ANEKA RESEP SAYUR ASEM [Experience] - Guntara.com

Thursday, 17 March 2011

ANEKA RESEP SAYUR ASEM [Experience]

Beberapa hari ini saya kegandrungan oleh sayur asem, rasanya sangat khas, walaupun sedikit pedas (saya tak begitu suka pedas). Oleh karena itu, aku mengajak ibuku untuk memasak sayur asem. Nah, masakan pertama tadi siang rasanya kurang pas, kurang greget gimana gitu :o. Maklum kami ini orang Yogya :), tepatnya Bantul :D hehe.

Lalu aku browsing di internet untukmendapatkan resep sayur asem yang standar gitu lah. Ketemu deh :D. Tapi kok banyak banget ya :D, ini dia harus dicoba satu per satu sepertinya agar menemukan setelan yang pas :D haha. Berikut resep-resepnya:
http://4.bp.blogspot.com/_9A88Uc65ME8/TGmVxrMWEII/AAAAAAAAADI/1Gw3wS9KS78/s1600/sayur_asem.jpg
Sayur Asem I

Sumber: Yasa Boga

Bahan:
250 gr tulang iga, rebus sampai empuk-ambil kaldunya sekitar 1ltr.
100 gr buah melinjo yang tua
200 gr nangka muda-potong 2.x2 cm
100 gr pepaya mentah-potong 2×2 cm
1 buah jagung muda-potong 2×2 cm melintang
50 gr kacang tanah
2 buah labu siam potong 2×2 cm
10 buah kacang panjang-potong 4 cm
50 gr daun melinjo yg muda
3 buah cabai hijau belah 2
1 lembah daun salam
sepotong lengkuas-memarkan
3 buah asam mentah, kupas dan memarkan

Bumbu dihaluskan:
2 buah cabai merah
3 buah kemiri sangrai/panggang
1 sdt terasi
5 buah bawang merah
1 siung bawang putih
2 sdt garam
1 sdm gula merah
1 sdt asam bila perlu

Cara membuat:
    * Rebus buah melinjo dan kacang tanah masing2 scr terpisah agar warna sayur asem tidak keruh – tiriskan.
    * Rebus buah melinjo, nangka muda, jagung, pepaya, dan kacang tanah sampai matang dg kaldu.
    * Masukkan bumbu yg dihaluskan, salam dan lengkuas.
    * Masukkan labu siam, stlh agak lunak, masukkan kacang panjang, cabai hijau.
    * Terakhir, masukkan daun melinjo, asam, garam dan gula. Tambahkan air asam bilamana kurang segar. Masak sampai seluruhnya matang, tetapi tidak terlampau lunak.

*****

Sayur Asem II

Sumber: Anonim

Bahan :
1 ikat kacang panjang
200 gr kacang tana
2 bh jagung
2 bh labu siam
1 mangkok daun melinjo
1 mangkok buah melinjo
500 gr daging tetelan

Bumbu:
10 btr bawang merah
5 siung bawang putih
7 btr kemiri
3 cabe merah
3 cm lengkuas
1/2 sdm asam jawa
2 sdt gula merah
1 sdt terasi
garam

Cara memasaknya:
· Daging tetelan direbus hingga empuk.
· Bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe, terasi dan garam dihaluskan
. Kemudian masukkan semua bumbu dalam rebusan tetelan.
· Setelah itu masukkan jagung, kacang tanah dan melinjo sampai empuk. Lalu masukkan labu siam,kacang panjang, dan daun melinjo.
· Terakhir masukkan asam jawa dan gula jawa, aduk sebentar. Angkat.

*****

Sayur Asem Jakarta

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan :
Sayur aseman campur, beli sama tukang sayur. Siangi, cuci, tiriskan
100 gr kacang tanah, cuci rendam sebentar, tiriskan
100 gr daging tetelan
100 gr udang kecil kupas
2 ltr air

Bumbu :
5 bh bawang merah
1 sdm garam
3 bh cabe besar
1 potong tempe
5 bh belimbing sayur
1 sdt terasi
1 ruas lengkuas

Cara Membuat :
1.Didihkan air, masukkan daging dan udang, rebus hingga empuk
2.Masukkan tempe sepotong, belimbing sayur dan cabe besar, rebus sebentar hingga kira-kira tempe empuk dan cabe mateng.
3.Angkat tempe, cabe dan belimbing sayur. Masukkan sayuran campur, biarkan direbus.
4.Sementara itu, ulek bawang merah, garam, terasi hingga halus, masukkan cabe, ulek lagi, masukkan tempe ulek kasar, dan masukkan belimbing sayur mateng, ulek bareng.
5.Masukkan bumbu halus kedalam sayur yg sedang direbus, aduk rata, biarkan mendidih sekali lagi, cicip. Tambahkan gula dan garam sesuai selera.
6.Angkat, sajikan.

Tips :
Kalau suka pedas, cabe tak perlu direbus tapi diulek segar langsung.

*****

Sayur Asem Kacang Ruji

Sumber : Sedap Sekejap

Bahan-Bahan :
100 gram Kacang ruji, rebus sampai empuk
250 gram Tulang sapi, potong-potong rebus dalam 1 lt air
1 lembar Daun salam
1 sdm Air asem jawa
1 sdt Garam
100 gram Kol, iris halus
1 batang Daun seledri, iris halus
1 batang Daun bawang, iris 1 cm
5 butir Bawang merah (bumbu halus)
3 siung Bawang putih (bumbu halus)
4 buah Cabe merah (bumbu halus)
3 butir Kemiri (bumbu halus)
2 cm Lengkuas (bumbu halus)

Cara Mengolah :
1.Setelah kaldu rebusan tulang cukup gurih, masukan bumbu halus, salam, air asam, garam, kacang tolo, kol, daun seledri, dan daun bawang.
2.Angkat setelah semua matang.

*****

SAYUR ASEM SAWI (kalsel)

Sumber: Anonim

BAHAN :
200 gram sawi putih, dipotong-potong
2 cm lengkuas, dimemarkan
2 batang serai, dimemarkan
5 sendok makan air asam jawa
2.250 ml air
1 ekor ikan gabus, dipotong-potong
15 lonjor kacang panjang, dipotong-potong
2 buah ketimun, buang biji lalu potong-potong

BUMBU HALUS :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri
4 cm kunyit
2 sendok makan garam

CARA MEMBUAT :
1. Rebus air, lengkuas, serai, dan bumbu halus hingga mendidih.
2. Masukkan ikan gabus, masak hingga berubah warna.
3. Tambahkan sayuran lalu masak hingga bumbu meresap.

Untuk 8 porsi

 *****

Nah, cukup bingung mau pilih yang mana. Semua enak dan patut dicoba. Kalau aku dan ibuku mungkin akan memadukan resep-resep sayur asem di atas dengan selera jawa. Jadi SAYUR ASEM ALA JAWA deh :D tunggu aja resep modifikasi dari kami :D haha.

1 comment:

Berikan komentar terbaik atau pertanyaan untuk artikel di atas dan tetap setia mengunjungi "Guntara Lane" dengan alamat www.guntara.com terimakasih!