Malam Tahun Baru 2012, Kawasan Malioboro Gelar 3 Pesta Kembang Api di 3 Titik [Ulasan Pengaturan Arus Kendaraan Kawasan Malioboro]

18:59:00
Selamat Datang / Sugeng Rawuh 2012
Hai kawan-kawan! Malam tahun baru 2012 mau kemana? Kalau aku sih mau di daerahku saja, tepatnya di Gabusan, Timbulharjo, Sewon, Bantul yang dipastikan malam nanti kawasan Pasar Seni Gabusan (PSG) akan menjadi titik keramaian sekaligus titik kemacetan karena berada di Jalan Parangtritis. Namun, bukan ini yang akan aku bahas. Kali ini aku akan membahas tentang perayaan malam tahun baru 2012 di kawasan Malioboro. Bagi kalian yang ingin merayakan malam tahun baru 2012 di kawasan Malioboro, sebaiknya baca dulu ulasan kali ini.

Kawasan Jalan Malioboro – Titik Nol Kilometer – Alun-alun Utara Kota Yogyakarta, dipastikan menjadi lautan manusia ketika malam pergantian tahun 2010, Sabtu (31/12) malam ini. Polda DIY akan menjadikan kawasan tersebut khusus pejalan kaki alias bebas kendaraan. Simak kawan!

Berbagai hiburan pun disiapkan di kawasan ini untuk menyambut malam pergantian tahun baru 2012. Di antaranya di Jalan Abubakar Ali (kawasan Stasiun Tugu) akan ada pentas musik pengamen jalanan dilanjutkan puncaknya adalah pesta kembang api. Di Titik Nol Kilometer (kawasan Monumen Serangan Oemoem Sebelas Maret) akan ditampilkan pentas musik dengan puncak acara pesta kembang api. Lalu, di kawasan Alun-alun Utara akan digelar pementasan wayang kulit dilanjutkan pesta kembang api pada puncaknya. Seru bukan!

Semua kendaraan yang berniat menuju kawasan Malioboro akan dialihkan ke berbagai jalur alternatif melalui 3 sesi. Sesi pertama, mulai pukul 19.00, bus sudah dilarang masuk kawasan Malioboro. Lalu pukul 22.00, semua kendaraan sedang, terutama mobil pribadi. Puncaknya, pukul 23.00 semua jenis kendaraan tidak boleh masuk kawasan Malioboro. Satu jam menjelang pergantian tahun, kawasan Malioboro hanya teruntuk pejalan kaki.

Selama proses pengalihan arus, kendaraan akan dialihkan menuju Jalan Mataram (yang dari Kotabaru dan dari Jalan Mangkubumi), Jalan Letjen Suprapto, Jalan Suryotomo, Kleringan, Jalan Bhayangkara dan Jalan Sultan Agung.

Pengalihan Jalur :
-    Jalan Senopati arus diarahkan ke utara Jalan Suryotomo – Jalan Mataram.
-    Tugu ke arah Malioboro ditutup.
-    Dari Kotabaru ke Malioboro dialihkan ke Jalan Mataram.
-    Dari Jalan Gandekan ke arah Malioboro dan Jalan Abubakar Ali ditutup.
-    Dari Jalan Pasar Kembang ke arah Malioboro dan Jalan Abubakar Ali ditutup.

Jalan Ditutup :
-    Simpang Tiga Terban – Jalan Sudirman
-    Simpang Empat Tugu
-    Simpang Empat Pinggit ke kanan atau lurus (Jalan Kyai Mojo) – Jalan Tentara Pelajar ke arah kiri Jalan Suryonegaran.
-    Simpang Empat Jlagran ke kiri arah Pasar Kembang.
-    Jalan Letjen Suprapto sampai Simpang Empat Ngabean.
-    Jalan Wakhid Hasyim menuju Simpang Empat Wirobrajan.

Sebaiknya pengguna jalan yang ingin merayakan malam pergantian tahun di Malioboro untuk parkir lebih awal. Kendaraan tidak akan bisa masuk ke Malioboro hingga sekitar pukul 01.00, setelah proses penguraian jalur. Kebijakkan ini belajar dari tahun lalu. Pada pergantian tahun 2010 ke 2011, kawasan Malioboro sudah berhenti total sekitar satu jam sebelum perpindahan tahun.

Berbagai kantong parkir telah dipersiapkan. Untuk kendaraan roda empat dipersiapkan, di antaranya Tempat Parkir Abubakar Ali, Parkir Senopati, Parkir Ngabean, Parkir Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta, dan Parkir Kedaung. Termasuk Jalan Mangkubumi sisi Barat akan digunakan untuk parkir jika kantong parkir penuh. Untuk kendaraan roda dua bisa fleksibel di mana saja.

Di luar wilayah Kota Yogyakarta diprediksi ada beberapa titik kemacetan, antara lain Candi Prambanan, Candi Sari, Monjali dan Kaliurang. Enam titik macet di Gunung Kidul adalah Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Sadeng dan Alun-alun Wonosari. Untuk wilayah Bantul adalah Pantai Parangtritis, Pantai Samas, Pantai Pandansimo dan Pasar Seni Gabusan (PSG). Wilayah Kulonprogo adalah Pantai Congot, Pantai Glagah, Waduk Sermo dan Alun-alun Wates.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih! EmoticonEmoticon