Lewandowski, Asa Mesin Gol Tuan Rumah Polandia di Euro 2012 - Guntara.com

Friday 18 May 2012

Lewandowski, Asa Mesin Gol Tuan Rumah Polandia di Euro 2012


Robert Lewandowski bersama Timnas Polandia

Siapa warga Polandia yang tidak kenal Robert Lewandowski (23 tahun). Ya, dia adalah bomber muda timnas Polandia yang kariernya sedang kemilau dan meroket di klubnya Borussia Dortmund. Ditransfer dari klub lokal Polandia, Lech Poznan pada tahun 2010 ke Borussia Dortmund. Pada musim pertamanya (2010/2011), dia langsung membawa Dortmund juara Bundesliga (Liga Jerman) mengalahkan dominasi tim mega bintang Bayern Munchen maupun tim-tim langganan juara lainnya seperti Schalke 04, Bayern Leverkusen, dan Vfb Stuttgart. Pantas saja pada akhir tahun 2011, ia dinobatkan menjadi pemain terbaik Polandia dalam usianya yang tergolong masih muda, yaitu 23 tahun.

Seakan bukan aji mumpung semata. Pada musim kedua (2011/2012) bersama Borussia Dortmund di Bundesliga, ia berhasil mempersembahkan doppel-title (dua gelar juara) untuk Borussia Dortmund. Tak tanggung-tanggung Dortmund mengawinkan gelar juara Bundesliga dengan gelar juara DFB Pokal (Piala Jerman). Pada kedua turnamen itu, lagi-lagi youngster Dortmund memecundangi tim mega bintang Bayern Munchen. Bahkan di partai final DFB Pokal, Lewandowski berhasil mencetak hatrick untuk mengantarkan kemenangan Borussia Dortmund 5-2 atas Bayern Munchen. Lalu, dia dinobatkan menjadi top skor DFB Pokal 2011/2012.

Bersama Dortmund, Lewandowski telah mencetak 39 gol dalam 89 pertandingan. Sedangkan bersama timnas Polandia ia telah mencetak 13 gol dalam 40 pertandingan. Debutnya di timnas pada tahun 2008 tergolong manis, ia menjadi pemain pengganti dan langsung mencetak gol saat Polandia menghadapi San Marino. Prestasi kemilau bomber muda Polandia ini menjadi daya tarik klub-klub besar Eropa, terutama klub besar Liga Inggris. Sir Alex Ferguson dikabarkan sangat ingin melabuhkan Lewandowski di Manchester United bersama rekan setimnya asal Jepang, Shinji Kagawa yang kariernya juga sedang meroket.

Robert Lewandowski bersama klubnya Borussia Dortmund
Kini asa tuan rumah Polandia seakan terbuka lebar untuk berprestasi di Piala Euro 2012. Bintang-bintang Polandia mulai berkilau dikancah Eropa. Asa terbesar teralamatkan pada sosok Rising Star Robert Lewandowski yang akan membuktikan ketajamannya sebagai mesin gol Polandia. Sebagai tuan rumah Polandia tergabung di Grup A bersama Russia, Yunani, dan Republik Ceska yang tergolong grup yang kekuatannya sama rata tanpa ada negara unggulan. Kita nantikan cakaran "Elang Putih" (Polandia) di Euro Cup 2012.


SKUAD SEMENTARA POLANDIA
Kiper:
Wojciech Szczesny (Arsenal), Lukasz Fabianski (Arsenal), Przemyslaw Tyton (PSV)

Belakang: Lukasz Piszczek (Dortmund), Marcin Wasilewski (Anderlecht), Jakub Wawrzyniak (Legia Warsaw), Marcin Kaminski (Lech Poznan), Grzegorz Wojtkowiak (Lech Poznan), Tomasz Jodlowiec (Polonia Warsaw), Sebastian Boenisch (Werder Bremen), Damien Perquis (Sochaux), Kamil Glik (Torino)

Tengah: Eugen Polanski (Mainz), Dariusz Dudka (Auxerre), Adam Matuszczyk (Fortuna Duesseldorf), Adrian Mierzejewski (Trabzonspor), Jakub Blaszczykowski (Dortmund), Ludovic Obraniak (Bordeaux), Maciej Rybus (Terek Grozny), Kamil Grosicki (Sivasspor), Rafal Murawski (Lech Poznan),
Rafal Wolski (Legia Warsaw)

Depan: Robert Lewandowski (Dortmund), Michal Kucharczyk (Legia Warsaw), Pawel Brozek (Celtic), Artur Sobiech (Hanover)

Cadangan: Grzegorz Sandomierski (Jagiellonia Bialystok), Arkadiusz Glowacki (Trabzonspor), Marcin Komorowski (Terek Grozny), Ariel Borysiuk (Kaiserslautern), Arkadiusz Piech (Ruch Chorzow), Michal Zyro (Legia Warsaw), Ireneusz Jelen (Lille).

Biodata Lewandowski
Nama: Robert Lewandowski
Julukan : Lewangoalski
Kelahiran: Warsawa, 21 Agustus 1988 (23 tahun)
Posisi: Penyerang
Klub: Borussia Dortmund
Karier Klub:
- Delta Warsawa (2005)
- Legia Warsaw II (2005–2006)
- Znicz Pruszków (2006–2008)
- Lech PoznaÃ…„ (2008–2010)
- Borussia Dortmund (2010 – sekarang)
Karier Timnas:
2008 - sekarang (40 laga, 13 gol)
Prestasi:
- Juara Liga Jerman (2010/2011)
- Pemain Terbaik Polandia 2011
- Juara Liga Jerman (2011/2012)
- Juara DFB Pokal (2011/2012)
- Topskor DFB Pokal (2011/2012)

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara.com" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!