9 Pemain Klub Asing Ikuti Seleksi Timnas U-23: 8 Diantaranya Pemain Keturunan - Guntara.com

Friday, 7 January 2011

9 Pemain Klub Asing Ikuti Seleksi Timnas U-23: 8 Diantaranya Pemain Keturunan

http://4.bp.blogspot.com/_jJhHs7yADaE/TRIOKZHpsGI/AAAAAAAAADo/lhjYVRwrjiI/s1600/Alfred-Riedl.jpg
Pelatih Indonesia, Alfred Riedl sangat jeli dalam pemantauan pemain untuk seleksi timnas U-23. Terbukti dengan dipanggilnya 9 pemain muda dari klub asing (luar negeri) untuk mengikuti seleksi timnas U-23 bulan Januari ini yang dipersiapkan untuk Pra-Olimpiade London 2012 dan Sea Games Palembang 2011 mendatang. Dari 9 pemain muda tersebut hanya 2 pemain yang benar-benar asli kelahiran Indonesia, 7 pemain lainnya merupakan keturunan Indonesia.



Berikut saya tampilkan profil singkat dari kesembilan pemain tersebut (dari berbagai sumber):

1. Syamsir Alam (C. Atletico Penarol/Uruguay)
http://stat.kompasiana.com/files/2010/10/syamsir3-cov2.jpg
Nama Syamsir Alam tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ia lahir di Agam (Sulawesi), 6 Juli 1992. Bakatnya muncul sejak dini. Pemain berwajah tampan ini dikirim ke Uruguay bersama anggota timnas U-19 untuk menjalani latihan. Ia merupakan kapten timnas SAD Indonesia U-19 yang berguru di Uruguay. Sebelumnya ia sempat menjalani tes masuk Vitesse Arhem dan Heerenvens namun ditolak lantaran gaya permainnya yang kurang cocok. Syamsir merupakan pemain bertipe pekerja keras, berpostur 175 cm dan memiliki kecepatan serta kketrampilan dalam mengolah bola.

Selama bermain untuk SAD Indonesia di liga junior Uruguay, ia berhasil mencetak 15 gol dari 29 pertandingan. Tak pelak hal itu membuat C. Atletico Penarol (Klub Juara 1 Primera Divisi Uruguay 2009/2010) meminjam penyerang berbakat asli Indonesia tersebut selama 1 tahun. Riedl pun akhirnya memanggil Syamsir walaupun dirasa masih terlalu muda.

2. Farri Agri (Al-Khor SC/Qatar)
http://4.bp.blogspot.com/_YKmDmmb9oGs/TSMzB_Eri2I/AAAAAAAAAWY/QpZT6mkrUoM/s400/28agri.jpg
Pemain bernama lengkap Syaffarizal Mursalin Agri ini merupakan pemain asli Indonesia yang dilahrikan di Lhokseumawe (Aceh), 6 Agustus 1992. Dia diboyong ke Qatar sejak usia4 tahun oleh orangtuanya, karena ayahnya bekerja di perusahaan minyak di Qatar.

Karirnya terus berkembang setelah bermain di Al-Khor SC (Qatar) di liga junior Qatar. Penyerang berpostur 175 ini berhasil membawa Al-Khor menempati 4 besar liga junior Qatar yang sebelumnya Al Khor belum pernah mencapainya. Ia juga berhasil menjadi top skor dalam liga tersebut.

Saat ini Farri Agri (Sapaannya) sudah masuk tim senior Al-Khor SC dalam Liga Utama Qatar. Ia juga berhasil mencetak satu gol saat Al-Khor menjamu Villareal dalam laga pra-musim.

3. Stefano Lilipaly (FC Utrecht/Belanda)
-Keterangan menyusul karena saya sudah ngantuk!-

4. Mark van de Mareel (FC Utrecht/Belanda)
-Keterangan menyusul karena saya sudah ngantuk!-

5. Oliver Rifai (AZ Alkmaar/Belanda)
-Keterangan menyusul karena saya sudah ngantuk!-

6. Andrea Bitar (FC Cannes/Prancis)
-Keterangan menyusul karena saya sudah ngantuk!-

7. Arthur Irawan (Lytham Town/Inggris)
-Keterangan menyusul karena saya sudah ngantuk!- 

8. James Zaidan Saragih (New York Cosmos/AS)
 Headline
James Zaidan Saragih, pemain kelahiran New York, AS, 23 Mar 1991 ini sangat berkeinginan kuat untuk membela timnas Indonesia. Ia berposisi sebagai gelandang serang dan mengidolakan Wesley Sneijder. Kedua orangtuanya adalah asli orang Indonesia. "Saya lahir di New York dan otomatis menjadi warga negara Amerika Serikat. Tapi saya ingin memegang paspor Indonesia supaya bisa masuk tim nasional. Saya rela pindah ke Indonesia dan meninggalkan New York," kata James kepada Goal.com.

Bakat James sudah terlihat sejak usia delapan tahun. Ia mengikuti berbagai turnamen di New York. James juga mengikuti Program Pengembangan Olimpiade (ODP), sebuah program yang disiapkan untuk mencari atlet calon peserta Olimpiade, selama dua tahun. Hasilnya, ia membantu timnya juar Region 1. Selama masa remajanya, James berhasil tampil dalam berbagai turnamen domestik dan internasional untuk remaja.

Saat ini pemain berpostur 180 cm ini dipinang oleh klub New York Cosmos (Major League Soccer/AS). Klub yang berdiri kembali setalah sebelumnya sempat vakum dan berharap NY Cosmos bisa berjaya kembali seperti saat diperkuat megabintang Brazil "Pele" dan megabintang Jerman "Beckenbeuer" beberapa tahun silam.


9. Ruben Wuarbanaran (FC Den Bosch/Belanda)
Ruben Wuarbanaran lahir di Wijhe (Belanda), 15 Agustus 1990. Ia berposisi sebagai bek atau gelandang juga bisa. Saat ini ia bermain untuk FC Den Bosch (Belanda).Ia memiliki keturunan Indoesia dari orangtuanya. Sebentar lagi Ruben akan menyusul untuk seleksi timnas U-23 di Jakarta.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!