UGM No. 1 Se-Indonesia dan No. 440 Sedunia Versi Webometrics - Guntara.com

Saturday, 16 February 2013

UGM No. 1 Se-Indonesia dan No. 440 Sedunia Versi Webometrics

Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kembali ditasbihkan menjadi perguruan tinggi terbaik ranking pertama se-Indonesia berdasarkan survai yang dilakukan oleh sebuah lembaga penelitian berkelas dunia, Webometrics (webometrics.info). Webometrics merilis daftar "Ranking Web of Universities" edisi 31 Januari 2013 dari 21.250 perguruan tinggi terbaik yang ada di dunia. Penomoran tersebut didasarkan pada kualitas masing-masing perguruan tinggi yang berdasarkan pada tingkat familiaritas civitas akademika dengan teknologi informasi (internet). Dimana semakin sering masyarakat mengunduh (download) dan mengunggah (upload) informasi ilmiah maka semakin tinggi peringkat perguruan tinggi tersebut.
Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Jika dilihat dari 500 perguruan tinggi terbaik di dunia maka hanya ada dua perguruan tinggi asal Indonesia, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan ranking ke-440 dan Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan ranking ke-497. Peringkat ke-440 mungkin dirasa peringkat yang bawah dan cukup terbelakang. Namun jika dibanding dengan jumlah perguruan tinggi di dunia yang didata (21.250) maka peringkat UGM terbilang lumayan, masuk 3% perguruan tinggi terbaik di dunia.

Keberhasilan UGM bercokol di peringkat ke-440 perguruan tinggi terbaik di dunia terbilang bagus. Karena di bawah peringkat UGM banyak terdapat perguruan tinggi yang levelnya Internasional. Bila kita lihat di jajaran perguruan tinggi terbaik di Asia, UGM masih di atas City Unversity of Hongkong (ke-448), Universiti Teknologi Malaysia (ke-480), Universiti Kebangsaan Malaysia (ke-585), Thammasat University Thailand (ke-514), Hiroshima University Jepang (ke-541), dan Shanghai University China (ke-554). Sementara UGM jika dibandingkan dengan perguruan tinggi terbaik dunia yang berada di negara-negara maju, masih di atas Illinois Universiti AS (ke-442), University of Texas Arlington AS (ke-454), Loughborough University Inggris (ke-447), Swedish UAC (ke-484), Curtin University of Technology (ke-494), University of South Australia (ke-581), Ankara University Mesir (ke-620), dan King Abdul Aziz University Saudi Arabia (ke-625).

Sungguh prestasi yang luar biasa! UGM semakin ditasbihkan menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik dan favorit di dunia. Hal ini bukan semata-mata civitas akademika di UGM menggunakan teknologi informasi untuk mendongkrak peringkat UGM. Namun, hal ini juga dilandasi karena civitas akademika UGM memiliki penggunaan teknologi informasi yang baik dalam proses pembelajarannya. Jadi, keberhasilan UGM hanya sebuah dampak, bukan sebuah tujuan!

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!