Fungsi dan Kegunaan Paralaks Bar beserta Cara Membacanya - Guntara.com

Saturday, 1 December 2012

Fungsi dan Kegunaan Paralaks Bar beserta Cara Membacanya



Paralaks bar (paralaks meter) berfungsi untuk mengukur beda paralaks pada suatu obyek di foto udara. Pengukuran beda paralaks tersebut kemudian bisa menentukan ukuran-ukuran dari obyek itu sendiri, meliputi panjang, lebar, luas, dan ketinggian. Paralaks bar ini mempunyai ketelitian yang lebih teliti daripada menggunakan mistar atau penggaris biasa.

Paralaks bar sendiri terdiri dari dari sebuah batang yang pada kedua ujungnya terpasang masing-masing lensa, di kedua lensa tersebut terdapat tanda berupa titik, silang atau lingkaran kecil yang disebut tanda apung (Floting mark) tanda di lensa sebelah kiri disebut fixed mark, karena pada batang terdapat titik merah atau hita, dimana jingga yang akan menggunakanya harus menentukan konstanta batang paralaks dengan memilih salah satu titik tersebut. Bila telah ditetapkan titik merah, maka selanjutnya lensa kiri ini tidak diubah-ubah lagi (fixed). Lensa sebelah kanan memiliki tanda juga yang disebut half mark. Titik ini dapat digerakkan sesuai dengan posisinya pada obyek yang dikehendaki dengan cara memutar-mutar skip micrometer.
Pembacaan dan pengukuran paralaks secara stereoskopik, dilakukan dengan menggunakan batang paralaks atau meter paralaks (parallax bar) terdiri dari dua keping kacayang diberi tanda padanya. Tanda ini disebut tanda apung (floating mark). Masing-masing keping kaca dipasang pada batang yang dapat diatur  panjangnya yang diatur dengan memutar sekrup mikrometer. Pengukuran dilakukan setelah foto disetel di bawah pengamatan stereoskopik. Tanda apung kiri diletakkan pada titik yang akan diukur paralaksnya di foto kiri, dan tanda apung kanan diletakkan pada titik yang akan diukur paralaksnya pada foto kanan, dimana peletakan dilakukan dengan melihat dari stereoskop. Kemudian dilakukan pembacaan pada sekrup mikrometer yang dibaca dalam milimeter (mm).

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!