Home » » Cara Menghilangkan Activation pada Windows 7

Cara Menghilangkan Activation pada Windows 7

Ditulis oleh Ilham Guntara pada Saturday, 9 October 2010 | 18:37:00

alt
Bagi Anda pengguna Microsoft Windows XP pasti sudah mengenal dengan Windows Genuine Advantage (WGA) yang otomatis terdownload jika mengaktifkan Windows Update. Untuk menghilangkan WGA relatif mudah karena jika Anda cari melalui situs pencarian seperti Google maka akan cukup banyak situs web yang memberikan petunjuk untuk menghilangkan WGA tersebut.
Bagaimana dengan Windows 7? Walaupun sama mudahnya tetapi bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan Windows 7 mungkin cukup terkejut karena penampilan dari "polisi" ini berbeda dan sedikit "menipu" dari Windows XP sehingga mungkin saja Anda "kecolongan" mendapati "polisi" ini sudah terinstall dengan suksesnya di komputer Anda.

Micosoft tidak lagi menggunakan WGA pada Windows 7 tetapi menggantinya dengan Windows Activation Technologies (WAT). WAT termasuk update jenis "Important" sehingga jika Anda set Windows Update menjadi "Install updates automatically (recommended)" maka "polisi" ini akan otomatis terinstall pada komputer Anda. Apalagi nama dari update ini tidak mengandung "Windows Genuine Advantage" maupun "Windows Activation Technologies" melainkan "Update for Windows 7 for x86-based Systems (KB971033)" sehingga bagi Anda yang tidak hati-hati membaca detail keterangan update ini bisa saja melewatkan checkboxnya tetap tercentang.

Jika WAT sudah terinstall maka akan muncul kotak peringatan pada komputer Anda yang berjudul "This copy of Windows is not genuine". Wallpaper desktop Anda akan menghilang digantikan dengan layar hitam yang di pojok kanan bawah bertuliskan:
Windows 7
Build 7600
This copy of Windows is not genuine

Untuk menghilangkan dan menyingkirkan (unistall) WTA ini yang harus Anda lakukan adalah:
1. Buka Control Panel kemudian pilih Windows Update.
2. Pilih "Installed Updates" yang berada di pojok kiri bawah.
3. Cari "Update for Windows 7 for x86-based Systems (KB971033)". Klik kanan dan pilih Uninstall.
4. Setelah selesai uninstall silahkan restart komputer Anda.

Setelah Anda login maka desktop masih tetap menampilkan layar hitam dan tulisan "This copy of Windows is not genuine" masih ada di pojok kanan bawah. Untuk menghilangkannya yang harus Anda lakukan adalah:
1. Buka windows explorer dan browse ke C:\Windows\System32. C: adalah drive dimana system Windows 7 Anda berada.
2. Cari file cmd atau cmd.exe dengan tipe Application. Klik kanan kemudian pilih "Run as administrator".
3. Pada window cmd yang telah terbuka ketik perintah berikut: slmgr.vbs -rearm
4. Silahkan restart komputer Anda.

Setelah Anda login seharusnya tulisan "This copy of Windows is not genuine" sudah menghilang dari desktop Anda. Namun karena Anda telah uninstall "Update for Windows 7 for x86-based Systems (KB971033)" maka Windows Update akan otomatis mendownload kembali update ini ke komputer Anda. Sebaiknya Anda ubah settingan Windows Update menjadi "Check for updates but let me choose whether to download and install them". Dan jika Windows Update menampilkan "Update for Windows 7 for x86-based Systems (KB971033)" yang Anda harus lakukan adalah klik KANAN dan pilih "Hide update" untuk memastikan update WAT ini tidak pernah terinstall lagi.
Bagikan artikel ini :

Post a Comment

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia secara rutin mengunjungi weblog "Catatan Si iGun" dengan alamat www.guntara.com

 
Thanks to : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Catatan Si iGun - All Rights Reserved
Template Modified by Ilham Guntara Published by Catatan Si iGun
Proudly powered by Blogger