6 Prodi Unik di Sekolah Vokasi UGM Berprospek Kerja Menjanjikan (1)

09:24:00
Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi negeri favorit dan berkualitas di Indonesia. Tak pelak ini membuat persaingan masuk ke UGM begitu ketat dan keras. Tak sedikit pejuang calon mahasiswa yang gagal menjadi bagian dari Kampus Biru ini. Jalur SNMPTN sudah diumumkan hasil seleksinya beberapa minggu lalu, dilanjutkan jalur SBMPTN yang dilaksanakan bulan Mei ini, dan masih ada jalur Ujian Tulis bagi yang ingin masuk UGM.
6 Prodi Unik di Sekolah Vokasi UGM Berprospek Kerja Menjanjikan www.guntara.com
6 Prodi Unik di Sekolah Vokasi UGM Berprospek Menjanjikan (gambar: krjogja.com)
Bagi yang merasa frustasi karena senantiasa gagal masuk jenjang sarjana di UGM, patut untuk mencoba di Sekolah Vokasi UGM yang menawarkan jenjang diploma dengan berbagai program studi (prodi). Pendaftaran jenjang diploma ini masih dibuka lama hingga awal Juli 2017 ini. Ada banyak pilihan prodi di Sekolah Vokasi UGM tetapi di sini akan diulas 6 prodi yang dianggap paling unik dan tentunya memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Mengapa 6 prodi ini dianggap unik? Karena lain daripada yang lain, bidang yang dipelajari langka, di perguruan tinggi lain belum tentu ada, dan nama prodinya pun jarang terdengar di telinga. Tentu imbasnya prodi-prodi ini akan relatif lebih rendah peminatnya daripada prodi umum lainnya (Teknik Mesin, Teknis Sipil, Akuntansi, Manajemen, dst) sehingga peluang untuk masuk pun akan jauh terbuka lebih lebar. Meskipun relatif sepi peminat tetapi jangan khawatir masalah prospek kerja justru menjanjikan dan banyak dibutuhkan di zaman sekarang. Berikut 6 prodi unik tersebut:

6. D3 Kearsipan

Setiap instansi/kantor pasti menghasilkan arsip dengan demikian perlu pengelolaan. Itulah ranah bagi lulusan Kearsipan. Semakin tumbuhnya kesadaran akan pentingnya arsip bagi sumber informasi, maka banyak institusi/instansi yang dalam pengelolaan kearsipannya membutuhkan tenaga kearsipan dengan kualifikasi paraprofesional kearsipan.

Kompetensi kelulusan yang diharapkan dari prodi ini antara lain: (1) Mengerti dan memahami dasar-dasar ilmu kearsipan; (2) Kesadaran dan kepedulian atas perlindungan dan pelestarian dokumentasi dan informasi bernilai guna administrasi, hukum, keuangan, riset, edukasi, dan budaya; (3) Penguasaan teknik dan prosedur pengelolaan bahan arsip dan rekaman informasi (berbasis konvensional maupun teknologi maju); (4) Kemampuan menghayati nilai-nilai, prilaku, dan etika pengelolaan arsip; (5) Kemampuan mengembangkan dan memadukan konsep pengelolaan arsip yang berbasis konvensional dan elektronik.

Prospek kerja dari prodi ini sangat luas yaitu hampir dibutuhkan di setiap instansi/kantor. Terbukti telah banyak terserapnya lulusan di dunia kerja terutama di instansi-instansi pemerintah baik pusat maupun daerah. Di tingkat pusat, lulusan program Diploma Kearsipan UGM telah menempati posisi arsiparis dibanyak lembaga tinggi dan departemen seperti Sekretariat Negara, Kejaksaan Agung, Departemen ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), Departemen Kehutanan, Kementrian Kelautan dan Perikanan, Kementrian Pemuda dan Olah Raga, Arsip Nasional Republik Indonesia dan lain-lain. Di tingkat pemerintah daerah, lulusan Diploma Kearsipan tersebar di Badan dan Kantor Arsip daerah yang hampir disemua Provinsi dan Kabupaten telah memiliki.

5. D3 Kepariwisataan

Sektor pariwisata nasional sedang digenjot besar-besaran oleh pemerintah guna mewujudkan negara Indonesia sebagai tujuan wisata dunia. Belum lagi sektor pariwisata daerah yang terus berkembang pesat dengan kebijakan setiap pemerintah daerah. Oleh karena itu, lulusan dari prodi ini akan sangat dibutuhkan dengan sektornya yang luas dan juga berkaitan dengan berbagai bidang.

Kompetensi kelulusan yang diharapkan dari prodi ini antara lain: (1) Memiliki kecakapan dan ketrampilan dalam bidang hospitality industry (sebagai hotelier, staf tour & travel, customer services, kesekretariatan, dll.); (2) Memiliki kemampuan, ketrampilan melaksanakan dan mengorganisasikan kegiatan sesuai dengan prosedur operasional kepariwisataan; (3) Mempunyai kemandirian dan siap berwirausaha dalam bidang kepariwisataan; (4) Memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi; (5) Memiliki kemampuan berbahasa asing.

Prospek kerja dari prodi ini dapat berkarir berbagai bidang hospitality industry maupun staf di pemerintahan dan perusahaan swasta. Peluang kerja yang ada antara lain yaitu : Perhotelan (darat maupun terapung), Biro Perjalanan Wisata, Restoran, Staf di Perusahaan swasta (telekomunikasi,perbankan,dll), Staf di Dinas Pariwisata, Staf di Destinasi Wisata, dan Entrepreneur di bidang kepariwisataan.

4. D3 Metrologi dan Instrumentasi

Peradaban manusia zaman sekarang tidak lepas dari penggunaan alat untuk membantu meringankan aktivitas. Alat-alat tertentu harus selalu dijaga ketelitiannya melalui kalibrasi secara berkala agar penggunaannya tetap optimal. Banyak alat-alat bertebaran di instansi dan kantor sedangkan jumlah ahli Metrologi masih sangat sedikit. Oleh karena itu peran lulusan Metrologi dan Instrumentasi sangat dibutuhkan.

Kompetensi kelulusan yang diharapkan dari prodi ini antara lain: (1) Mampu melakukan peneraan instrumen metrologi secara profesional; (2) Mampu melakukan kalibrasi instrumen metrologi; (3) Memiliki bekal pengetahuan yang komprehensif tentang instrumen metrologi legal dan metrologi industri dan cara pengukuran; (4) Memiliki bekal pengetahuan dan mampu menerapkan manajemen mutu di dalam metrologi. Ruang kuliah dengan fasilitas lengkap di lingkungan Sekolah Vokasi UGM. Kegiatan praktik dilakukan kerjasama dengan beberapa pihak antara lain D-3 Elins, Fakultas MIPA dan LPPT UGM. Sedang di luar lingkungan UGM bekerjasama dengan Balai Metrologi DIY.

Prospek kerja dari prodi ini dapat berkarir sebagai pejabat fungsional penera di lingkungan Dinas-dinas Perindustrian dan Perdagangan atau yang membidangi unit Metrologi di seluruh Indonesia, serta tenaga tera di industri, badan export-import, laboratorium penelitian dan kalibrasi dan pihak-pihak lain yang membutuhkan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon