Kelebihan dan Kekurangan Citra Penginderaan Jauh Gelombang Inframerah Termal

19:52:00
Suhu pancaran yang yang berasal dari objek di permukaan bumi direkam oleh suatu sensor termal. Hasil rekaman tersebut bisa diproses menjadi citra maupun noncitra. Citra yang dimaksud tersebut adalah citra inframerah termal yang berupa gambaran dua dimensi atau gambaran piktorial. Hasil noncitra berupa garis atau kurva spektral, satu angka, atau serangkaian angka yang mencerminkan suhu pancaran objek yang terekam oleh sensor termal. Sistem penginderaan jauh termal ini membuat perekaman data dapat dilakukan baik pada siang maupun malam hari. Perekaman harus dilakukan pada kondisi cuaca yang memungkinkan untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Salah Satu Contoh Citra Penginderaan Jauh www.guntara.com
Salah Satu Contoh Citra Penginderaan Jauh (gambar: kesimpulan.com)
Keunggulan dari sistem penginderaan jauh saluran inframerah termal ini ialah menghasilkan citra yang mampu merekam wujud yang tidak tampak oleh mata sehingga menjadi gambaran yang cukup jelas. Beberapa keunggulan dari sistem penginderaan jauh saluran inframerah termal sebagai berikut:
  1. Pengumpulan data yang tidak mungkin dilakukan dengan penginderaan jauh fotografi dapat dilakukan dengan penginderaan jauh sistem termal karena perekamannya dapat dilakukan siang atau malam hari.
  2. Dapat merekam wujud tak tampak oleh mata sehingga menjadi gambaran yang cukup jelas. Misalnya kebocoran pipa gas bawah tanah, kebakaran tambang batubara bawah tanah, dan titik panas yang pada umumnya merupakan titik lemah pada bangunan.
  3. Dapat membedakan antara air panas dan air dingin ataupun perbedaan suhu permukaan lahan (land surface temperature) yang biasanya digunakan dalam pemanfaatan lingkungan.
  4. Kelemahan citra inframerah termal terletak pada aspek geometrinya yang penyimpangannya lebih besar dari penyimpangan pada foto udara. Selain itu, citra inframerah termal cenderung sulit untuk diinterpretasi objeknya karena sifat termal yang lebih rumit dari pantulan objek serta resolusi spasialnya yang lebih rendah daripada citra multispektral pada umumnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon