Belgia Raih Ranking Pertama FIFA Edisi 5 November 2015 Secara Perdana - Guntara.com

Thursday, 5 November 2015

Belgia Raih Ranking Pertama FIFA Edisi 5 November 2015 Secara Perdana

FIFA (federasi sepakbola dunia) akhirnya merilis secara resmi peringkat tim nasional sepakbola katagori pria pada hari Kamis ini (4/11). Sudah diprediksi akan muncul pemuncak ranking pertama baru pada edisi kali ini. Secara hitung-hitungan kemenangan Belgia atas Israel pada laga terakhir kualifikasi Piala Eropa 2016 pada 14 Oktober 2015 lalu otomatis mengantarkan Belgia memuncaki daftar teratas peringkat FIFA menggeser Argentina.
Belgia Raih Ranking Pertama FIFA Edisi 5 November 2015 Secara Perdana www.guntara.com
Belgia Raih Ranking Pertama FIFA Edisi 5 November 2015 Secara Perdana
Sebelumnya, tim asuhan Marc Wilmots ini berada di peringkat tiga FIFA. Belgia berada di bawah Argentina dan Jerman. Namun kedua tim tersebut telah mengalami kekalahan pada laga internasionalnya. Hal ini dimanfaatkan Belgia untuk memuncaki peringkat FIFA. Kemenangan atas Israel selain membawa Belgia lolos ke Piala Eropa 2016 juga membawa Belgia mantap di posisi pertama FIFA.

Kemenangan atas Israel memberikan 1440 poin bagi Belgia, sedangkan Argentina turun ke peringkat ketiga dengan poin 1383 karena hasil seri 0-0 melawan Paraguay pada Oktober lalu. Sementara bagi Jerman, kekalahan dari Republik Irlandia 1-0 membuatnya hanya dapat mengumpulkan poin 1388 dan tetap bertengger di posisi kedua.

Keberhasilan Belgia meraih peringkat pertama FIFA edisi 5 November 2015 ini mencatat sejarah baru bagi persepakbolaan dunia dan negara Belgia. Prestasi ini merupakan yang perdana atau yang pertama kalinya Belgia memuncaki peringkat FIFA sepanjang sejarah keikutsertaannya.

The Red Devils (julukan Timnas Belgia) mengalami fase revolusi persepakbolaan yang luar biasa. Pada tahun 2009, Belgia hanya berada di peringkat ke-66 FIFA dan kini hanya butuh 6 tahun untuk Belgia meroket ke peringkat ke-1 FIFA. Secara prestasi, Belgia belum pernah menjuarai Piala Dunia maupun Piala Eropa. Piala Dunia 2006 dan 2010, Belgia tidak lolos, dan pada Piala Dunia 2014 hanya mampu sampai semifinal. Piala Eropa 2004, 2008, dan 2012 Belgia juga tidak lolos, Belgia lolos pada Piala Eropa 2016 mendatang.

Meroketnya kualitas timnas sepakbola Belgia tidak lepas dari Generasi Emas "Golden Age" yang dimilikinya. Pada tahun 2010, era keemasan Belgia dimulai dengan berkembangnya pemain-pemain muda dan banyak pemain-pemain muda yang direkrut klub-klub sepakbola papan atas di Eropa. Kini tahun 2015, bisa dikatakan pemain-pemain muda tersebut sudah matang secara kualitas dan siap berperan mempersembahkan gelar-gelar bergengsi untuk Belgia.

Apabila dilihat dari susunan pemain timnas Belgia, kebanyakan dihuni oleh pemain yang berlaga di Liga Inggris dan menjadi pemain inti di klubnya. Jika dilihat dari posisi penjaga gawang, bek, gelandang, dan penyerang baik pemain utama maupun pemain cadangan timnas Belgia berisi pemain-pemain berkualitas yang tampil di skuad inti klub-klub ternama Eropa. Lihat saja berikut:
  • Kiper: Thibaut Courtois (Chelsea), Simon Mignolet (Liverpool)
  • Bek: Vincent Kompany (Manchester City), Toby Alderweireld (Tottenham), Jan Vertonghen (Tottenham), Thomas Vermaelen (Barcelona), Sébastien Pocognoli (West Brom)
  • Gelandang: Axel Witsel (Zenit St.), Kevin De Bruyne (Manchester City), Marouane Fellaini (Manchester United), Zakaria Bakkali (Valencia), Dries Mertens (Napoli), Radja Nainggolan (AS Roma), Nacer Chadli (Tottenham), Mousa Dembélé (Tottenham), Yannick Ferreira Carrasco (Atletico Madrid), Adnan Januzaj (Borussia Dortmund)
  • Penyerang: Romelu Lukaku (Everton), Kevin Mirallas (Everton), Divock Origi (Liverpool), Christian Benteke (Liverpool)

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!