mohon restu. Berdoa dalam hal ini adalah beribadah dengan rajin dan taat serta mengiringinya dengan doa yang intinya mohon ampun, mohon petunjuk, mohon ketetapan, mohon kelancaran, dan menyatakan kepasrahan kepada Allah. Rajin beribadah dan berdoa juga harus disertai dengan rajin berbuat kebaikan seperti sedekah, membantu orang, menolong teman yang membutuhkan, dst. Tidak kalah penting adalah mohon restu, utamanya kepada orang tua kita atau orang-orang yang kita tuakan. Selain itu, bisa juga mohon restu kepada siapa saja teman kita bahkan orang yang tidak kita kenal. Kita tidak tahu dari siapa doa yang akan dikabulkan, maka semakin banyak mohon restu semakin besar peluang untuk mendapat hasil terbaik.

2. Rutin Belajar dan Berlatih

Tips kedua yang harus dilakukan adalah rutin belajar dan berlatih materi/soal terkait seleksi CPNS ini. Badan Kepegawaian Nasional (BKN) telah merilis banyak informasi terkait seleksi CPNS ini termasuk materi-materi soal yang akan dikeluarkan serta berbagai peraturan main khususnya pada tahap SKD ini. Sebaiknya sediakan waktu setiap hari untuk belajar dan berlatih. Saat ini semakin mudah untuk belajar dan berlatih karena sudah didukung dengan kemajuan teknologi. Kita dapat belajar dan berlatih dengan mengakses secara online melalui smartphone. Kita harus konsisten untuk belajar dan tidak terbuai dengan godaan-godaan untuk melewatkan belajar dengan bermain.

3. Teliti dan Manajemen Waktu dengan Baik

Tips ketiga ini dilakukan saat menjalani SKD. Ada sekitar 100 soal dengan waktu sekitar 90 menit maka ketelitian dan manajemen waktu yang baik menjadi kunci untuk kesuksesan pengerjaan soal tersebut. Sebaiknya kerjakan soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi) terlebih dahulu karena soal ini menjadi momok pada seleksi tahun sebelumnya, maka harus benar-benar dalam kondisi masih segar dalam mengerjakan soal ini. Berikutnya kerjakan soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) lalu terakhir TIU (Tes Intelejensi Umum). Ingat harus teliti dalam mengerjakan soal tetapi juga harus cepat. Jawab dulu soal-soal yang bisa dijawab, yang belum bisa dijawab dilewatkan dulu dikerjakan di akhir nanti. Semua soal harus dijawab karena tidak ada nilai minus. Jika waktu sudah hampir berakhir dan masih ada banyak soal yang belum dijawab, jawab saja secara asal tetapi konsisten lihat pola jawaban lainnya mana yang komposisinya kurang berimbang maka itulah jawabannya.

Tidak banyak tips yang bisa diberikan tetapi berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman banyak orang tentu tips tersebut tidak bisa dianggap remeh. Semoga para pejuang seleksi CPNS dapat diberikan kelancaran, kesuksesan, dan memperoleh hasil yang terbaik masing-masing, aamiin.

No comments:

Post a comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara.com" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!