Golden Sufer: Aplikasi SIG untuk Representasi Data Ketinggian

13:19:00
Perusahaan teknologi perangkat lunak ternama, Golden Software Inc berhasil merilis sebuah perangkat lunak Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis vektor dengan nama Golden Surfer. Perangkat lunak tersebut pertama kali diluncurkan pada tahun 1993. Keunggulan utama dari Golden Surfer adalah dapat membangun data kontur dan visualisasi kontur dari data-data berbasis statistik tabular menjadi data-data berbasis vektor.
Golden Surfer (Innovativegis.com)
Sistem Informasi Geografi (SIG) atau Geographic Information System (GIS) adalah suatu sistem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data yang bereferensi spasial atau berkoordinat geografi atau dengan kata lain suatu SIG adalah suatu sistem basis data dengan kemampuan khusus untuk menangani data yang bereferensi keruangan (spasial) bersamaan dengan seperangkat operasi kerja (Barus dan Wiradisastra dalam Prahasta, 2001). Sedangkan menurut Anon (Barus dan Wiradisastra dalam Prahasta, 2001) Sistem Informasi geografi adalah suatu sistem Informasi yang dapat memadukan antara data grafis (spasial) dengan data teks (atribut) objek yang dihubungkan secara geografis di bumi (georeference). SIG juga dapat menggabungkan data, mengatur data dan melakukan analisis data yang akhirnya akan menghasilkan keluaran yang dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan pada masalah yang berhubungan dengan geografi.

Tujuan pokok dari pemanfaatan Sistem Informasi Geografis adalah untuk mempermudah mendapatkan informasi yang telah diolah dan tersimpan sebagai atribut suatu lokasi atau objek. Ciri utama data yang bisa dimanfaatkan dalam Sistem Informasi Geografis adalah data yang telah terikat dengan lokasi dan merupakan data dasar yang belum dispesifikasi.

Golden Surfer merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan peta kontur dan pemodelan tiga dimensi yang berdasarkan pada grid. Perangkat lunak ini melakukan plotting data tabular XYZ tidak beraturan menjadi lembar titik-titik segi empat (grid) yang beraturan.

Grid adalah serangkaian garis vertikal dan horizontal yang dalam Golden Surfer berbentuk segi empat dan digunakan sebagai dasar pembentuk kontur dan permukaan tiga dimensi. Garis vertikal dan horzontal ini memiliki titik-titik perpotongan. Pada titik perpotongan ini disimpan nilai Z yang berupa titik ketinggian atau kedalaman. Gridding merupakan proses pembentukan rangkaian nilai Z yang teratur dari sebuah data XYZ. Hasil dari proses gridding ini adalah file grid yang tersimpan pada file .grd. Format data yang ada adalah format data *.srf.

Golden Surfer tidak mensyaratkan perangkat keras ataupun sistem operasi yang tinggi. Oleh karena itu surfer relatif mudah dalam aplikasinya. Golden Surfer bekerja pada sistem operasi Windows 9x (Windows berbagai versi) dan Windows NT. Spesifikasi minimal untuk aplikasi Golden Surfer yaitu ruang untuk program minimal 4 MB, sistem operasi Windows 9.x atau Windows NT, RAM minimal 4 MB, dan monitor VGA atau SVGA.

Ada tiga perintah (command) utama pada Golden Surfer yaitu Plot Window Commands Worksheet, Window Commands dan Editor Window Commands. Perintah-perintah pada Plot Window Commands Worksheet terdiri dari menu File, Edit, View, Draw, Arrange, Grid, Map, Window, dan Help.

Menu File meliputi perintah untuk membuka dan menyimpan file, mencetak map atau surface, merubah opsi pencetakan, dan untuk membuka dokumen window baru. Menu Edit meliputi perintah-perintah clipboard, dan perintah editing. Menu View meliputi perintah untuk mengatur/ mengontrol tampilan pada dokumen window yang sedang aktif. Menu Draw untuk membuat tulisan atau teks, poligon, polyline, simbol, dan bentuk tertentu. Menu Arrange meliputi perintah-perintah untuk pengaturan penempatan dan arah objek. Menu Grid meliputi perintah-perintah untuk membuat dan memodifikasi atau mengubah file-file grid. Menu Map meliputi perintah-perintah untuk membuat dan memodifikasi atau merubah peta. Menu Window untuk mengatur banyak atau multi document window. Menu Help menyediakan akses kepada file bantuan.

