Hasil Undian Grup Piala Dunia 2014, Grup Neraka Berada di Grup D! - Guntara.com

Saturday, 7 December 2013

Hasil Undian Grup Piala Dunia 2014, Grup Neraka Berada di Grup D!

Undian grup Piala Dunia 2014 telah dilaksanakan Jumat, 6 Desember 2013 kemarin. Seperti undian-undian grup pada Piala Dunia sebelumnya, terjadi banyak kejutan di pengundian grup kali ini. Negara-negara yang notabene kualitasnya baik serta memiliki tradisi baik justru saling bertemu dalam satu grup sedangkan negara-negara yang belum memiliki tradisi baik justru berada dalam satu grup. Inilah hasil pengundian (drawing) grup Piala Dunia 2014:
Pembagian Grup Piala Dunia 2014 (simomot.com)
  • Grup A: Brazil, Kroasia, Meksiko, Kamerun
  • Grup B: Spanyol, Belanda, Chili, Australia
  • Grup C: Kolombia, Yunani, Pantai Gading, Jepang
  • Grup D: Uruguay, Kosta Rika, Inggris, Italia
  • Grup E: Swiss, Ekuador, Prancis, Honduras
  • Grup F: Argentina, Bosnia Herzegovina, Iran, Nigeria,
  • Grup G: Jerman, Portugal, Ghana, Amerika Serikat
  • Grup H: Belgia, Aljazair, Rusia, Korea Selatan
Grup A: Brazil sebagai tuan rumah otomatis mendapat kehormatan undian pertama yang menghuni grup A. Secara teori Brazil berada di grup yang cukup ringan karena musuhnya Kroasia, Meksiko, dan Kamerun tergolong tim papan tengah. Namun, Brazil harus berhati-hati dengan musuhnya karena tiga negara tersebut memiliki kualitas yang bisa dibilang lumayan baik dan merata yang bisa merepotkan bahkan menjungkalkan Brazil.

Grup B: Persaingan panas terjadi di grup B dimana duo finalis Piala Dunia 2010 yaitu Spanyol dan Belanda kembali dipertemukan. Hal tersebut tentunya menjadi nostalgia kedua negara dan pembuktian kembali apakah kali ini Belanda berhasil menjungkalkan Spanyol atau Spanyol masih mendominasi atas Belanda. Dua negara lain yaitu Chili dan Australia bisa dibilang hanya sebagai pelengkap dua negara raksasa tersebut.

Grup C: Grup ini bisa disebut grup yang memiliki persaingan cukup ketat dan merata. Walaupun bukan terdiri dari negara-negara yang memiliki tradisi juara tetapi dipastikan Kolombia, Yunani, Pantai Gading, dan Jepang akan saling bersaing untuk mendapatkan tiket 16 besar. Kolombia digadang-gadang memiliki generasi emas pada Piala Dunia 2014 ini. Jepang pun disebut memiliki generasi emas karena sebagian besar pemain dalam skuadnya bermain di Eropa. Pantai Gading tidak pula dianggap remeh, pemain-pemainnya berkualitas dan menyebar di liga Eropa. Yunani memiliki semangat cukup tinggi dan banyak memiliki faktor keberuntungan. Secara prediksi sulit ditebak negara mana yang lolos dari grup ini.

Grup D: GRUP NERAKA! Tiga negara yang memiliki tradisi baik di Piala Dunia dan pernah menyandang gelar juara akan saling bertemu. Juara Piala Dunia 2006 Italia, Semifinalis Piala Dunia 2010 Uruguay, dan Inggris. Satu negara lainnya, Kostarika hanya dianggap sebagai pelengkap di grup ini. Uruguay di Piala Dunia 2014 ini memiliki materi pemain yang merata dan tentunya duet striker yang super tajam di Eropa. Italia, racikan baru Italia berbumbu pemain muda dan kombinasi pemain berpengalaman membuat Italia lolos dengan mulus pada penyisihan grup zona Eropa. Inggris, mungkin bisa dibilang negara yang sering sial di Piala Dunia akhir-akhir ini dan juga diragukan sendiri oleh publiknya tetapi kualitas pemainnya tidak bisa diremehkan. Kostarika siap-siap menjadi bulan-bulanan walau tidak dipungkiri bisa membuat kejutan.

Grup E: Grup E berisi Swiss, Ekuador, Prancis, dan Honduras. Swiss cukup membuat kejutan karena berpredikat sebagai negara unggulan dalam grup ini. Materi-materi pemain yang berisi pemain muda disebut-sebut merupakan cikal bakal generasi emas Swiss. Ekuador dan Honduras merupakan tim penuh kejutan yang bisa tidak diduga-duga permainannya. Prancis walaupun lolos melalui playoff tetapi secara kualitas pemain dan tradisi Prancis lebih diunggulkan daripada ketiga negara yang lain.

Grup F: Argentina di atas kertas akan lolos dengan mudah di grup ini. Negara berperingkat dua FIFA ini (Desember 2013) akan bertemu dengan Bosnia, Iran, dan Nigeria. Iran memiliki tradisi beberapa kali lolos di Piala Dunia tetapi belum menorehkan hasil yang maksimal. Bosnia bisa dibilang cukup mengejutkan lolos di Piala Dunia karena sebelumnya belum pernah lolos semenjak pecah dari Yugoslovakia tetapi materi pemainnya cukup baik. Nigeria menjadi kuda hitam karena tim-tim Afrika acap kali membuat kejutan, tradisi keikutsertaan di Piala Dunia juga cukup baik.

Grup G: Jerman, Portugal, Ghana, dan Amerika Serikat. Jerman dan Portugal menjadi unggulan di grup ini tetapi keberadaan Ghana dan AS tidak bisa dianggap remeh. Seperti diketahui tim-tim amerika utara dan afrika sering membuat kejutan dalam Piala Dunia. Bahkan Ghana pada Piala Dunia 2010 seharusnya bisa mencapai semifinal andaikan pemain Uruguay bisa bermain lebih sportif saat menghadapinya waktu itu. 

Grup H: Belgia, Aljazair, Russia, dan Korea Selatan. Secara materi pemain Belgia sangat diunggulkan di grup ini, Belgia mempunyai generasi emas pada Piala Dunia 2014 ini. Seperti kita ketahui hampir sebagian besar skuad Belgia diisi oleh pemain Liga Inggris dan liga Top Eropa, tidak tanggung-tanggung mereka berasal dari tim besar serta mereka merupakan skuad utama dari klub-klub tersebut. Aljazair, Russia, dan Korea Selatan bisa dibilang setara dan bisa membuat kejutan.

Nah, kalian mendukung negara mana???

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!