Representasi Data Digital Peta Tematik - Guntara.com

Thursday, 10 July 2014

Representasi Data Digital Peta Tematik

Peta tematik memiliki komposisi peta terutama disusun dengan mempertimbangkan keseimbangan tata letak peta disamping keserasian dalam hal ukuran dan tipe huruf. Informasi tepi yang penting hampir sama untuk semua jenis peta yaitu paling tidak mencakup judul peta, daerah yang dicakup, skala peta, legenda, keterangan orientasi utara, grid lintang dan bujur, serta indeks atau petunjuk letak peta.
Peta Suara Bupati (rejanglebongkab.go.id)
Data dan informasi dapat disajikan dalam berbagai bentuk dan cara. Penyajian data dan informasi antara lain dapat berupa angka-angka dalam tabulasi, diagram ataupun juga dalam bentuk peta. Penyajian dalam bentuk peta mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dalam bentuk lain, khususnya untuk data yang ada hubungannya dengan lokasi, distribusi dan masalah ruang. Dengan menyajikan data dalam bentuk peta maka si penerima ide dengan mudah dan cepat memahami dan memperoleh gambaran yang jelas dari apa yang disajikan. Peta juga mengandung arti komunikasi, jadi peta merupakan suatu signal atau saluran antara si pengirim pesan (pembuat peta) dan si penerima pesan (pemakai peta) dengan memakai simbol sebagai bahasa komunikasi. Simbol di dalam peta memegang peranan penting, dari simbol itu pula isi peta dapat diketahui.

Fase akhir dalam proses pembuatan peta adalah layout atau tata letak peta. Layout peta sebaiknya mengikuti kaidah dan komponen kartografi. Hal ini agar peta yang dihasilkan dapat dengan mudah dibaca ataupun diinterpretasi oleh orang lain yang menggunakannya. Peta-peta yang menarik, informatif dan akurat tentunya merupakan salah satu komponen penting dalam merepresentasikan data untuk berbagai kerperluan.

Layout bersifat dinamis, artinya komponen pada layout akan berubah apabila kita mengadakan perubahan terhadap komponen tersebut. Misalnya view yang digunakan pada layout akan berubah bentuk tampilannya apabila kita mengadakan perubahan pada window view teersebut.

Pastikan semua simbologi baik warna ataupun notasi lain telah selesai ditentukan untuk memulai melakukan layout peta, selain itu skala tampilan juga perlu dipastikan betul telah selesai agar nantinya proses layouting atau penayajian peta dapat berjalan dengan efisien. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam layout peta:
  1. Kelengkapan kartografi peta meliputi; Judul, legenda, skala, petunjuk arah, dan peta orientasi.
  2. Skala peta tergantung pada ukuran kertas
  3. Membuat legenda peta
  4. Membuat insert peta
  5. Menyimpan/export format layout

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!