Surface plot adalah lembar kerja yang digunakan untuk membuat peta atau file grid. Pada saat awal dibuka, lembar kerja ini berada pada kondisi yang masih kosong. Pada lembar plot ini peta dibentuk dan diolah untuk selanjutnya disajikan. Lembar plot digunakan untuk mengolah dan membentuk peta dalam dua dimensional, seperti peta kontur, danpeta tiga dimensional seperti bentukan muka tiga dimensi.Lembar plot ini menyerupai lembar layout di mana operator melakukan pengaturan ukuran teks, posisi objek, garis, dan berbagai properti lain. Pada lembar ini pula diatur ukuran kertas kerja yang nanti akan digunakan sebagai media pencetakan peta.

Worksheet merupakan lembar kerja yang digunakan untuk melakukan input data XYZ. Data XYZ adalah modal utama dalam pembuatan peta pada surfer. Dari data XYZ ini dibentuk file grid yang selanjutnya diinterpolasikan menjadi peta-peta kontur atau peta tiga dimensi. Lembar worksheet memiliki antarmuka yang hampir mirip dengan lembar kerja MS Excel. Worksheet pada Golden Surfer terdiri dari sel-sel yang merupakan perpotongan baris dan kolom. Data yang dimasukkan dari worksheet ini akan disimpan dalam file .dat.

Perintah-perintah pada Worksheet Window terdiri dari menu File, Edit, Options, Computer, Window, dan Help. Menu File terdiri dari perintah untuk membuka dan menyimpan file, serta untuk membuka dokumen window baru. Menu Edit terdiri dari perintah-perintah undo, clipboard dan editing. Menu Options untuk mengatur lebar kolom, format angka, rataan teks serta untuk pengurutan data tabel (sort worksheet data). Menu Computer untuk menghitung statistik dari sel/ data terpilih dan untuk transformasi matematis. Menu Window untuk mengatur banyak/ multi document windows. Menu Help menyediakan akses kepada file bantuan.

Jendela editor adalah tempat yang digunakan untuk membuat atau mengolah file teks ASCII. Teks yang dibuat dalam jendela editor dapat disalin dan ditempel dalam jendela plot. Kemampuan ini memungkinkan penggunaan sebuah kelompok teks yang sama untuk dipasangkan pada berbagai peta. Jendela editor juga digunakan untuk menangkap hasil perhitungan volume. Sekelompok teks hasil perhitungan volume file grid akan ditampilkan dalam sebuah jendela editor. Jendela tersebut dapat disimpan menjadi sebuah file ASCII dengan ekstensi .txt.

Menu yang ada pada Editor Window Commands yaitu menu File, Edit, Window, dan Help. Menu File terdiri dari perintah untuk membuka window baru. Membuka dan menyimpan sebuah file, serta untuk keluar dari Golden Surfer. Menu Edit meliputi Clipboard Commands dan perintah-perintah untuk memilih atau menghapus teks. Menu Window untuk mengatur banyak atau multi documents window. Menu Help menyediakan akses kepada file bantuan.

Overlay peta kontur dimaksudkan adalah menampakkan sebuah peta kontur dengan sebuah data raster, atau sebuah peta kontur dengan model tiga dimensi. Overlay ini memudahkan analisis sebuah wilayah dalam kaitannya dengan kontur atau bentuk morfologi lahan setempat.

Golden Surfer memberikan kemudahan dalam pemuatan berbagai macam peta kontur atau model spasial 3 Dimensi. Sangat membantu dalam analisis volumetrik, cut and fill, slope, dan lain-lain. Memungkinkan pembuatan peta 3 dimensi dari suatu data tabular yang disusun dengan menggunakan worksheet seperti Excel dan lain-lain. Golden Surfer membantu dalam analisis kelerengan, ataupun morfologi lahan dari suatu foto udara atau citra satelit yang telah memiliki datum ketinggian. Aplikasi lain yang sering menggunakan Golden Surfer adalah analisis spasial untuk mitigasi bencana alam yang berkaitan dengan faktor topografi dan morfologi lahan. Golden Surfer dapat memberikan gambaran secara spasial letak potensi bencana.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon