Asal Usul, Pengertian, dan Jenis-Jenis Stereogram

13:37:00
http://fc00.deviantart.net/fs51/f/2009/299/1/a/Clouds_stereogram_by_chain.jpg
contoh stereogram, sumber : devianart.com
Stereogram ditemukan oleh by Charles Wheatstone pada tahun 1838. Ia menemukan penjelasan mengenai penglihatan binokular yang menuntunnya untuk membuat streoskop kombinasi dari prisma dan cermin yang memungkinkan seseorang uneuk melihat gambar 3 dimensi dari gambar 2 dimensi.
http://www.moillusions.com/wp-content/uploads/1.bp.blogspot.com/_cxmptAPYR-s/RwQ-nZlUW5I/AAAAAAAABbE/pb5Rvo2b57Y/s400/stereogram+6.jpg
contoh stereogram II, sumber : www.moillusions.com
Secara sederhana stereogram bisa diartikan sebagai gambar 2 dimensi yang menyimpan obyek 3 dimensi di dalamnya. Jika dilihat sekilas atau dengan cara biasa, stereogram hanyalah gambar 2 dimensi. Namun kalau dilhat dengan cara khusus, maka kita bisa melihat gambar atau obyek 3 dimensi di dalam gambar tersebut. Kesan tiga dimensi pada stereogram dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu kesan ketinggian (ortoskopik), datar, dan kedalaman (pseudoskopik). Kunci untuk melihat kesan tiga dimensi pada stereogram adalah mata kiri fokus melihat obyek sebelah kiri dan mata kanan fokus melihat obyek sebelah kanan.

Jenis-jenis Stereogram :
1.    Single Image Stereogram (SIS) atau Autostereogram, adalah gambar stereogram yang bisa dilihat tanpa bantuan alat.

2.    Random Dot Stereogram (RDS) / Single Image Random Dot Stereogram (SIRDS), adalah gambar stereogram yang bisa dilihat tanpa bantuan alat ataupun bisa menggunakan bantuan alat bila gambarnya dua (double), alat digunakan yaitu stereoskop.

3.    Single Image Random Text Stereogram (SIRTS), adalah stereogram yang bisa dilihat tanpa bantuan alat. Gambar penyembunyinya bukan berupa gambar tetpi huruf atau angka atau karakter ascii. Lebih dikenal sebagai ASCII Stereogram.

4.    Anaglyph, adalah gambar stereogram yang dibuat dari obyek yang sama tetapi tetpi dibuat dengan sudut berbeda. Stereogram ini banyak digunakan untuk film 3D. Untuk melihatnya harus menggunakan alat, yaitu kacamata tiga dimensi (kaca biru-merah).

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon