Mengenal Topologi Jaringan Komputer Cincin (Ring) dan Pohon (Tree)

18:09:00
Topologi ring atau topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.
Topologi Ring Cincin (http://www.altechla.com)
Topologi ring mempunyai beberapa kelebihan, yaitu :
1)    Hemat kabel
2)    Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data.

Adapula kekurangan dari topologi ring, yaitu:
1)    Peka kesalahan, sehingga jika terdapat gangguan di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan.
2)    Pengembangan jaringan lebih kaku.
3)    Sulit mendeteksi kerusakan.
4)    Dapat terjadi collision (dua paket data tercampur).
5)    Diperlukan penanganan dan pengelolaan khusus bandels.
Topologi Tree (pohon) adalah kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung atau backbone.
2.tree
sumber gambar: www.aldo-expert.com
Kelebihan dari topologi pohon adalah dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan. Sedangkan kekurangan dari topologi tree tersebut, sebagai berikut:
1)    Apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif.
2)    Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon